Geografi Sosial

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Geografi Sosial?Mungkin anda pernah mendengar kata Geografi Sosial? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, unsur, konsep, ruang lingkup, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Geografi Sosial

 

Pengertian Geografi Sosial

Geografi Sosial merupakan sebuah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan lingkungan sosialnya yaitu manusia lain maupun kelompok manusia yang ada disekelilingnya. Maksudnya, manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder pasti akan memanfaatkan lingkungan sekitarnya. Maka dapat diartikan bahwa geografi sosial adalah sebuah ilmu geografi manusia yang paling erat kaitannya dengan teori sosial yang berkaitan dengan hubungan fenomena sosial


Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian geografi sosial menurut para ahli yakni :

1. Jones (1975)

Menurut Jones, Geografi Sosial adalah ilmu yang bertugas mengetahui pola-pola yang timbul dari kelompok masyarakat yang memanfaatkan ruang, dan mengetahui proses pembentukan dan proses perubahan pola-pola tersebut.


2. Buttimer (1968)

Geografi sosial ialah studi pola keruangan serta hubungan fungsional kelompok masyarakat dalam konteks lingkungan sosial mereka, struktur internal serta eksternal dari kegiatan penduduk beserta berbagai jalur komunikasinya.

Baca Lainnya :  Teks Cerita Ulang

3. Bintarto (1968)

Geografi sosial ialah  ilmu yang mempelajari antara hubungan serta pengaruh timbal balik antara penduduk dengan keadaan alam demi kemakmuran serta  kesejahteraan.


4. Nursid Sumaadmadja (1981)

Menurut Nursid Sumaadmadja, Geografi Sosial adalah cabang geografi manusia yang bidang studinya aspek keruangan yang karakterisik dari penduduk, organisasi, organisasi sosial, dan unsur kebudayaan serta kemasyarakatan.


5. Johnston et al. (2000)

Menurut Johnston et al., Geografi sosial sebagai studi tentang relasi sosial dan struktur keruangan. Kajian ini menempatkan manusia sebagai pokok kajian (meliputi aspek kependudukan, ekonomi, politik dan sosial budaya).


Ciri -Ciri Geografi Sosial

Adapun ciri- ciri geografi sosial menurut Paul Vidal De Lablace, antara lain yaitu:

  • Kepribadian daerah merupakan hasil cara masyarakat mengeksploitasi sumber daya alam.
  • Masyarakat bereaksi terhadap habitatnya.
  • Manusia mengorganisasi dirinya sendiri dan berinteraksi dengan sesamanya.

Unsur-Unsur Geografi Sosial

Adapun unsur-unsur geografi sosial, yaitu:

  • Manusia, baik dalam wujud masyarakat atau komunitas.
  • Lingkungan Alam, meliputi topografi, iklim, tanah dan lain sebagainya.
  • Relasi, Interelasi, dan Interaksi antara manusia dan alam.

Konsep Geografi Sosial

Dalam Konsep geografi sosial dibagi menjadi 3 macam yaitu ruang, proses, dan pola berikut penjelasaanya:

1. Ruang

Ruang merupakan ke seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer, tempat hidup bagi makhluk hidup baik manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan maupun organisme lainnya.

Dalam geografi sosial, ruang memiliki makna yang mendalam, yaitu:

  • Tempat atau wadah dari benda-benda atau perilaku.
  • Tempat yang dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan usaha
  • Sesuatu yang dapat diatur dan dimanfaatkan oleh dan untuk manusia.

2. Proses

Proses merupakan suatu tindakan manusia dalam beradaptasi dan memanfaatkan lingkungan. Terdapat dua proses yaitu proses bersifat makro dan proses bersifat mikro.

Baca Lainnya :  √Stres Kerja: Pengertian Menurut Para Ahli, Penyebab dan Dampaknya

Proses sosial yang bersifat mikro adalah proses yang menekankan pada kegiatan individu dan kelompok masyarakat, contohnya perpindahan rumah seseorang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sedangkan, proses makro adalah proses yang menekankan pada masyarakat secara umum, contohnya terjadinya migrasi, transmigrasi, urbanisasi, gelombang pengungsi dan sebagainya.


3. Pola

Pola merupakan sebuah proses yang terjadi berulang-ulang, dalam hal ini pola kehidupan dan penghidupan yang berbeda antara suatu tempat dengan tempat lainnya yang mencerminkan perbedaan sifat daerah dan penduduknya sehingga akan terwujud bentang sosial yang berbeda. Bentang sosial adalah sekelompok atau beberapa kelompok penduduk yang hidup dalam suatu wilayah dan memiliki gagasan yang sama pada lingkungannya.


Ruang Lingkup Geografi Sosial

Adapun ruang lingkup geografi sosial mencakup lingkungan ekonomi, lingkungan budaya dan lingkungan sosialnya. Bidang kajian geografi sosial mencakup beberapa hal,  berikut adalah penjelasanya :


1. Ekonomis (Geografi Ekonomi)

Kajian ekonomi dalam geografi sosial berkaitan dengan hubungan antara sistem ekonomi manusia, negara dan aktor- aktor termasuk juga lingkungan biofisik.


2. Pembangunan (Geografi Pembangunan)

Pembangunan merupakan hal penting dalam kajian studi geografi yang mengacu pada standar hidup dan kualitas hidup penduduk manusia, studi lokasi, distribusi dan organisasi spasial dari aktivitas ekonomi di seluruh bumi.


3. Politik (Geografi Politik)

Geografi Politik merupakan sebuah studi dari kedua hasil rata spasial proses politik dan cara dimana proses politik tersebut dipengaruhi oleh struktur ruang. Contohnya seperti geografi pemilu, geopolitik, dan strategi militer.


4. Populasi (Geografi Kependudukan)

Kajian populasi dalam geografi sosial berkaitan dengan mempelajari cara yang variasi spasial dalam distribusi, komposisi, migrasi, dan pertumbuhan populasi kaitannya dengan karakteristik yang ada di wilayah dan perwilayahan Indonesia.

Baca Lainnya :  √Elegi: Pengertian, Ciri-Ciri Serta Contoh Puisi Elegi

5. Kesehatan (Geografi Kesehatan)

Kajian kesehatan dalam geografi sosial berkaitan aplikasi informasi geografis, perspektif, dan metode untuk penelitian kesehatan, penyakit dan perawatan kesehatan.


6. Historis (Geografi Sejarah)

Geografi Historis merupakan sebuah pembelajaran tentang kondisi manusia, fisik, fiksi, teoretis dan nyata geografi masa lalu. Hal ini mengkaji berbagai isu dan topik. Tema yang umum dalam geografi sejarah yaitu studi tentang geografi dari masa lalu dan bagaimana tempat atau wilayah perubahan melalui waktu. Banyak ahli geografi sejarah yang mempelajari pola geografis melalui waktu, termasuk bagaimana orang berinteraksi dengan lingkungan mereka, dan menciptakan lanskap budaya.


7. Pariwisata (Geografi Pariwisata)

Geografi  Pariwisata merupakan geografi sosial berkaitan dengan perjalanan dan pariwisata sebagai sebuah industri, sebagai aktivitas manusia, dan terutama sebagai tempat yang berbasis pengalaman.


Contoh Geografi Sosial

  • Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.
  • Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar
  • Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa dan kesenian.
  • Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kepemerintahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
  • Mempelajari lanskap atau bentang lahan manusia (budaya), misalnya komponen-komponen buatan manusia seperti jalan, saluran air, permukiman, pusat kegiatan, dan bangunan

Demikian Penjelasan Materi Tentang Geografi Sosial: Pengertian, Ciri, Unsur, Konsep, Ruang Lingkup , Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya