Pengertian Akuntabilitasi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Akuntabilitasi Menurut Para Ahli? Mungkin anda pernah mendengar kata Akuntabilitasi Menurut Para Ahli? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian menurut para ahli. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Akuntabilitas

Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli


1. Menurut Syahrudin Rasul

Akuntabilitas adalah kemampuan untuk memberikan jawaban otoritas yang lebih tinggi tentang tindakan seseorang atau sekelompok orang terhadap komunitas yang lebih luas dalam suatu organisasi.


2. Menurut UNDP

Akuntabilitas adalah penilaian terhadap proses pelaksanaan kegiatan / kinerja organisasi untuk memenuhi akuntabilitas, dan sebagai umpan balik untuk memungkinkan para pemimpin organisasi untuk lebih meningkatkan kinerja organisasi mereka di masa depan.


3. Menurut Turner and Humle

Akuntabilitas diperlukan agar lembaga publik lebih fokus pada akuntabilitas horisontal (komunitas) dan juga akuntabilitas vertikal (otoritas lebih tinggi).


4. Menurut LAN

Akuntabilitas adalah kewajiban untuk menjelaskan kepada orang yang memiliki hak atau wewenang untuk memberikan atau meminta informasi atau pertanggungjawaban dalam menanggapi pencapaian dan tindakan para pemimpin individu, badan hukum atau kelompok organisasi.

Baca Lainnya :  Pengertian E-Banking


5. Menurut Shirajudin Saleh dan Aslam Iqbal

Akuntabilitas, sikap dan kepribadian kehidupan manusia, termasuk akuntabilitas internal dan eksternal seseorang.

Bagian dalam akuntabilitas seseorang adalah tanggung jawab mereka kepada Tuhan.

Akuntabilitas eksternal seseorang adalah akuntabilitasnya terhadap lingkungannya, baik terhadap lingkungan formal (superordinat) maupun komunitas.


6. Menurut Mardiasmo

Akuntabilitas adalah bentuk kewajiban untuk menjelaskan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan sebelumnya melalui media akuntabilitas yang dilakukan secara teratur.


7. Menurut Mahmudi

Akuntabilitas adalah kewajiban agen (pemerintah) untuk mengelola dan melaporkan sumber daya (sumber daya) dan mengungkapkan semua kegiatan dan kegiatan yang terkait dengan penggunaan sumber daya publik untuk delegasi (kepala sekolah).


8. Menurut Wikipedia

Akuntabilitas adalah konsep etis yang dekat dengan administrasi pemerintah (lembaga penegakan pemerintah, parlemen parlementer, keadilan).


9. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Akuntabilitas adalah masalah tanggung jawab. Situasinya bertanggung jawab.


10. Menurut Teguh Arifiyadi

Akuntabilitas adalah kewajiban individu atau otoritas yang dipercayakan mengelola sumber daya publik, dan pihak yang berkepentingan dapat menjawab masalah akuntabilitas mereka.


11. Menurut Afan Gaffar

Akuntabilitas, yaitu, menjelaskan kebijakan yang diperlukan, semua eksekutif yang dipilih oleh mereka yang perlu diadopsi dapat menjelaskan kata atau kata-kata yang dikeluarkan, dan menjelaskan perilaku mereka dalam kehidupan yang tidak seperti sebelumnya. Anda akan sanggup untuk.


12. Menurut Sedarmayanti

Akuntabilitas adalah manifestasi dari kewajiban untuk memperhitungkan keberhasilan atau kegagalan misi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan melalui media akuntabilitas yang diadakan secara teratur.


13. Menurut Simbolon

Akuntabilitas adalah kewajiban untuk menyampaikan pertanggungjawaban atau untuk menjelaskan kepada individu dengan hak atau wewenang untuk meminta informasi atau pertanggungjawaban dalam menanggapi kinerja dan tindakan pemimpin / organisasi individu / perusahaan atau kolektif. adalah.

Baca Lainnya :  Pengertian Sistem Menurut Para Ahli


14. Menurut Lembaga Administrasi Negara

Akuntabilitas mencakup kewajiban untuk menyajikan dan melaporkan semua tindakan dan kegiatan kepada manajemen senior atau penyelia, terutama di bidang manajemen keuangan.


15. Menurut Ledvina V. Carino

Akuntabilitas adalah evolusi dari kegiatan yang dilakukan oleh petugas polisi terlepas dari apakah petugas tersebut masih dalam wewenangnya atau di luar tanggung jawab.


16. Menurut J.B Ghartey

Apakah akuntabilitas akuntabilitas ditujukan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang terkait dengan layanan mana? WHO? Kepada siapa? Yang mana? Dan bagaimana?


17. Menurut Ghartey dan Crisis

Akuntabilitas yang dapat ditunjukkan untuk mencari jawaban atas pertanyaan tentang layanan mana, siapa, siapa, siapa milik siapa.


18. Menurut Salim

Akuntabilitas berasal dari istilah bahasa Inggris yaitu akuntabilitas. Ini berarti tanggung jawab atau situasi atau akuntabilitas yang harus dimintai pertanggungjawaban.


19. Menurut Suherman

Akuntabilitas adalah fungsi dari semua komponen yang mendorong jalannya kegiatan perusahaan, tergantung pada fungsi dan wewenang pekerjaannya.


20. Menurut Ausaid

Suatu cara untuk menunjukkan bahwa prinsip-prinsip tanggung jawab, pemerintahan sebelum hukum, hukum, keterbukaan, transparansi, keberpihakan dan kesetaraan ditegakkan.


Demikian Penjelasan Materi Tentang 20 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari