Biografi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Biografi?Mungkin anda pernah mendengar kata Biografi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, tujuan, unsur, macam, struktur, contoh . Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Biografi

Pengertian Biografi

Biografi merupakan suatu kisah dalam riwayat hidup seseorang tokoh yang ditulis oleh orang lain dan menjelaskan kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Biasanya biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Sebuah biografi lebih kompleks dari pada sekedar daftar tanggal lahir, Pencapaian, dan data-data pekerjaan seseorang .Artinya biodata atau informasi secara terperinci yang diberikan untuk memberikan informasi kepada orang lain adalah


Ciri-Ciri Biografi

Berikut adalah ciri-ciri dari biografi antara lain yakni:

  • Teks biografi berisi pengalaman hidup seseorang
  • Teks biografi harus memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi
  • Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan
  • Teks biografi memiliki struktur yang jelas yang terdiri atas Orientasi, Peristiwa, dan Reorientasi
  • Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual) dalam bentuk narasi

Tujuan menulis biografi

Berikut adalah tujuan penulisan biografi antara lain sebagai berikut:

  1. Supaya pembaca dan penulis dapat menghetahui riwayat hidup, perjalanan hidup seorang tokoh yang ia baca.
  2. Supaya pembaca serta penulis dapat meneladani dan mengambil pelajaran dari seorang tokoh yang ia baca untuk dipakai dalam kehidupan sehari-harinya,
  3. Supaya dapat memberikan sesuatu yang berharga pada diri penulis dan pembaca setelah membacanya
  4.  Supaya Penulis dan pembaca dapat meniru cara bagaimana tokoh tersebut sukses.

hal yang harus di cermati dalam teks biografi, yaitu :

  1. Judul biografi
  2. Hal yang menarik serta mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
  3. Hal yang mengagumkan serta mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
  4. Hal yang dapat di contoh atau diteladani dari kehidupan tokoh.

Unsur Biografi

  • Identitas tokoh, meliputi nama, tempat & tanggal lahir, profesi/pekerjaan, dan riwayat pendidikan. Jika perlu sertakan informasi sekitar keluarga tokoh
  • Pengalaman hidup tokoh, misalnya aktivitas keorganisasian sang tokoh
  • Pandangan hidup tokoh, misalnya pendapat/ opini sang tokoh atas suatu masalah
  • Kebiasaan positif tokoh yang pantas diteladani dan telah membuatnya sukses

Macam-Macam Biografi

Adapun beberapa macam-macam biografi antara lain sebagai berikut:


1. Biografi Menurut Sisi Penulisnya

Dibagi menjadi dua, yaitu autobiografi dan biografi yang ditulis oleh orang lain. Autobiografi adalah biografi yang ditulis oleh orang atau orang yang bersangkutan. Sedangkan biografi adalah biografi yang ditulis oleh orang lain dengan izin dari tokoh yang akan diceritakan.


2. Biografi Menurut Isinya

Menurut isinya, biografi dibagi menjadi dua yaitu:

Baca Lainnya :  Flowchart : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Simbol Flowchart

Biografi perjalan hidup: Diskusikan perjalanan hidup karakter yang dibuat lengkap atau singkat. Biografi perjalanan karier. Diskusikan perjalanan karier karakter dari awal hingga mencapai kesuksesan.


3. Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

  1. Biografi politik, penulisan cerita hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Biografi semacam ini mendapatkan bahan dari kumpulan berbagai riset. Akan tetapi, biografi politik biasanya tidak lepas atau sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang minta untuk ditulis.
  2. Biografi intelektual, biografi ini hampir sama dengan biografi politik, persamaannya yaitu kumpulan bahannya yang didapatkan dari berbagai riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.
  3. Berdasarkan jurnalistik, sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.

4. Berdasarkan Penerbit

  • Buku sendiri, sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Penulisan biografi ini bertujuan untuk laku dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.
  • Buku subsidi, penulisan biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. Biasanya biografi seperti jika dilihat dari segi komersil tidak akan laku ataupun jika laku harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

Struktur Teks Biografi

Berikut adalah struktur teks biografi antara lain sebagai berikut:


1. Orientasi

Tahap ini merupakan bagian di mana menjelaskan pengenalan karakter, berisi deskripsi awal dari karakter yang diceritakan dalam biografi. bagian pengenalan suatu tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh tersebut di dalam teks biografi.


2. Peristiwa dan Masalah

Tahap ini adalah bagian kejadian atau peristiwa yang dialami oleh tokoh. Berisi penjelasan suatu cerita baik itu berupa pemecahan masalah, proses berkarir, peristiwa menyenangkan, menegangkan, menyedihkan hingga mengesankan yang pernah dialami oleh tokoh hingga mengantarkannya meraih mimpi, cita-cita dan kesuksesan. Hal-hal menarik, menakjubkan, mengesankan, dan menyentuh yang pernah dialami karakter juga dijelaskan di bagian ini.


