Ekologi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Ekologi?Mungkin anda pernah mendengar kata Ekologi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, prinsip, manfaat, jenis, ruang lingkup, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Ekologi

 

Pengertian Ekologi

Ekologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup ataupun kelompok makhluk hidup maupun interaksi yang terkait dengan berbagai organisme dengan lingkungan ( habitatnya) agar terbentuk suatu keseimbangan lingkungan.


Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian ekologi menurut para ahli diantaranya sebagai berikut:

1. Menurut C. Elton

Ekologi adalah suatu ilmu yang mengkaji sejarah alam atau juga perkehidupan alam dengan secara ilmiah.


2. Ernst Haeckel

Menurut Ernst Haeckel (1866), pengertian ekologi adalah ilmu pengetahuan komprehensif tentang hubungan organisme terhadap lingkungan hidupnya.


3. E. P. Odum

Menurut E. P. Odum (1963), pengertian ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi alam “The study of The Structure and Function of Nature”.


4. Resosoedarmo

Ekologi merupakan suatu stdui yang mempelajari mengenai interaksi timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan.


5. Eugene P. Odum

Ekologi merupakan suatu analisis sistematis serta fungsi alam, tentang suatu struktur dan juga hubungan diantara sesama organisme dengan lingkungannya


Prinsip-Prinsip Ekologi

Berikut adalah Prinsip-prinsip ekologi yakni :

  • Interaksi (interaction) merupakan hubungan tiap-tiap individu akan selalu berhubungan dengan individu lain yang sejenis atau lain jenis, baik individu dalam satu populasinya atau individu-individu dari populasi lain.
  • Saling ketergantungan (interdependence) merupakan hubungan yang saling membutuhkan satu sama lainya antara  manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainya
  • Keanekaragaman (diversity) merupakan sebuah hubungan yang beraneka ragam tidak hanya manusia dengan manusia saja tapi ada juga tumbuhan, hewan, dan alam yang saling berkaitan
  • Keharmonisan (harmony) yaitu adanya hubungan baik antara manusia dan alam termasuk lingkunganya
  • Kemampuan berkelanjutan (sustainability) merupakan sebuah sistem biologis yang tetap mampu menghidupi keanekaragaman hayati dan produktivitas tanpa batas.
Baca Lainnya :  √Interaksi Sosial: Pengertian Serta Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Manfaat Ekologi Bagi Manusia

Berikut adalah manfaat ekologi bagi manusia antara lain yaitu:

1. Mengenal Perilaku Mahluk Hidup

Ekologi ini juga dapat membantu manusia mengenal perilaku mahluk hidup lainnya yang bermanfaat bagi manusia. Misalnya saja sistem sonar kapal selam yang diadaptasi dari hewan kelelawar dan lumba-lumba ternyata bermanfaat bagi manusia untuk menentukan suatu lokasi.


2. Mengetahui Peran Manusia Terhadap Lingkungan

Ekologi juga dapat membantu manusia untuk mengetahui dampak produk yang dihasilkan manusia terhadap lingkungan. Misalnya saja pada produk DDT yang ditujukan untuk memberantas hama ternyata mencemari lingkungan manusia dan organisme lainnya.


3. Mengenal Keberagaman Hayati

Dengan adanya ekologi, maka manusia dapat juga memahami berbagai mahluk hidup dan hubungannya dengan tempat tinggalnya. Contohnya yaitu bagaimana seekor unta dapat bertahan hidup pada tempat yang bersuhu tinggi sedangkan penguin bertahan hidup di tempat bersuhu dingin.


4. Memecahkan Masalah Pertanian

Ekologi juga dapat membantu manusia dalam hal memecahkan masalah pertanian yang dihadapi oleh manusia. Misalnya, untuk dapat menjaga kesuburan tanah dibutuhkan beberapa mikroba yang dapat menghasilkan nitrat dan ammonium.


5. Memetakan Konsumsi Pangan

Dengan adanya ekologi tersebut maka manusia dapat mengetahui struktur dan skala pangan setiap mahluk hidup. Misalnya yaitu tumbuhan sebagai produsen, hewan herbivora sebagai konsumen tingkat 1, hewan karnivora sebagai konsumen tingkat 2, manusia sebagai konsumen tingkat 3, hewan pengurai, dan hasil pengurai tersebut dikonsumsi oleh produsen sebagai sumber energi.


6. Memecahkan Masalah Energi

Ekologi ini juga dapat membantu manusia dalam memastikan ketersediaan energi untuk menunjang kehidupannya. Misalnya saja penggunaan energi alternatif dari tenaga surya untuk menghasilkan energi listrik.

7. Memecahkan Masalah Kesehatan

Ekologi juga dapat membantu manusia dalam memecahkan suatu masalah kesehatan yang dihadapi. Misalnya, untuk mengetahui bahwa nyamuk Aedes Aegypti adalah penyebab demam berdarah yang dapat diatasi dengan penanganan tertentu, seperti menguras atau membuat genangan air bersih tempat nyamuk bertelur.

Baca Lainnya :  Gaya Renang Bebas adalah

Jenis-Jenis Ekologi

Adapun jenis-jenis ekologi diantaranya sebagai berikut:

1. Ekologi Manusia

Ekologi manusia ialah cabang ekologi yang mempelajari tentang keadaan lingkungan hidup manusia.


2. Ekologi Tumbuhan

Ekologi tumbuhan ialah cabang ekologi yang mempelajari terkait tumbuhan sebagai organisme dengan mengabaikan manusia serta hewan.


3. EKologi Hewan

Ekologi hewan ialah cabang ekologi yang mempelajari terkait hewan sebagai organisme, dan mengabaikan manusia serta tumbuhan.


4. Ekologi Habitat

Ekologi Habitat ialah ekologi yang fokus mempelajari dan membahas tentang sifat dari suatu habitat.


5. Ekologi Populasi

Ekologi Populasi ialah ekologi yang fokus mempelajari tentang hubungan antara kelompok organisme, jumlah individu, dan faktor penentu besar populasi dan penyebarannya.


6. Ekologi Sosial

Ekologi Sosial ialah ekologi yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan lingkungan alam dan teknologi.


7. Ekologi Bahasa

Ekologi Bahasa ialah ekologi yang mempelajari dan menyelidiki tentang hubungan antara bahasa dan lingkungan manusia.


8. Ekologi Antariksa

Ekologi Antariksa ialah ekologi yang mempelajari tentang ekosistem yang dapat menopang kehidupan manusia selama penerbangan antariksa.


Ruang Lingkup Ekologi

Berikut adalah ruang lingkup ekologi antara lain yaitu:

  • Individu

Individu adalah satuan organisme dari setiap jenis atau spesies tertentu. Semisal seorang manusia, seekor burung, seekor gajah, seekor harimau, seekor ikan, seekor katak dan lain sebagainya.

  • Populasi

Populasi ialah suatu kelompok individu sejenis yang ada di suatu tempat serta waktu tertentu. Semisal populasi manusia, populasi burung, populasi pohon jati, populasi rumput dan masih banyak lainnya.

  • Komunitas

Komunitas ialah suatu kelompok makhluk hidup yang terdiri dari beberapa populasi kemudian salin berinteraksi satu sama lain pada suatu tempat serta waktu tertentu. Misalnya komunitas padang rumput yang di dalamnya ada populasi belalang, populasi rumput, populasi rumput, populasi ular dan lain sebagainya.

  • Biosfer

Biosfer ialah tingkatan organisasi biologi yang paling besar, dimana di dalamnya ada semua kehidupan yang terdapat di bumi, serta adanya interaksi antara lingkungan fisik secara keseluruhan

  • Ekosistem

Ekosistem ialah suatu kondisi dimana ada hubungan timbal balik serta saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Semisal ekosistem air laut, ekosistem hutan, dan lain sebagainya.

Baca Lainnya :  √Bunyi: Pengertian, Jenis, Sifat, dan Rumus Cepat Rambat Bunyi

Contoh Ekologi

  • Masalah pencemaran, rusaknya daerah-daerah alami, hutan, pantai, meningkatnya perkembangan penduduk, yang berdampak pada masalah pangan, penggunaan energi, kenaikan suhu akibat efek gas rumah kaca, menipisnya lapisan ozon dan lain sebagainya.
  • Para petani zaman dulu dalam waktu setahun hanya mampu bercocok tanam hanya sekali, karena kebutuhan pengairan hanya mengandalkan dari musim hujan (tadah hujan), sementara jumlah penduduk semakin bertambah, kebutuhan terhadap pangan juga bertambah, maka manusia berupaya bagaimana agar kebutuhan irigasi untuk pengairan pertanian bisa sepanjang musim dan tahun, maka dibuatlah bendungan.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Ekologi: Pengertian, Prinsip, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya