√Ketahanan Nasional: Pengertian, Ciri, Asas, Fungsi, Sifat dan Tujuan

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Ketahanan Nasional? Mungkin anda pernah mendengar kata Ketahanan Nasional? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, asas, fungsi, sifat dan tujuan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Ketahanan Nasional: Pengertian, Ciri, Asas, Fungsi, Sifat dan Tujuan

Pengertian Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional ialah keadaan hidup suatu bangsa yang melingkupi semua kehidupan nasional yang terpadu, mengandung ketekunan dan ketahanan yang menyimpan keterampilan memajukan ketahanan nasional, dalam melawan dan menyelesaikan seluruh intikad, intimidasi, halangan dan rintangan, baik yang datang dari dalam dan luar, untuk melindungi identitas dan kesinambungan hidup bangsa dan Negara dan perjuangan menggapai tujuan nasional.

Di Indonesia, ketahanan nasional dilihat lebih memadai dengan semangat sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang berabad-abad sukses melindungi kesinambungan hidupnya menjadi sebuah bangsa. Yang dimaksud dengan semangat perjuanagna bangsa Indonesia ialah semangat perjuangan bangsa indonesia dari masa penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, PKI, orde lama, orde baru dan seterusnya.

Ciri Ciri Ketahanan Nasional

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri ketahanan nasional, yakni sebagai berikut:

  • Landasan pada prosedur astagrata, beberapa faktor kehidupan nasional terlihat dalam penataan astagarata yang terdiri atas 3 faktor alami yakni geografi, kekayaan alam, dan masyarakat dan 5 faktor kemasyarakatan yakni filsafat, ketatanegaraan, ekonomi, masyarakat budaya, dan pertahanan keamanan.
  • berpegang pada pemahaman nasional
  • Ialah peraturan hakiki bagi negara berkembang
  • Dipokokkan untuk melindungi kesinambungan hidup dan menumbuhkan kehidupan
  • Untuk melawan dan menanggulangi provokasi, intimidasi, rintangan dan halangan baik dari luar maupun dalam
  • Sebagai melindungi yang ditujukan secara terang-terangan untuk menjaga kedamaian dan ketenteraman
Baca Lainnya :  √Gerak Parabola: Pengertian, Ciri, Jenis, Rumus dan Contohnya

Asas Ketahanan Nasional

Berikut ini terdapat beberapa asas ketahanan nasional, yakni sebagai berikut:

  • Asas Kedamaian dan Ketenteraman

Asas kesejahteraan dan keamanan ialah kepentingan undang-undang dan wajib dipenuhi bagi setiap perorangan maupun kelompok yang merupakan standar positif maupun negatif ketahanan nasional.

  • Asas Komprehensif Integral

Ketahanan nasional melingkupi semua faktor kehidupan yang berhubungan dengan tatanan persatuan dan kombinasi secara harmonis, sepadan dan terpadu.

  • Asas Mawas ke dalam dan Mawas Keluar

Mawas ke dalam bermaksud untuk mengembangkan karakter dan tingkah laku kehidupan nasional menurut nilai otonomi dan menumbuhkan status otonomi bangsa. Sementara mawas keluar ialah dalam bentuk memperkirakan, melawan dan menanggulangi efek lingkungan vital luar negeri.

  • Asas kekeluargaan

Asas kekeluargaan berjiwa perilaku hidup yang diliputi keseimbangan, solidaritas, keselarasan, bantu-membantu, toleransi dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Asas kekeluargaan membenarkan adanya pertentangan dan terlindung dari konflik yang memecah belah.

Fungsi Ketahanan Nasional

Berikut ini terdapat beberapa fungsi ketahanan nasional, yakni sebagai berikut:

  • Menjadi akidah dasar nasional untuk mengamankan kejadian norma pikir, norma sikap, norma tindak dan norma kerja dalam mengelompokkan tahap bangsa baik yang berupa inter kedaerahan, inter area maupun multi ketertiban.
  • Menjadi norma dasar pengembangan nasional, yang pada pokok ketahanan nasional ini ialah pedoman dan panduan pembangunan nasional di seluruh bagian dan bidang pembangunan secara teratur yang dilakukan sebanding dengan konsep program.
  • Menjadi pola pembaharuan kehidupan nasional ialah suatu pola yang komplet yang meliputi semua faktor dalam kehidupan negara yang disebut dengan astagatra yang terdiri atas faktor alami contohnya kekayaan alam, bermasyarakat dan geografi serta faktor masyarakat budaya misalnya filsafat, ketatanegaraan, masyarakat budaya dan pertahanan serta keamanan.
Baca Lainnya :  √Kerajaan Kediri: Sejarah, Raja, Peninggalan dan Masa Kejayaan

Sifat Ketahanan Nasional

Berikut ini terdapat beberapa sifat ketahanan nasional, yakni sebagai berikut:

  • Mandiri, bermaksud berkeyakinan pada ketangguhan dan ketahanan sendiri serta tidak mungkin angkat tangan.
  • Dinamis, bermaksud tidak konsisten, fluktuatif, bersandar, status dan keadaan bangsa dan negera serta lingkungan taktis.
  • Wibawa, bermaksud bertambah tinggi kualitas ketahanan nasional, kemudian akan bertambah tinggi wibawa negara dan instansi menjadi pelaksana kehidupan nasional.
  • Konsultasi dan Kerja Sama, bermaksud terdapat bentuk saling menghormati dengan menggantungkan kemampuan budi pekerti dan perilaku bangsa.

Tujuan Ketahanan Nasional

Terdapat tujuan ketahanan nasional Indonesia dalam Undang-Undang Dasar 1945 paragraf ke-4 pembukaan yakni menjaga sepenuh bangsa dan semua tumpah darah Indonesia dan untuk mengembangkan ketenteraman umum, berpendidikan kehidupan bangsa dan serta mengerjakan disiplin dunia yang berdasarkan kemerdekaan dan pemufakatan dan keadilan sosial.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Ketahanan Nasional: Pengertian, Ciri, Asas, Fungsi, Sifat dan Tujuan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi