Segmentasi Pasar

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Segmentasi Pasar? Mungkin anda pernah mendengar kata Segmentasi Pasar? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, tujuan, manfaat, kelemahan, jenis, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah suatu bentuk pembagian kelompok pembeli/ konsumen yang mempunyai kebutuhan, perilaku dan karakteristik yang berbeda-beda (heterogen) dalam pasar khusus sehingga nantinya sebagai satuan pasar yang homogeny serta dijadikan sasaran pasar menggunakan strategi marketing mix tersendiri.Segmentasi pasar yang dilakukan perusahaan ini berperan penting dalam upaya meningkatkan pemasaran produk secara terarah. Selain itu, sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat dipergunakan secara lebih efektif dan efisien.

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:


1. Pride & Ferrel (1995)

mendeskripsikan segmentasi pasar juga sebagai satu sistem pembagian pasar keseluruhnya jadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kepentingan product yang sama


2.  Swasta dan handoko

Berdasarkan pendapat darinya bahwa segmentasi pasar ialah kegiatan membagi bagi pasar yang mempunyai sifat heterogen menuju dalam satuan pasar yang sifatnya homogeny.


3. Kotler, Bowen serta Makens (2002, p. 254)

pasar terdiri dari konsumen dan konsumen berbeda-beda dalam beragam hal yang dapat membeli


4. Philip Kotler & gary amstrong

Menurut pendapatnya pengertian segmentasi pasar ialah pembagian dari sebuah pasar sehingga menjadi sejumlah kelompok pembeli berbeda beda.Tujuan dari pengelompokan pasar ini ialah untukmembagi pasar berbeda tersebut menjadi sekelompok pasar homogeny dimana setiap kelompok tersebut dapat ditargetkan guna memasarka sebuah profuk sesuai keperluan, keinginan dan karakteristik pembeli yang terdapat di pasar.


5. Saladin (2012: 83)

Di sisi lain, Saladin menyampaikan pengertian pasar berdasarkan konsumen yang potensial. Menurutnya, segmentasi pasar merupakan proses pengelompokan pasar ke dalam kelompok pembeli yang potensial dengan kebutuhan yang sama atau karakteristik yang disukai serta memperlihatkan hubungan yang sama Pula.


Tujuan Segmentasi Pasar

Berikut ini terdapat beberapa tujuan segmentasi pasar, yaitu sebagai berikut:

  1. Memudahkan dalam membedakan pasar Karna Dengan pengelompokan konsumen dengan sifat homogeny hal ini akan memudahkan perusahaan dalam memahami kebutuhan dan juga minat konsumen, sehingga pasar menjadi lebih mudah membedakan dengan pasar lainnya.
  2. Pelayanan konsumen lebih baik hal yang harus diperhatikan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya ialah kualitas, harga, pelayanan serta ketepatan waktu. Dengan pelayanan baik menjadi hal krusial yang sangat penting bagi konsumen. Dilkukan segmen ini memudahkan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
  3. Strategi pemasaran lebih mengarah strategi pemasaran yang homogeny ini menjadi lebih mengarah, termasuk pula dalam mnyusun bauran pemasaran yang mencakup berikut produk/ barang, hargam distribusi dan juga promosi.
    Dengan terdapat pengelompokan pasar, sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam mengarahkan dana serta usahanya menuju yang potensial serta menguntungkan.
  4. Mengenal competitor menggunakan segmen yang sama sesudah kalian memahami pembeli yang ada di suatu segmen pasar, pastinya perusahaan pun akan bisa mengetahui siapa saja yang menjadi competitor pada segmen yang sama serta kegiatan pasa saja yang sudah dilakukan competitor tersebut. dengan itulah, maka perusahaan bisa mempelajari serta meniru strategi pemasaran dari competitor ini sehingga bisa merebut perhatian para konsumen.
  5. Evaluasi target sesudah kalian memahami pasar serta karakteristiknya, maka hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi aktivitas pemasaran yang sudah pernah dilakukan saat sebelumnya.dari sinilah maka perusahaan dapat mengetahui apakah strategi dari pemasaran ini sudah sesuai dengan ciri pasar sehingga bisa dijadikan sebagai acuan dalam membuat sebuah perencanaan bisanis berikutnya.
    Segmentasi pasar dijalankan bukan tidak ada alasan. ada sejumlah manfaat yang ingin dicapai atau diperoleh pada perusahaan, antara lain :
    • Perusahaan mempunyai dan menerapkan sebuah ide pemasaran dengan lebih mengarah
    • Perusahaan akan terbantu di dalam hal pengaturan prodyk sehingga menjadi lebih baik
    • Perusahaan mengetahui serta dapat membandingkan peluang pasar baru
    • Perusahaan bisa menyusun dan juga memakai budget yang sudah ada dengan efektif dan efisien
    • Perusahaan dapat terbantu dalam hal menciptakan sebuah daya Tarik bidang pemasaran
    • Perusahaan bisa berada di situasi yang bahkan lebih menguntungkan
Baca Lainnya :  Teks Editorial: Pengertian Menurut Para Ahli, Struktur, Ciri, Kaidah, Fungsi, Jenis dan Contoh

Manfaat Segmentasi Pasar

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan lantaran adanya segmentasi pasar tersebut yaitu:

  1. Memungkinkan sebuah perusahaan untuk memperoleh dan menerapkan pemasaran secara lebih jelas dan terarah.
  2. Memberikan potensi keuntungan yang lebih kepada pihak perusahaan di pasar.
  3. Membantu perusahaan di dalam mengatur produk yang diolah sehingga menjadi lebih baik.
  4. Membantu pihak perusahaan untuk mengetahui serta membandingkan peluang pasar yang baru.
  5. Membantu menyusun dan menggunakan biaya yang ada dengan lebih efektif dan efesien
  6. Membantu perusahaan di dalam menciptakan daya tarik pada bidang pemasaran.

Kelemahan Segmentasi Pasar

Adapun kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:

  1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
  2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
  3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
  4. Kemungkinan akan menghadapi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar


1. Segmentasi Pasar berdasarkan Geografi

Dalam segmentasi ini, pasar dibagi menjadi beberapa bagian geografis seperti negara, wilayah, kota dan desa. Area geografis yang dipandang potensial dan menguntungkan akan ditargetkan oleh perusahaan.


2. Segmentasi Pasar berdasarkan Demografi

Dalam segmentasi ini pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan distribusi usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan.


3. Segmentasi Pasar berdasarkan Psikografi

Segmentasi psikografis memeriksa bagaimana konsumen dengan segmen demografis tertentu merespons rangsangan pemasaran.


4. Segmentasi Pasar berdasarkan Sosiokultural

Sebagai dasar lebih lanjut untuk segmentasi pasar, segmentasi sosiokultural yang memiliki variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) dibagi menjadi segmen-segmen yang merupakan tahapan yang sesuai pada:

  • Daur hidup keluarga
  • Kelas sosial
  • Budaya dan sub-budaya
  • Segmentasi pemasaran lintas budaya atau global
Baca Lainnya :  √DPR: Pengertian, Struktur, Fungsi, Wewenang, Hak dan Kewajiban

5. Segmentasi Pasar berdasarkan hubungan ekstrim

Bentuk segmentasi yang efektif untuk penggunaan merek, seperti:

  • Tingkat penggunaan: segmentasi yang berbeda terletak pada pengguna berat, pengguna sedang, dan pengguna ringan. Bukan pengguna produk, layanan, atau merek tertentu.
  • Tingkat kesadaran: kesadaran konsumen akan produk, kesiapan untuk membeli produk, atau apakah konsumen membutuhkan informasi tentang produk.
  • Loyalitas merek: Loyalitas konsumen terhadap merek digunakan sebagai perusahaan sebagai identifikasi karakteristik konsumen di mana mereka dapat segera menjadi pendukung promosi kepada orang-orang dengan karakteristik yang sama tetapi dengan populasi yang lebih besar.

6. Segmentasi berdasarkan Situasi Penggunaan

Peluang atau situasi bisa menentukan apakah konsumen akan membeli produk atau mengkonsumsi produk. Segmentasi ini dibuat guna membantu perusahaan memperluas penggunaan produk.