3. Reorientasi

Tahap ini adalah bagian penutup. Berisi mengenai pandangan penulis kepada tokoh yang dikisahkan. Reorentasi ini bersifat opsional semata, jadi boleh ada maupun tidak ada.


Cara Membuat Biografi

Berikut ini adalah struktur dalam membuat biografi antara lain yakni:


1. Latar belakang keluarga

Di sini bercerita tentang keluarganya dalam bentuk kedua orang tua, tempat dan tanggal lahir, apa anak itu, dan memberitahu saudaranya.


2. Latar belakang pendidikan

Berisi pendidikan yang telah dicapai hingga sekarang beserta tahun dan nama sekolah. Dan itu dimulai dengan paragraf baru


3. Latar Belakang Prestasi

Berisi semua prestasi yang telah diperoleh sejak kecil hingga sekarang.


4. Latar Belakang Pekerjaan

Jika Anda sudah bekerja maka daftarkan itu tetapi jika Anda masih seorang siswa, poin-poin ini dapat dihapus. Tetapi jika itu berhasil, maka jelaskan pekerjaan itu.


Contoh Biografi


1. Biografi Mario Teguh

Nama aslinya adalah Sis Maryono Teguh, namun saat tampil di depan publik, ia menggunakan nama Mario Teguh. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang. Mario Teguh sempat bekerja di Citibank, kemudian mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp. menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan Senior Consultan. Beliau juga membentuk komunnitas Mario Teguh Super Club (MTSC). Pak Mario lahir di Makassar, 5 Maret 1956.

Baca Lainnya :  Reformasi: Pengertian, Latar Belakang, Syarat, Tujuan dan Faktornya

Tahun 2010 kembali meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Motivator dengan Facebook Fans terbesar di dunia.

Di awal tahun 2010, Beliau terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika surat kabar yang terbit di Jakarta.

Sebelumnya Beliau membawakan acara bertajuk Business Art di O’Channel. Kemudian namanya semakin dikenal luas oleh masyarakat ketika ia membawakan acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Pada saat ini Mario Teguh dikenal sebagai salah satu motivator termahal di Indonesia.

Di tahun 2003 mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia.

Video Super Mario Teguh Golden Ways


Pendidikan Mario Teguh

  1. Jurusan Arsitektur New Trier West High (setingkat SMA) di Chicago, Amerika Serikat, 1975.
  2. Jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang (S-1).
  3. Jurusan International Business, Sophia University, Tokyo, Jepang.
  4. Jurusan Operations Systems, Indiana University, Amerika Serikat, 1983 (MBA).

Pengalaman Mario Teguh

  1. Citibank Indonesia (1983 – 1986) as Head of Sales
  2. BSB Bank (1986 – 1989) as Manager Business Development
  3. Aspac Bank (1990 – 1994) as Vice President Marketing & Organization Development
  4. Exnal Corp Jakarta (1994 – present) as CEO, Senior Consultant
  5. Spesialisasi : Business Effectiveness Consultant

Buku Karangan Mario Teguh

  1. Becoming a Star (2006)
  2. One Million Second Chances (2006)
  3. Life Changer (2009)
  4. Leadership Golden Ways (2009)

Penghargaan yang Diterima Mario Teguh

Dari semua usaha dan perjalanan karier Mario Teguh tentu saja ia mendapatkan pengakuan dari banyak kalangan. Berbagai penghargaan selama ia meniti karier telah ia terima. Pada tahun 2010, Mario Teguh mendapatkan kehormatan untuk menerima penghargaan “Satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 Versi Republika”, kemudian di tahun yang sama juga menerima penghargaan dari “Museum Rekor Indonesia sebagai Motivator Dengan Halaman Penggemar Facebook Terbesar di Indonesia”.

Tahun 2013, penghargaan “Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Penyelenggara Seminar berhadiah Mobil Pertama di Indonesia” ia terima.

Dengan berbagai penghargaan yang ia terima, tak membuatnya berhenti untuk terus berkarya. Pada tahun 2006, ia mengeluarkan buku berjudul Becoming a Star. Di tahun yang sama ia kembali meluncurkan buku dengan judul One Million Second Change. Berselang tiga tahun, Mario Teguh merilis buku berjudul Life Charger dan Leadership Golden Ways.

  • Meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Motivator dengan Facebook Fans terbesar di dunia.
  • Terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika surat kabar yang terbit di Jakarta.

Sebelumnya Mario Teguh membawakan acara bertajuk Business Art di O’Channel. Kemudian namanya semakin dikenal luas oleh masyarakat ketika ia membawakan acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Dan pada saat ini Mario Teguh dikenal sebagai salah satu motivator termahal di Indonesia.


Tips Mario Teguh

Semua keberhasilan dan kegagalan seseorang itu berasal dari masing masing orang tersebut, memulai suatu usaha apapun harus dimulai dari sikap dan cara berpikir kita dalam menanggapi berbagai situasi yang akan ditemui dalam mengarungi kerasnya kehidupan ini. Semua kita ini adalah orang orang yang memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal bagaimana kita mengoptimalkan potensi kelebihan kita dan meminimalkan kekurangan kita, karna keseimbangan ke semua unsur kita adalah kinci sukses yang akan kita raih. Kita bukan harus berhasil, bukan harus sukses, tapi kita harus mencoba untuk sukses tampa kenal lelah dan kata menyerah, kegagalan adalah jenjang untuk sebuah kesuksesan bukan harus ditangisi dan disesali.

Baca Lainnya :  √Trombosit adalah

Kumpulan Kata Bijak Mario Teguh

  1. Budi Pekerti adalah tindakan baik yang didasari oleh tujuan yang baik. Tujuan kemanusiaan dari budi pekerti adalah agar anda berguna bagi sesama.
  2. Orang lain adalah cermin. Ada dua jenis : cermin baik dan buruk. Cermin buruk, sebaik apapun diri kita, akan tetap memantulkan gambar diri yang bengkok. Itulah mengapa anda perlu bergaul dengan lingkungan yang baik
  3. Jika anda menasehatkan sesuatu yang belum pernah anda lakukan, cepat atau lambat anda akan diuji dengan apa yang anda nasehati. Nasehatkan tentang kesabaran, maka kesabaran anda akan diuji.
  4. Orang yang menghindari kesalahan, tidak akan tumbuh.
  5. Nikmatilah setiap proses kehidupan.
  6. Bila kita mencari uang, kita akan dipaksa mengupayakan pelayanan yang terbaik. Tetapi jika kita mengutamakan pelayanan yang baik, maka kitalah yang akan dicari uang.
  7. Kebesaran orang bukan ditentukan oleh besar kecil tubuhnya, melainkan besar kecil hatinya.
  8. Tidak mungkin ada dua benda dalam satu ruang. Pilih apa yang hendak anda masukkan ke hati anda : kebaikan atau kejahatan?
  9. Hadiah pertama bagi orang yang melakukan kebaikan adalah kebaikan.
  10. Penampilan terbaik dari seseorang adalah penampilan yang mewakili hati yang baik.

Diterpa Isu Kontroversi

Selain perjalanan hidup, biografi Mario Teguh juga tak lepas dari berita kontroversinya yang sempat menghebohkan masyarakat Indonesia.

Dikenal banyak orang dan sukses menjadi public figure, sebuah berita kontroversi sempat diterima Mario Teguh. Pada tanggal 7 September 2016, seorang pria berusia 30 tahun bernama Ario Kiswinar secara terang-terangan tampil di awak media mengaku sebagai anak dari Mario Teguh yang tak diakui.

Ario Kiswinar menunjukkan bukti-bukti bahwa ia benar anak dari sang motivator dengan menunjukkan bukti akta lahir, kartu keluarga dan salinan buku nikah orang tuanya. Dalam akta lahir tersebut bertuliskan bahwa Ario Kiswinar lahir pada tanggal 29 April 1986 dari ayah Sis Maryono Teguh dan ibu Aryani Soenarto.

Dengan terus bergulirnya berita tersebut, Mario Teguh mengajak Ario untuk melakukan tes DNA. Setelah hasil tes DNA tersebut keluar dan membuktikan bahwa Ario Kiswinar adalah anak biologis dari Mario Teguh. Hasil tes tersebut disampaikan oleh kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Awi Setiyono pada 25 November 2016.

Perjalanan hidup dan biografi Mario Teguh tersebut menunjukkan bahwa orang yang sukses haruslah berusaha. Seperti yang pernah dikatakan Mario Teguh,

“Semua keberhasilan dan kegagalan seseorang itu berasal dari masing masing orang tersebut, memulai suatu usaha apapun harus dimulai dari sikap dan cara berpikir kita dalam menanggapi berbagai situasi yang akan ditemui dalam mengarungi kerasnya kehidupan ini. Semua kita ini adalah orang orang yang memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal bagaimana kita mengoptimalkan potensi kelebihan kita dan meminimalkan kekurangan kita, karna keseimbangan ke semua unsur kita adalah kinci sukses yang akan kita raih.”


Demikian Penjelasan Materi Tentang Biografi: Pengertian, Ciri, Tujuan, Unsur, Macam, Struktur dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya