Paragraf Eksposisi

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Paragraf Eksposisi? Mungkin anda pernah mendengar kata Paragraf Eksposisi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, macam, perbedaan, langkah dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Paragraf Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri, Macam Serta Contohnya Lengkap

Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi ialah paragraf yang mempunyai tujuan untuk menyampaikan informasi tentang sesuatu sehingga dapat memperbanyak pengetahuan pembaca. Paragraf eksposisi tersebut berbentuk ilmiah ataupun non fiksi. Sumber paragraf eksposisi dapat diterima dari hasil observasi, pengkajian atau keahlian.


Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri dari paragraf eksposisi, yakni sebagai berikut:

  1. Menyampaikan sebuah informasi kepada pembacanya.
  2. Informasi yang terdapat di dalam paragraf eksposisi diberikan dengan sederhana dan memakai bahasa yang baku.
  3. Paragraf tidak memojokkan kelompok. Dengan kata lain, paragraf tersebut berbentuk netral.

Macam-Macam Eksposisi

Berikut ini terdapat beberapa macam-macam dari paragraf eksposisi, yakni sebagai berikut:

  • Paragraf Eksposisi Pengertian

Paragraf eksposisi pengertian ialah paragraf eksposisi yang memberikan informasi berbentuk pengertian dari suatu kondisi.

Berikut contoh dari paragraf eksposisi pengertian, sebagai berikut:

Hewan karnivora ialah jenis hewan pemangsa daging. Hewan karnivora mempunyai ciri-ciri gigi yang sangat tajam dan rahang yang sangat kokoh. Gigi dan rahang tersebut dipakai untuk mencabik-cabik daging mangsanya. Contoh hewan karnivora ialah harimau, singa, buaya, beruang dan lain-lainnya.

Baca Lainnya :  Hormon Tumbuhan

  • Paragraf Eksposisi Proses

Paragraf ekposisi tersebut memberikan sebuah informasi berbentuk proses dari suatu kondisi.

Berikut contoh paragraf eksposisi proses, sebagai berikut:

Air di dunia ini mempunyai jumlah yang konsistem. Mereka mendapati sebuah proses yang disebut dengan aliran hidrologi. Aliran tersebut dimulai dengan air di permukaan yang spaningkan oleh matahari akan meruap dan berbentuk awan di langit.


  • Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Paragraf ekposisi klasifikasi ialah paragraf eksposisi yang memberikan informasi suau benda ataupun kondisi spesifik.


  • Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Paragraf eksposisi ilustrasi ialah paragraf eksposisi yang memberikan informasi dengan mengsketsakan sebuah kondisi.

Berikut contoh paragraf eksposisi ilustrasi, sebagai berikut:

Menjalani rumah tangga dikategorikan seperti kapten sebuah kapal di tengah lautan. Kapal di tengah lautan sering kala mendapati ombak yang menerjang.


  • Paragraf Eksposisi Perbandingan dan Pertentangan

Paragraf eksposisi tersebut memberikan informasi dengan cara menyamakan ataupun memperselisihkan suatu kondisi.

Berikut contoh paragraf eksposisi perbandingan dan pertentangan, sebagai berikut:

Gandum ialah opsi terbaik pengganti nasi. Di dalam gandum berisi vitamin dan mineral yang sangat tinggi.


  • Paragraf Eksposisi Laporan

Paragraf eksposisi tersebut memberikan berita berbentuk laporan dari suatu perjalanan ataupun pengkajian.

Berikut contoh paragraf eksposisi laporan, sebagai berikut

Pantai bali sangat memikat untuk dikunjungi. Kondisi tersebut benar apabila kami datang ke sana sekitar beberapa minggu yang lalu. Apabila kami turun dari bus, kami telah dihidangkan dengan suatu karya yang sangat mengagumkan yakni pemandangan lautan lepas yang sangat mempesona.


Perbedaan Argumentasi dengan Eksposisi

Berikut ini adalah beberapa perbedaan argumentasi dengan eksposisi yaitu:

Bagian KaranganArgumentasieksposisi
Pembuka atau pendahuluanMenarik perhatian pembaca pada persoalan yang akan dikemukakan.Memperkenalkan kepada pembaca tentang topik yang akan dipaparkan dan tujuan paparan tersebut.
TujuanMeyakinkan pembaca.Memberi informasi atau menjelaskan kepada pembaca agar pembaca memperoleh gambaran yang jelas.
Penggunaan data, contoh, gambar, dsb (Alasan)Untuk membuktikan bahwa apa yang dikemukakan penulis dalam tulisan itu benar.Untuk lebih menjelaskan atau memperjelas isi karangan.
PenutupMenyimpulkan apa yang telah diuraikan pada pembahasan sebelumnya.Menegaskan lagi apa yang  telah diuraikan sebelumnya.
Baca Lainnya :  Abrasi adalah

Langkah-langkah Menulis Paragraf Eksposisi

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah menulis paragraf eksposisi yaitu:

  • Menentukan tema,
  • Menentukan tujuan karangan,
  • Memilih data yang sesuai dengan tema, dan
  • Membuat kerangka karangan, mengembangkan kerangka menjadi karangan.

Dengan mempelajari paragraf eksposisi, kita dapat mengetahui tentang pemaparan atau penjelasan pada suatu kalimat agar cepat mudah dipahami.


Contoh Paragraf Eksposisi

Berikut ini adalah beberapa contoh paragraf eksposisi yaitu:

1. Contoh Paragraf Eksposisi Definisi

Bekam atau hijamah ialah sebuah teknik pengobatan yang dilakukan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh lewat permukaan kulit. menurut pemahaman umum, sebenarnya ia berfungsi untuk membuang darah yang telah rusak atau teroksidasi karena tingginya oksidan dalam tubuh.


2. Contoh Paragraf Eksposisi Proses

Hingga saat ini, bantuan untuk para korban letusan gunung merapi belum merata. Hal ini bisa disaksikan di beberapa wilayah sleman. Misalnya, di Desa P. Sampai saat ini, warga Desa P hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Keadaan seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah belum merata


3. Contoh eksposisi klasifikasi

Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.


4. Contoheksposisi ilustrasi

Berdasarkan data yang diperoleh dari beberapa Stasiun terutama pada Stasiun Lempuyangan Jogjakarta, kepadatan penumpang kereta semakin hari pada arus balik semakin meningkat terutama pada puncak arus balik yaitu pada H+3 lebaran. Menurut kepala Stasiun Lempuyangan Agus Wijayanto, Senin (13/9) H+3 diperkirakan sebagai puncak arus balik Lebaran Stasiun Lempuyangan. Okupansi sejumlah kereta juga telah mencapai 150 persen seperti pada Kereta Api Progo. Kebanyakan tujuan para penumpang adalah beberapa kota besar di Pulau Jawa, seperti Bandung, Surabaya, dan Jakarta. Khusus untuk Kota Bandung, puncak arus balik telah di mulai pada H+2 hingga H+3 hari ini. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai banyaknya penumpang pada H+1 hingga H+3, tercantum Sebastian yang ada pada grafik berikut ini.


5. Contoheksposisi perbandingan & pertentangan

Pascagempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat.

Baca Lainnya :  Gotong Royong

Demikian Penjelasan Materi Tentang Paragraf Eksposisi: Pengertian, Ciri, Macam, Perbedaan, Langkah dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.