Contoh Membuat Proposal Kegiatan

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentan Proposal Kegiatan? Apakah kalian pernah mendengar istrilah dari Proposal Kegiatan? Jangan khawatir jika kalian belum pernah mendengarnya, disini PakDosen akan membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, manfaat, tujuan, syarat, ragam, kelebihan, kelemahan dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Contoh Membuat Proposal Kegiatan Yang Baik Dan Benar Sesuai EYD

Pengertian Proposal

Proposal merupakan sejenis susunan acara kegiatan yang tertulis dan di dalamnya meliputi susunan acara kerja. Susunan acara kerja tersebut nantinya akan dijalankan sebagai suatu program. Tujuan dari susunan acara kerja dalam suatu proposal merupakan supaya pihak yang berkepentingan di dalam program tersebut memahami susunan acara yang akan dibuat.


Ciri-Ciri Proposal

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri proposal yaitu:

  1. Proposal dibuat untuk meringkas kegiatan yang akan dilakukan. Proposal dibuat dengan singkat agar donatur atau pihak tertentu mengetahui pokok isi acara yang akan diselenggarakan
  2. Sebagai pemberitahuan pertama suatu kegiatan Proposal seharusnya diberikan kepada donatur atau instansi terkait minimal satu bulan sebelum acara sebagai pemberitahuan kepada instansi  atau donatur tersebut.
  3. Berisikan tujuan-tujuan, latar belakang acara Proposal disusun dengan tujuan-tujuan yang biasanya disesuaikan dengan latar belakang sebuah acara.
  4. Berupa lembaran-lembaran pemberitahuan yang telah dijilid yang nantinya diserahkan kepada yang penyelenggara acara. Proposal pada dasarnya berupa lembaran-lembaran yang berisi sebuah susunan acara atau kegiatan yang diserahkan penyelenggara kepada donatur.
  5. Ada pihak yang mengajukan. Salah satu ciri proposal adalah adanya pihak yang mengajukan. Pihak yang mengajukan tersebut sebagai pihak yang mengusulkan suatu rencana atau kegiata
  6. Ada pihak yang menyetujui. Adanya pihak yang menyetujui menjadi salah satu dari ciri dari proposal. Hal ini berkaitan dengan salah satu fungsi proposal yakni sebagai legalisasi suatu rencana kegiatan.
  7. Terdapat gambaran kegiatan secara umum. Gambaran kegiatan disertakan dalam proposal berguna untuk memberikan informasi pada siapapun yang hendak ditunjukan proposal tersebut agar memiliki/mengetahui apa yang sebenarnya keinginan/maksud yang terkandung dalam proposal tersebut.
  8. Mempunyai kekuatan persuasif. Proposal mempunyai ciri persuasif yaitu dapat diartikan sebagai bentuk seni baik verbal maupun non verbal yang bertujuan untuk menyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki pada waktu sekarang maupun yang akan datang.
  9. Disusun sebelum rencana kerja. Proposal disusun sebelum membuat rencana kerja secara keseluruhan, ini bermaksud agar penerima mengetahui gambaran kegiatan secara keseluruhan kegiatan yang akan disetujuinya.
  10. Bersifat bisnis. Proposal bersifat bisnis, maksudnya proposal dibuat dengan tujuan untuk mengajukan kerjasama dan perjanjian atas suatu kegiatan.
  11. Memiliki sasaran dan tujuan yang jelas. Proposal disusun harus mempunyai sasarn dan tujuan yang jelas agar proposal tersebut bisa diterima dan disetujui oleh pihak yang menerima proposal dalam mengadakan pertimbangan.

Manfaat Proposal

Berikut ini adalah beberapa manfaat proposal yaitu:

  • Menjadi rencana yang mengarahkan panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Proposal digunakan sebagai pegangan pelaksanaan, sehingga acara atau kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan sistematis sesuai dengan rencana dan agar tujuan dari acara tersebut memperoleh hsil yang diharapkan.
  • Menjelaskan secara tidak langsung kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut. Proposal disusun untuk memberitahukan kepada donatur kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada aacara tersebut.
  • Untuk meyakinkan para donatur atau sponsor agar mereka memberikan dukungan material maupun finansial dalam mewujudkan kegiatan yang telah direncanakan. Proposal dibuat sebagai alat untuk meyakinkan donatur agar pihak dari donatur mau untuk menjalin kerjasama kepada pihak penyelenggara.
  • Sebagai gambaran awal sebuah kegiatan. Pada dasarnya sebuah proposal diuraikan secara rinci mengenai awal kegiatan, mulai dari tujuan kegiatan hingga dana kegiatan.
  • Sebagai alat untuk memperoleh persetujuan dari pihak berwenang. Proposal digunakan sebagai usulan atau perjanjian untuk melegalkan suatu kegiatan sehingga perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pihak yang berwenang.
  • Sebagai alat pengontrol jalannya kegiatan. Proposal digunakan sebagai pegangan pelaksanaan setiap tahapan kegiatan.
  • Sebagai alat evaluasi kegiatan. Proposal digunakan sebagai alat evaluasi kegiatan yaitu sebagai cerminan sukses tidaknya suatu kegiatan yang dapat dilihat dari rancangan yang ada di dalam proposal.
  • Sebagai salah satu alat untuk memperluan jaringan kerja dan komunikasi. Dilihat dari segi hubungan sosial, proposal tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk memperoleh persetujuan dari pihak lain melainkan sebagai alat yang mendukung hubungan kerja yang lebih komunikatif.
Baca Lainnya :  Manajemen Persediaan adalah

Tujuan Penyusunan Proposal

Berikut ini adalah beberapa tujuan penyusunan proposal yaitu:

  1. Menjelaskan secara tidak langsung kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut.
  2. Menjadi rencana yang mengarahkan panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
  3. Untuk menyakinkan para donatur/sponsor agar mereka memberikan dukungan meterial maupun finansial dalam mewujudkan kegiatan yang telah direncanakan.
  4. Mendapatkan persetujuan.
  5. Sebagai titik acuan.

Syarat-syarat Menyusun Proposal

Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam menyusun proposal yang baik yaitu:

  • Sistematis

Artinya, proposal yang disusun harus berurutan secara sistematis menurut pola tertentu, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks agar efektif dan efisien


  • Berencana

Artinya, proposal tersebut dibuat secara sengaja dan telah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaanya, serta mengacu pada tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut.


  • Mengikuti konsep ilmiah

Artinya, pengerjaan proposal mulai dari awal hingga akhir harus sesuai dengan cara-cara atau metode ilmiah yang sudah ditentukan.


  • Jelas dan dapat dimengerti

Proposal yang dibuat harus jelas dan menggambarkan kegiatan yang kan dilaksanakan. Sehingga pihak penerima dapat mendapatkan gambaran jelas tentang kegiatan yang kan dilaksanakan tersebut.


Ragam Proposal

Berikut ini adalah beberapa ragam proposal yaitu:

1. Formal

Proposal berbentuk formal terdiri atas tiga bagian utama, yaitu bagian pendahuluan, isi proposal, dan bagian pelengkap penutup. Bagian pendahuluan terdiri atas: sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan. Bagian isi proposal terdiri atas: latar belakang, pembatasan masalah, tujuan ruang lingkup, pemikiran dasar (anggapan dasar), metodologi, fasilitas, personalia (susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya. Sedangkan bagian pelengkap penutup berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan sebagainya.


2. Non Formal

Proposal non formal merupakan variasi atau bentuk lain dari bentuk proposal formal karena tidak memenuhi syarat-syarat tertentu atau tidak selengkap seperti bentuk formal. Proposal non formal biasanya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat sehingga sebuah proposal non formal harus selalu mengandung hal-hal berikut yaitu, masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.


3. Semi Formal

Proposal semi formal hampir sama dengan proposal non formal yaitu variasi atau bentuk lain dari bentuk proposal formal karena tidak memenuhi syarat-syarat tertentu atau tidak selengkap seperti bentuk formal


Kelebihan dan Kelemahan Proposal

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kelemahan proposal yaitu:

1. Kelebihan Proposal

  1. Dapat menarik sponsor untuk memberikan sumbangan dana
  2. Dapat menjadi bukti legalitas
  3. Memperlancar dan mempermudah pelaksanaan kegiatan
  4. Memperkecil masalah yang timbul dalam suatu kegiatan
  5. Sebagai rancangan biaya
  6. Transparan, efektif, dan efisien

2. Kelemahan Proposal

  • Tidak memiliki kekuatan tanpa adanya juru bicara
  • Memiliki tingkat kepercayaan yang rendah

Contoh Proposal Kegiatan

Berikut ini terdapat beberapa contoh proposal kegiatan, yakni sebagai berikut:

1. Contoh Proposal Kegiatan Desa

Proposal kegiatan dibuat saya akan menjalankan suatu susunan acara yang memerlukan tambahan biaya dari berbagai pihak. Proposal jenis tersebut memang rancangannya lebih sederhana dibandingkan dengan jenis proposal yang lain, misalnya proposal penelitian atau pemasaran. Berikut dibawah ini merupakan contoh dari proposal kegiatan desa yang dapat anda dijadikan sebagai referensi, antara lain:

Judul Proposal

Proposal Kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 2019

Kata Pengantar

Puji serta syukur kami ucapkan pada alloh swt, dikarenakan berkat taufiq serta hidayah-nya dan pertolongan-nya kami bisa menyusun proposal ini. Sholawat serta salam-nya mudah-mudahan senantiasa tercurahkan pada nabi kita muhammad saw, keluarganya, shohabatnya serta pada tabi`in-tabi`atnya.

Di dalam proposal ini, kami mengulas perihal pentingnya fungsi islam saat mensukseskan pembangunan nasional yang religius. hingga tak ada waktu yang terbuang percuma, serta perihal ini amat relefan dengan firman alloh didalam al-quran surat al-`ashr. maka dari itu kami bermaksud untuk melaksanakan peringatan Tahun Baru Islam . kami amat menginginkan sekali uluran serta pertolongan dari seluruh pihak terutama beberapa donatur yang dapat menolong pada kelancaran aktivitas ke pemudaan ikmal.

D idalam penyusunan proposal ini, penyusun mengerti jauh dari kesempurnaan baik didalam penempatan kata ataupun langkah penyusunannya, karenanya penyusun menanti anjuran atau koreksi dari seluruh pihak untuk perbaikan dimasa yang akan tiba.

atas semua hormat kami ucapkan banyak terimakasih pada seluruh pihak yang bersedia menolong untuk kelancaran aktivitas tersebut. semoga semua pertolongan yang didapatkan memperoleh imbalan dari Alloh swt.

Baca Lainnya :  Simbiosis adalah

Makassar, 31 Agustus 2019

Jojo


I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perubahan dan moderenisasi zaman yaitu satu perihal yang tidak dapat kita hindari. arus globalisasi yang makin deras menuntut ummat islam lari kencang ikuti perkembangaan zaman yang makin cepat. Perubahan zaman yang demikian cepat bikin ummat islam mesti betul-betul pintar saat memilih serta memilah mana yang positif serta mana yang negatif supaya tidak berlangsung degradasi moral, akhlak serta nilai-nilai agama. Karenanyalah dibutuhkan kegiatan-kegiatan positif saat menyalurkan aspirasi-aspirasi, hoby, bakat serta lain sebagainya, supaya ummat dapat mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya serta terhindar dari degradasi moral, akhlak serta nilai-nilai agama. Untuk menjembatani perihal itu dibutuhkan satu wadah sebagai motor yang dapat mendrive serta membawa ummat islam ke arah yang positif serta terus memegang teguh nilai-nilai agama hingga jadikan dirinya sebagai ummat yang berakhlak mulia serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama serta melindungi moral bangsa.kami dari organisasi ke pemudaan ikmal dapat mengadakan aktivitas memperingati Peringatan Tahun Baru Islam.


B. Dasar Pemikiran

Adapun dasar pemikiran diadakannya acara peringatan Tahun Bari Islam ini adalah sebagai berikut:

  • Berdasar pada program pemerintah untuk turut dan membangun sumberdaya manusia yang berakhlak mulia.
  • Program kerja tahunan.
  • Sebagai fasilitas untuk memelihara kemuliaan agama islam.
  • Gerakan indonesia berdzikir.
  • Rasa peduli pada sesama saudara-saudara, terutama pada kaum dhu’afa, yatim.

C. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan diadakannya acara peringatan Tahun Bari Islam ini adalah sebagai berikut:

  • Turut memeriahkan tahun baru islam 1441 H.
  • Menjalin tali silahturahmi.
  • Memakmurkan syi’ar islam.
  • Turut melindungi serta mengembangkan potensi ummat yang berdasar teguh pada nilai-nilai agama supaya menjadi ummat yang berbakti pada agama serta bangsa.
  • Mengajak ummat supaya senantiasa serta selalu berzikir pada allah.
  • Membangun rasa hiraukan pada orang-orang yang tidak mampu.
  • Menggerakan suka bersedekah, mengaji serta berzikikir.
  • Berupaya serta berikhtiar untuk menyingkirkan penyakit lahir dan bathin.
  • Menggerakan Gemar bersedekah, mengaji dan berzikikir.
  • Berusaha dan berikhtiar untuk menghilangkan penyakit Lahir dan Bathin.

II. Isi Proposal

A. Tema

“Persiapkan diri untuk satu pergantian, kuncinya adalah perbaiki diri, perbaiki hidup, perbaiki ibadah, perbanyak sedekah, perbanyak do’a, perbanyak zikir, perbanyak iqra’ serta perbanyak ibadah”.


B. Bentuk Kegiatan

Berikut ini bentuk-bentuk kegiatan, antara lain:

  • Dzikir (istighotsah) dan munajat akbar.
  • Tabligh akbar.
  • Penyantunan pada anak yatim, anak jalanan dan dhu’afa.
  • Pemberian cendera mata dari panitia.
  • Sunnat massal.
  • Pembagian hadiah pada peserta perlombaan islam.

C. Waktu dan Tempat Kegiatan

Berikut ini waktu dan tempat pelaksanaan kegiatannya, antara lain:

Hari dan Tanggal : Minggu, 01 September 2019

Waktu : 20:00 WIB S/D Selesai

Tempat : Masjid Al-Markaz Al-Islami Mosque


III. Susunan Acara

A. Susunan Kepanitian

Berikut susunan kepanitian, antara lain:

Pelindung:

  • Camat Bontoala
  • Kapolsek Timungan Lompoa
  • Danramil Timungan Lompoa
  • Kepala Desa Timungan Lompoa

Pembina: Usatadz ucu syihabudin

Penasehat: Al Ustadz aang zenal adib

Penanggung Jawab: Ketua IKMAL

Ketua: anggan gunawan

Sekretaris: ogy yandi

Bendahara: ajang

Seksi-Seksi:

Seksi Dana dan Usaha:

  • Dani
  • Sandi
  • Tini

Seksi Acara:

  • Ema
  • Elis

Seksi Konsumsi:

  • Tati
  • Herna

Seksi Humas dan Dokumentasi:

  • Salman
  • Agus
  • Ahmad

Seksi Perlengkapan:

  • Abdulah
  • Nia

B. Anggaran Dana

No.PerlengkapanDana
1.MubalighRp 1.000.000
2.Sounds SystemRp 500.000
3.Tenda + PentasRp 2.000.000
4.KonsumsiRp 3.000.000
5.DokumentasiRp 1.000.000
6.Santunan2.000.000
7.Seragam Panitia 100 pcsRp 3.500.000
8.Cetak UndanganRp 500.000
9.Publikasi melalui Media Cetak,ElektronikRp 2.000.000
10.Akomodasi PanitiaRp 1.000.000
11.Qori’Rp 300.000
12.KesekretariatanRp 1.000.000
13.Cendera MataRp 2.000.000
14.Umbul-umbul + SpandukRp 2.000.000
15.Sunnat MassalRp 5.000.000
16.SaritilawahRp 150.000
17.Lain-lainRp 1.500.000
JumlahRp 27.950.000

C. Sponsor

Berikut sponsor, antara lain:

  1. Spanduk Kegiatan uk 3-5 meter 50 pcs
  2. Kaos panitia berlogo Perusahaan 100 pcs
  3. Produk , yang akan di berikan kepada Panitia, anak yatim, Dhu’afa, Peserta Perlombaan Islam, Tokoh Agama dan Tokoh
  4. Masyarakat, Majelis-Majelis Ta’lim yang hadir pada acara tersebut.
  5. Tropy 20 Buah (diberikan kepada peserta terbaik)
  6. Sarung + Peci 100 pcs (diberikan kepada peserta sunnat missal)

IV. Penutup

Membina dan mengembangkan potensi generasi muda adalah suatu keharusan, agar terbentuk generasi muda yang berakhlak mulia,menjunjung tinggi nilai-nilai agama sehingga menjadi generasi muda yang bermoral dan berguna bagi agama bangsa dan negara.

Baca Lainnya :  Integrasi Sosial

Oleh karena itu melalui kegiatan yang akan kami laksanakan mudah-mudahan mampu membentuk generasi muda yang dinamis. Melalui kegiatan ini pula kami memohon kepada semua pihak untuk membantu mensukseskan kegiatan yang akan kami laksanakan.

Partisipasi dari semua kalangan sangat kami harapkan, dan mudah-mudahan apa yang Bapak/Ibu berikan baik moral maupun materil dibalas oleh Alloh SWT dengan balasan yang berlipat ganda. Amin…

Selamat Tahun Baru Islam 1441 H Tahun 2019.


2. Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Proposal kegiatan dibuat saya akan menjalankan suatu susunan acara yang memerlukan tambahan biaya dari berbagai pihak. Proposal jenis tersebut memang rancangannya lebih sederhana dibandingkan dengan jenis proposal yang lain, misalnya proposal penelitian atau pemasaran. Berikut dibawah ini merupakan contoh dari proposal kegiatan desa yang dapat anda dijadikan sebagai referensi, antara lain:

Proposal kegiatan untuk sekolah dibuat apabila sebuah sekolah sedang menjalankan suatu kegiatan, seperti saja hari jadi sekolah, acara 17 Agustus, perpisahan dan beraneka program acara lain. Buat Anda yang kebenaran akan membuat proposal kegiatan sekolah, berikut dibawah ini merupakan contoh dari proposal kegiatan sekolah yang dapat anda dijadikan sebagai referensi, antara lain:

Judul Proposal

Proposal Kegiatan Seminar Sehari Menuju Sekolah Berbudaya Lingkungan.

I. Pendahuluan

A. Latar Belakang

Kita sepakat bahwa menjaga lingkungan hidup sangat penting. Kita pun perlu menyadari bahwa masalah lingkunan merupakan masalah besama, masalah masa depan kita, dan masalah generasi mendatang. Tentunya, kita sebagai manusiaberadab tidak ingin mengabaikan masalah ini. Mengabaikan lingkungan hidup atas nama generasi mendatang dan atas nama moralitas, merupakan perilaku yang kurang beradab. Selurauh warga SMAN 8 Bandar Lampung mengetahui bahwa, kerusakan lingkungan akan membawa kerugian saat ini dan masa mendatang. Seluruh warga sekolah pun memahamibahwa kita harus hidup harmonis dengan lingkungan. Akan tetapi, di sisi lain, kepedulian lingkungan dalam bentuk sikap, perilaku, dan pola hidup dalam kehidupan dalam kehidupan sehari-hari, masih perlu di tingkankan. Berdasarkan fakta-fakta tersebut dan mengingat SMAN 8 Bandar Lampung adalah sekolah favorit yang menjadi rujukan sekolah lain karena program-programnya, SMAN 8 Bandar Lampung akan melaksanakan kegiatan Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL).


B. Tujuan Kegiatan

Berikut ini tujuan dari kegiatan, antara lain:

  1. Memotivasi pembentukan sikap peduli terhadalingkungan hidup.
  2. Membekali pemahaman dan kemampuan menganalisis masalah serta keterampilan memecahkan masalah lingkungan hidup.
  3. Mengetahui isu aktual tentang lingkungan hidup dan dapat ikut berperan serta dalam aksi lingkungan hidup.

II. Isi Kegiatan

A. Tema

Dengan seminar sehari, kita ciptakan seluruh warga sekolah yang memiliki cakrawala piker, sikap, dan perilaku yang peduli terhadap lingkungan hidup“.


B. Peserta

  • Komite Sekolah SMAN 8 Bandar Lampung
  • Guru SMAN 8 Bandar Lampung
  • Siswa kelas X, XI, XII SMAN 8 Bandar Lampung
  • Karyawan Sekolah SMAN 8 Bandar Lampung
  • Narasumber:

1. Dr.  Soenyoto Yudho Baskara Putra (Dinas Bapelda)

2. Erni Yanuarwati, S.Si (Dinas PKLH)

  • Moderator: Dra.  Aprilliya Kurnia Putri (Guru Bahasa Indonesia)

C. Waktu dan Tempat Kegiatan

  • Seminar dilaksanakan pada:
  • Hari, Tanggal:  Sabtu, 12 Febuari 2019
  • Waktu:  12.00-16.30  WIB
  • Tempat:  Aula SMAN 8 Bandar Lampung

III. Susunan Acara

A. Susunan Kepanitian

  • Ketua Panitia: Drs. Bagus Setiawan
  • Wakil Ketua: Teddy Adhitya, S.Pd.
  • Sekertaris: Dra. Dita Megasari
  • Bendahara: Giska Putri, M.Pd.
  • Sie Humas:

1. Billy Anggara

2. Hajar Dika

3. Ilyas Satya

  • Sie Konsumsi:

1. Indra Megawati

2. Carita Puspitasari

3. Reza Andhika

Si Promosi dan Dana:

1. Daniel Eka, S.Pd

2. Lucky Saraswati

3. Crisna Ogi

Sie Dokumentasi:

1. Okky Afikahati

2. Aditya Fadil

3. Fatimah Az-Zahro

Pembantu Umum:

1. Yoshua Yulianto

2. Azura Ramadhan

3. Asprilla Zuhrilham


B. Anggaran Dana

1. Rencana Pemasukan

Dana Sekolah – Rp 4.750.000,00

Donatur Rp 2.000.000,00

Jumlah: Rp 6.750.000,00

2. Rencana Pengeluaran

Alokasi untuk dua narasumber @ Rp 750.000,00 – Rp 1.500.000,00

Kesekretariatan – Rp 500.000,00

Konsumsi 300 x Rp 5.000,00 – Rp 1.250.000,00

Dokumentasi – Rp 80.000,00

Perlengkapan – Rp 270.000,00

Jumlah: 3.600.000

IV. Penutup

Demikian proposal kegiatan ini. Semoga dapat memenuhi harapan kita semua. Kami sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Proposal Kegiatan: Pengertian, Ciri, Manfaat, Tujuan, Syarat, Ragam, Kelebihan, Kelemahan dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.