7. Segmentasi berdasarkan Manfaat

Bentuk segmentasi yang mengklasifikasikan pembeli berdasarkan perbedaan manfaat yang mereka cari dari suatu produk adalah bentuk segmentasi yang kuat.

Sebuah studi yang menguji apakah mengendalikan preferensi konsumen untuk mikro atau pengrajin mengidentifikasi lima keunggulan merek strategis, yaitu:

  • Fungsional (contoh kualitas)
  • Nilai uang
  • Manfaat sosial
  • Manfaat emosi positif
  • Manfaat emosi negatif

8. Segmentasi Hybrid

Pada Segmen ini dibentuk berdasarkan kombinasi beberapa variabel segmen yang membentuk satu segmen. Sebagai contoh segmen geodemografi, sangat berguna untuk menemukan prospek terbaik bagi pengiklan atau pemasar dalam menemukan kepribadian, tujuan, dan minat serta terisolasi di tempat mereka tinggal.


9. Segmentasi Pasar berdasarkan Perilaku

Segmentasi ini dikelompokkan atas dasar pengetahuan, sikap, penggunaan, atau reaksi pembeli terhadap suatu produk.


Contoh Segmentasi Pasar

Segmentasi Nokia Corporation

Berdasarkan Geografi: Handphone atau telepon selular yang sering disebut dengan istilah HP adalah sebuah peralatan telekomunikasi yang sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia.

Baca Lainnya :  Aqiqah: Pengertian, Hukum, Syarat, Waktu, Tata Cara dan Hikmah

berdasarkan Psikografi: Hal tersebut disebabkan karena sifatnya yang dapat dibawa kemana-mana saat berpergian. Fitur-fiturnya pun saat ini tidak hanya dijadikan alat komunikasi saja, melainkan masih banyak fitur-fitur dari handphone yang menarik dan bermanfaat untuk mendukung kehidupan sehari-hari.

berdasarkan Demografi: Perkembangan ini terus meningkat dari hari ke hari. Kita lihat saja produksi handphone tahun 2010 untuk Negara Indonesia mencapai ±159.248.000 (www.teknojurnal.com).  Untuk Nokia Corporation yang sebagai produsen handphone terbesar dunia pertama saja total produksinya mencapai 133,5 juta penjualan/unit (Majalah Ponsel, 2008).


Segmentasi pasar Honda Beat

Honda Beat adalah jenis tipe skuter otomatis, dengan harga Rp. 12,5 juta. Secara demografis, Honda Beat menargetkan siswa dan siswa sebagai segmen pasarnya.

Berdasarkan psikografis : Honda Beat ditujukan bagi kaum muda yang menyukai kenyamanan dan kepraktisan, serta gaya hidup yang trendi dan modern.

Dan secara geografis : Honda Beat di segmen 110 CC memiliki konsentrasi pemasaran di kota-kota besar di Indonesia dan di daerah,

di mana di daerah perkotaan cenderung menggunakan roda balap dan di daerah cenderung menggunakan roda jari-jari.


Segmentasi Pasar Aqua

Dalam segmentasi geografisnya : Aqua menyapa semua pasar di wilayah Indonesia. Tidak hanya di daerah perkotaan, tetapi kami juga dapat menemukan produk Aqua di pinggiran kota, bahkan di daerah pedesaan.

Secara demografis : Aqua menargetkan orang di semua kalangan dan jenis kelamin. Produk Aqua diproduksi untuk semua kelompok dan untuk konsumsi semua orang.

Secara psikologis : Aqua ditujukan untuk kelas sosial kelas menengah. Tetapi juga bisa digunakan untuk kelas bawah mengingat harga kemasan yang bisa dijangkau oleh kelas bawah dengan harga pasar Rp. 500, – dan Rp. 3.000.

Tidak hanya itu, Aqua diperuntukkan bagi orang-orang dengan gaya hidup praktis dan sehat dengan kemasan yang mudah didapat dan dibawa. Sehingga Aqua cocok untuk orang yang aktif dengan mobilitas tinggi.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Segmentasi Pasar:Pengertian, Tujuan, Manfaat, Kelemahan, Jenis, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya