√Karya Ilmiah: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Manfaat Serta Tujuan

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Karya Ilmiah? Mungkin anda pernah mendengar kata Karya Ilmiah? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, jenis, struktur, manfaat serta tujuan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Karya Ilmiah: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Manfaat Serta Tujuan

Pengertian Karya Ilmiah

Karya ilmiah ialah informasi tertulis dan dipubliskan yang menguraikan hasil observasi ataupun riset yang dilakukan seseorang ataupub sebuah kelompok dengan melaksanakan asas dan prinsip ilmiah yang diteguhkan dan dipatuhkan oleh masyarakat ilmiah.

Ciri Ciri Karya Ilmiah

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri dari karya ilmiah, yakni sebagai berikut:

  1. Penulisan karya ilmiah ialah faktual ataupun rasional, yang disampaikan dengan metode bahasa yang berbentuk tidak perseorangan, dengan memakai bentuk diam dan tidak memakai kata pengganti orang pertama maupun orang kedua.
  2. Bahasa yang dipakai dalam karya ilmiah ialah bahasa yang pokok ataupun formal dan resmi yang bisa tertampak dari bagian katanya dan juga kalimat yang efisien dan bagian yang formal.
  3. Susunan pada karya ilmiah sangat bermacam-macam sesuai dengan jenisnya, tetapi niasanya setiap karya ilmiah mencantum struktur pendahuluan, struktur pokok, struktur penutup, daftar pustaka dan lampiran (apabila diperlukan). Selain itu, umumnya diperoleh visioner pada jenis spesifik.
  4. Strukturnya sangat teliti, mulai dari struktur awal, struktur isi dan struktur penutup.

Jenis Jenis Karya Ilmiah

Berikut ini terdapat 4 jenis jenis karya ilmiah, yakni sebagai berikut:

  • Makalah

Makalah ialah salah satu jenis karya ilmiah yang pengkajiannya menurut data dari keahlian yang bentuknya berupa ilmiah.

  • Skripsi

Skripsi ialah suatu jenis karya ilmiah untuk melengkapi syarat abortus sarjana ataupun S1. Biasanya mengandung pengkajian keahlian maupun pengkajian bersifat kualitatif dan kuantitatf yang penataan penulisannya disusun secara teliti.

  • Disertasi

Disertasi ialah karya tulis ilmiah yang dibuat ataupun dirangkai untuk memperoleh gelar akademis doktor (Dr.) ataupun S3. Beserta mampu untuk membuat suatu konsep yang baru dengan melakukan eksperimen mengenai tesis yang dirangkai menurut konsep yang sudah ada.

  • Proposal Penelitian

Proposal ialah suatu karya tulis yang mengisi suatu agenda untuk permintaan pengkajian suatu aktivitas kepada orang yang berkaitan dengan agenda tersebut.

Struktur Karya Ilmiah

Berikut ini terdapat 3 struktur yang ada di kayar ilmiah, yakni sebagai berikut:

  • Struktur Awal

Secara umum, struktur ini mengisi halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran, arti mengenai lambang ataupun akronim dan pokok karya ilmiah tersebut.

  • Struktur Pokok

Struktur ini mengisi bab, pendahuluan, kajian teori, pembahasan, kesimpulan dan saran keputusan dari penelitian. Dalam struktur bab tersebut, diperoleh beberapa sub bab penelitian tentang tema yang diilas, seperti latar belakang persoalan, pokok persoalan, persoalan penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi dan tempat penelitian, sistematika penulisan. Hal tersebut terkait pada tema apa yang diulas.

  • Struktur Akhir

Struktur ini biasanya terdiri atas faftar pustaka tentang konsep ataupun objek yang dipakai dari mana saja diperolehnya dan lampirankan dokumen (apabila dibutuhkan).

Manfaat Karya Ilmiah

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari kayar ilmiah, yakni sebagai berikut:

  • Penulis dapat membiasakan meningkatkan keahlian membaca secara lebih efisien, karena untuk menulis karya ilmiah harus mencari dulu konsepnya.
  • Penulis bisa membiasakan menghubungkan hasil bacaan tentang konsep-konsep tentang penelitian dari beragam macam sumber.
  • Mempopulerkan penulis dengan aktivitas daftar pustka.
  • Bisa membiasakan penulis untuk mengembangkan keahlian dalam penyususunan dan juga menyampaikan informasi secara detail serta secara terorganisasi.
  • Penulis dapat menerima kebahgiaan dari bentuk cendekiawan.
  • Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.

Tujuan Karya Ilmiah

Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari kayar ilmiah, yakni sebagai berikut:

  1. Membiasakan keahlian aturan untuk melakukan observasi dengan benar dan berkala.
  2. Sebagai sarana melatih membiasakan gagasan ataupun hasil observasinya dalam bentuk tulisan ilmiah yang tersusun dan metodologis.
  3. Karya ilmiah yang sudah ditulis itu dimohonkan menjadi sarana perubahan ilmu antara sekolah dengan masyarakat, ataupun seseorang yang berkeinginan membacanya.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Karya Ilmiah: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Manfaat Serta Tujuan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

 

Baca Lainnya :  √ Akhlak Adalah : Pengertian Dalam Islam, Macam & Keutamaannya
Baca Lainnya :  √Vitamin: Pengertian, Macam-Macam, Sumber Serta Fungsi Vitamin
Baca Lainnya :  √Kelas Maya: Pengertian, Jenis, Fitur, Tujuan, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan