√Kulit: Pengertian, Fungsi Serta Bagian-Bagian Kulit

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Kulit? Mungkin anda pernah mendengar kata Kulit? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, fungsi serta bagian-bagian. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Kulit: Pengertian, Fungsi Serta Bagian-Bagian Kulit

Pengertian Kulit

Kulit ialah bagian yang berada diluar tubuh yang menyelaput seluruh tubuh manusia. Berat kulit dispekulasikan sekitar 7 % dari berat tubuh sepenuhnya. Pada bidang luar kulit diperoleh pori-pori yang merupakan lokasi menyembulnya keringat. Kulit yakni bagian yang mempunyai banyak fungsi, diantaranya ialah bagaikan penjaga tubuh dari beragam hal yang bisa mencelakakan, bagaikan alat indra peraba, bagaikan salah satu organ yang berfungsi dalam eksresi, penyusun suhu tubuh, dan lain sebagainya.

Secara umum, kulit mempunyai 2 bagian yakni Epidermis (Kulit ari), Dermis (Kulit Jangat) dan diperoleh bagian lemak di bawah kulit (Hipodermis). Jumlah asal menyebutkan bahwa bagian lemak di bawah kulit tergolong ke dalam bagian kulit, tidak dipecahkan dalam penggolongan bagian kulit tersebut.

Fungsi Kulit

Berikut ini terdapat fungsi dari kulit, yakni sebagai berikut:

  • Sebagai Penjaga Tubuh dari Beragam Bahaya

Dengan adanya kulit yang merupakan bagian luar tubuh, kemudian tubuh kita bisa terjaga dari beragan macam bahaya seperti mikroorganisme yang terancam, sinar matahari, memangkat kehancuran efek dari tersandung, dan menjaga pergesekan spontan terhadap zat kimia.

  • Sebagai Indra Peraba

Pada kulit diperoleh banyak penutup persarafan tubuh, maka dari itu apabila memperoleh impetus, kita bisa merasakan lewati tubuh. Contohnya ialah impetus gesekan, panas, dingin, nyeri dan lain-lainnya.

  • Sebagai Alat Eksresi

Kulit ialah lokasi menyembulnya keringat, keringat ini adalah sisa metabolisme yang terdiri atas beragam elemen yang tidak diperlukanb lagi oleh tubuh. Kulit melontarkan sekitar 1 liter keringat dalam sehari, keringat tersebut dilontarkan dari pori-pori.

  • Sebagai Pengatur Suhu Tubuh

Kulit akan terus melindungi agar suhu tubuh tidak diimbaskan oleh suhu lingkungan, maksudnya konsisten diupayahkan suhu tubuh tidak berganti biarpun terbentuk pergantian suhu lingkungan. Proses ini dilakukan dengan menyejajarkan antara penyingkiran dan penyerapan panas tubuh oleh kulit. Normalnya suhu tubuh manusia sekitar 36,6°C sampai  37,2°C, dan suhu kulit sangat kecil dari suhu tubuh.

  • Sebagai Penyimpan Lemak

Bagian bawah lapisan dermis kulit berfungsi sebagai lokasi penyimpanan lemak. Lemak disimpan dalam bagian ampas gula lemak, dan lemak itu akan dimanfaatkan ketika dibutuhkan, contohnya ialah apabila diperlukan energi lebih, lemak akan dihasilkan energi karena juga berfungsi sebagai persediaan energi.

Baca Lainnya :  √Black Hole: Pengertian, Sejarah, Teori, Jenis, Sifat dan Karakteristik

Bagian-Bagian Kulit

Berikut ini terdapat 3 bagian dari kulit, yakni sebagai berikut

Bagian Epidermis

Lapisan epidermis mempunyai tebal ±0,1 mm dan terdiri atas 4 lapisan membran epitel. Setiap Lapisan pada Epidermis mempunyai jadi diri. Lapisan Epidermis ini tidak mempunyai pembuluh darah, sehingga memperoleh pemasokan nutrisi melewati sistem difusi dari lapisan dermis yang ada dibawahnya. Berikuti ini bagian epidermis memiliki beberapa bagian lapisan, antara lain:

  • Lapisan Tanduk

Lapisan Tanduk ialah lapisan kulit paling luar dari tubuh, lapisan ini selalu menemui terlepas dari lapisan paling luar secara berkelanjutan.

  • Lapisan Malphigi

Lapisan Malphigi ialah lapisan kulit yang dilapisi oleh organ-organ hidup yang memperoleh nutrisi dari pembuluh kapiler pada lapisan dermis.

  • Lapisan Spinosum

Lapisan Spinosum ialah lapisan kulit yang dilapisi oleh beragam organ yang tidak berpola bentuknya.

  • Lapisan Basal

Lapisan Basal ialah lapisan kulit yang secara berkelanjutan menerus memisahkan diri untuk memperbaiki bagian Epidermis yang sobek.

Bagian Dermis

Bagian Dermis ialah lapisan kulit yang terdiri atas pembuluh darah, kelenjar minyak, kantung rambut, pucuk saraf indra, dan kelenjar keringat. Pembuluh darah pada bagian ini sungguh besar sehingga sanggup mewadahi sekitar 5 % dari jumlah darah di seluruh tubuh. dibawahnya. Berikuti ini bagian dermis memiliki beberapa bagian lapisan, antara lain:

  • Pembuluh Darah

Pembuluh Darah ialah pembuluh darah kapiler yang berfungsi sebagai penerima nutrisi dan juga oksigen kepada organ-organ kulit serta rambut agar tidak hancur dan sobek.

  • Pucuk Saraf Indra

Pucuk Saraf Indra terdiri dari ujung saraf peraba dan ujung saraf perasa. Contohnya ialah pucuk jari lebih besar mempunyai pucuk saraf peraba.

  • Kelenjar Keringat

Kelenjar Keringat ialah kelenjar yang berfungsi untuk proses eksresi keringat yang terdiri dari air dan mineral.

  • Katung Rambut

Katung Rambut ialah bagian rambut yang mengandung akar dan batang rambut. Rambut bisa kembang karena memperoleh suplai nutrisi dari pembuluh kapiler ke akar rambut.

  • Kelenjar Minyak

Kelenjar Minyak ialah kelenjar yang berada pada sekeliling batang rambut.

Baca Lainnya :  Branding adalah

Hipodermis

Hipodermis ialah jaringan ikat yang berada di bawah lapisan dermis, tetapi fase pembatas antara bagian Hipodermis dengan bagian dermis ini tidak transparan. Lapisan Hipodermis sebagai lokasi pencadangan lemak dalam tubuh. Lemak berfungsi untuk menjaga dari hantaman benda keras, sebagai pelindung temperatur tubuh karena lemak bisa menanam panas, dan sebagai sumber energi persedian.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Kulit: Pengertian, Fungsi Serta Bagian-Bagian Kulit
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi