Tenaga Endogen

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Tenaga Endogen? Mungkin anda pernah mendengar kata Tenaga Endogen? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, jenis, dampak, proses, upaya, perbedaan dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Tenaga Endogen: Pengertian, Jenis-Jenis Serta Dampaknya

Pengertian Tenaga Endogen

Tenaga endogen adalah tenaga atau kekuatan yang berasal dari bagian dalam bumi. Tenaga endogen membangun bentuk muka bumi dan kulit bumi yang meliputi bagian luar permukaan bumi hingga kebagian dalam bumi. Kulit bumi terdiri dari lapisan atau batuan yang tebalnya beberapa puluh kilometer. Tenaga endogen terdiri dari gerak tektonik, vulkanisme, dan gempa bumi. Gerak tektonik adalah perubahan letak lapisan atau batuan pada kulit bumi, baik secara mendatar maupun vertikal. Berdasarkan kecepatan dan ukuran luas permukaan bumi yang mengalami perubahan oleh gerak tektonik dibedakan gerakan orogenesa dan gerakan epirogenesa. Orogenesa atau pembentukan pegunungan, yaitu gerak pada kulit bumi yang relatif cepat dan meliputi daerah tidak luas. Sementara Epirogenesa adalah gerakan pengangkatan atau penurunan benua secara perlahan-lahan dari kulit bumi yang luas.


Gerak orogenesa menghasilkan bentukan pada permukaan bumi berupa lipatan dan patahan. Vulkanisme adalah peristiwa pergerakan magma di dalam kulit bumi hingga ke permukaan bumi. Vulkanisme juga berhubungan dengan pembentukan gunung api. Magma adalah batuan cair pijar bersuhu tinggi, terdiri dari berbagai mineral serta mengandung gas yang larut di dalamnya. Gerakan magma itu terjadi karena magma mengandung gas dan merupakan sumber tenaga magma untuk menekan batuan yang ada di sekitarnya. Setiap gerakan merupakan peristiwa vulkanisme. Terobosan magma ke dalam lapisan kulit bumi yang tidak sampai keluar permukaan bumi disebut intrusi magma. Terobosan magma ini berupa punggungan, seperti pantai barat Sumatra, punggungan bawah laut lepas, pantai selatan Jawa, yang kemudian bersambung ke Sumba, Rote, Sabu, Timor, Aru, Seram, dan Buru. Gempa bumi adalah getaran di permukaan bumi yang berasal dari dalam lapisan-lapisan kulit bumi. Gempa dapat dibagi atas gempa tektonik, vulkanik, dan runtuhan.

Baca Lainnya :  √Diksi adalah

Jenis-Jenis Tenaga Endogen

Berikut ini terdapat tiga jenis-jenis tenaga endogen, yakni sebagai berikut:

1. Vulkanisme

Vulkanisme ialah kegiatan magma yang beranjak dari susunan litosfer ke susunan permukaan bumi, kejadian keluarnya magma ke permukaan bumi disebut dengan erupsi gunung api. Berikut ini terdapat tiga jenis bagian dari gunung api, antara lain:

  • Gunung Api Kerucut

Gunung api kerucut ialah gunung api dengan bentuk serupa kerucut dengan bentuk raksasa.


  • Gunung Api Corong

Gunung api corong ialah gunung api dengan bentuk tertinggi gunungnya corong, sehingga tidak jarang disebut gunung corong.


  • Gunung Api Perisai

Gunung api perisai ialah gunung api yang mempunyai bentuk gunung yang lerengnya menurun sehingga menyelimuti danau yang sangat luas.


2. Tektonisme

Tektonisme ialah proses yang berlangsung karena lipatan, patahan, pergerakan dan pengangkutan pada susunan tanah di suatu wilayah. Proses diatropisme ialah proses sistemis yang menyebabkan terdapatnya proses lipatan dan patahan. Berikut ini terdapat 2 jenis bagian dari tektonisme, antara lain:

  • Lipatan

Lipatan terbentuk karena pergerakan tenaga endogen yang berbentuk horizontal dari dua arah yang bersebrangan.


  • Patahan

Patahan terbentuk karena terdapatnya pematahan di lapisan batuan yang menciptakan kulit bumi.


3. Seisme

Seisme ialah gempa atau gerakan yang berlangsung di permukaan bumi dampak proses endogenik yang diperoleh saat susunan lempeng bumi yang bergerak. Kerusakan yang akan muncul pada saat gempa atau gerakan mendekati ke permukaan bumi.

Berikut ini terdapat 3 jenis bagian dari seisme (gempa bumi), antara lain:

  • Gempa Bumi Tektonik

Gempa tektonik merupakan gempa yang diakibatkan karena terdapat kegiatan tektonik yakni perpindahan keraj bumi secara seketika yang mempunyai daya mulai dari minim sampai sangat super Gempa bumi tersebut menimbulkan kehancuran.


  • Gempa Bumi Vulkanik

Gempa vulkanik merupakan gempa yang diakibatkan oleh terdapat kegiatan magma yang umumnya berlangsung sebelum meledaknya gunung berapi. Apabila kegiatan gunung berapi semakin membesar maka akan mengakibatkan meletus serta gempa bumi.


  • Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi tumbukan merupakan gempa bumi yang berlangsung pada kawasan gamping ataupun kawasan pertambangan. Gempa bumi tersebut sedikit berlangsung dan berupa lokal.


Dampak Tenaga Endogen

Berikut ini terdapat 2 dampak dari tenaga endogen, yakni sebagai berikut:

1. Dampak Positif Tenaga Endogen

Berikut ini terdapat beberapa bagian dari dampak positif tenaga endogen, yakni sebagai berikut:

  1. Dalam Pertanian, akan menumbuhkan tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan, teh, kopi, kina dan lain-lainnya
  2. Dapat dijadikan wilayah tawanan air hujan yang berupa sumber air bagi sungai-sungai.
  3. Bisa berupa Pusat pembangkit tenaga air.
  4. Bisa berupa tempat tinggal hewan-hewan.
Baca Lainnya :  Pengertian Shareholder

2. Dampak Negatif Tenaga Endogen

Berikut ini terdapat beberapa bagian dari dampak negatif tenaga endogen, yakni sebagai berikut:

  • Terbis-terbis pada suatu pegunungan yang terjadi oleh tenaga endogen dapat berupa yang terjal dan dapat pula yang lebih pandai.
  • Kawasan-kawasan pegunungan tersebut sering berlangsungnya longsor yang banyak mengakibatkan sebuah bencana baik materi maupun korban jiwa, terutama pada saat terjadinya musim hujan.
  • Pada saat berlangsungnya gempa bumi dan letusan gunung api sering menyebabkan banyak kehilangan materi maupun korban jiwa.

Proses Terjadinya Diastropisme

Tenaga yang berasal di dalam Bumi terjadi karena berbagai sebab dan tentu saja mengalami beberapa proses. Sumber tenaga endogen ini adalah arus konveksi yang terdapat pada lapisan astenosfer. Adapun proses hingga terjadinya diastropisme adalah sebagai berikut:

Arus yang terdapat pada lapisan astenosfer akan menyeret lempeng- lempeng yang ada di kerak bumi sesuai dengan arahnya masing- masing sehingga tidak dapat ditentukan oleh manusia. Lempeng bumi akan bergeser dan bertubrukan. Hal ini terjadi karena adanya arus konveksi yang jumlahnya sangat banyak sehingga lempeng- lempeng tersebut akan berhamburan sesuai dengan arahnya masing- masing dan menyebabkan lempeng bumi akan bergeser dan terjadilah tumbrukan- tumbrukan. Terjadinya selipan dan gerakan saling menjauh. Arah yang tidak pasti, pergeseran dan juga tumbrukan akan mengakibatkan adanya selipan dan juga gerakan saling menjauh antara satu lempeng dengan lempeng lainnya. Hal inilah nantiinya yang akan menyebabkan bentukan- bentukan di kerak Bumi yang berupa patahan maupun lipatan. Nah itulah langkah- langkah atau proses terjadinya diastropisme di dalam Bumi. Terjadinya diastropisme ini memang melibatkan berbagai elemen baik yang menjadi sebab maupun akibat. Penyebab misalnya adalah arus dan yang menjadi akibat adalah lempeng- lempeng di dalam Bumi saling berganti arah yang tidak beraturan.


Upaya Menanggulangi Dampak Negatif Tenaga Endogen

Berikut ini adalah beberapa upaya menanggulangi dampak negatif tenaga endogen yaitu:
  1. Daerah yang mengalami gerakan bumi dan belum stabil tidak boleh digunakan sebagai tempat permukiman.
  2. Dilarang membuat bangunan di daerah yang masih labil dan masih menjadi gerakan bumi.
  3. Pembuatan jalan dan jalur kereta api juga harus menghindari daerah yang masih labil
  4. Membangun dengan konstruksi tahan gempa.
  5. Melakukan pengungsian ketika gunung api akan meletus.

Perbedaan Tenaga Endogen dan Eksogen Beserta Contohnya

Endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga eksogen ini dibagi ke dalam 3 jenis sumber yakni atmosfer air dan makhluk hidup. Tenaga geologi tersebut terdiri dari dua jenis yakni tenaga endogen dan tenaga eksogen. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Contoh tenaga eksogen adalah abrasi pada pantai longsor pada wilayah pegunungan dan lain lain. Tenaga endogen adalah tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari dalam bumi sedangkan tenaga eksogen adalah tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari luar bumi. Tenaga endogen ini bersifat merombak bentuk muka bumi yang sebelumnya dibentuk oleh tenaga eksogen. Proses pembentukan muka bumi.

Baca Lainnya :  Medan Magnet

Mungkin saja di suatu daerah dulunya permukaan bumi rata datar namun akibat adanya tenaga endogen ini berubah menjadi gunung bukit atau pegunungan. Pengertian tenaga endogen dan eksogen. Sebelum kita membahas atau mempelajari lebih jauh mengenai tenaga endogen kita akan mengawali pembicaraan dimulai dari pengertian tenaga endogen itu sendiri. Infollgnet penjelasan tenaga endogen dan eksogen plus contoh lengkapnya bumi yang juga sering disebut dengan planet biru atau dunia adalah sebuah planet ketiga dalam ururtan tata surya dimana merupakan tempat tinggal terbaik bagi makhluk hidup. Tenaga tenaga yang dimiliki oleh bumi ada beberapa jenis. Tenaga geologi endogen merupakan tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari dalam bumi. Assalamu alaikum wr wb perkenalkan nama saya ibu rosnida zainab asal kalimantan timur saya ingin mempublikasikan kisah kesuksesan saya menjadi seorang pns.


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh tenaga geologi yang nantinya akan terbagi menjadi 2 pembahasan yaitu tenaga geologi endogen dan tenaga geologi eksogen. Saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga. Tenaga endogen bersumber dari magma yang bersifat membangun konstruktif. Adapaun tenaga tenaga yang dimiliki oleh bumi antara lain adalah tenaga endogen dan tenaga eksogen. Secara umum tenaga eksogen berasal dari 3 sumber yaitu atmosfer air dan makhluk hidup. Tenaga endogen dan eksogen ialah tenaga yang membentuk dan mengubah permukaan muka bumi inijika tenaga endogen ialah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang memiliki sifat membentuk maka tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi yang sifatnya merusak baca.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Tenaga Endogen: Pengertian, Jenis, Dampak, Proses, Upaya, Perbedaan dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.