Tesis adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Tesis ?Mungkin anda pernah mendengar kata Tesis ? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, karakteristik, jenis, cara penulisan, pedoman, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Tesis

Pengertian Tesis

Tesis merupakan suatu bentuk karya tulis ilmiah yang dijadikan tugas akhir mahasiswa yang dalam bentuk dokumen tertulis dimana dalam pembuatannya menggunakan metode ilmiah yang tujuannya untuk mendapatkan gelar tertentu pada pendidikan di perguruan tinggi. Dalam kaidah penulisanya baku dan sistematis, serta dapat dipertanggung jawabkan kepada dosen pembimbing dan penguji. Semakin baik kualitas sebuah tesis yang dibuat, maka semakin terbukti pula kemampuan orang yang membuatnya dalam menguasai disiplin ilmu yang ditekuninya.


Pengertian Tesis Menurut Para Ahli


Berikut adalah pengertian tesis menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI pengertian tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen dalam karangan; untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada perguruan tinggi.


Pengertin lain dari tesis adalah teori yang dilandasi oleh berbagai macam argumen yang dinyatakan atau ditulis dalam bentuk karangan yang sengajat dibuat untuk dapat menyelesaikan program pendidikan tertentu sehingga penulis patut dan berhak untuk mendapatkan gelar yang sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuninya


2. Wikipedia

Menurut Wikipedia Pengertian tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh arguman yang dikemukakan dalam karya tulis ilmiah; untuk mendapatkan gelar pada perguruan tinggi.


Ciri-Ciri Tesis

Berikut adalah ciri-ciri tesis antara lain yaitu:

  • Pada umunya penyajian karya ilmiah maka strukturnya sangat ketat, seringkali terdiri dari bagian awal atau pendahuluan, bagian inti atau pokok pembahasan dan bagian penutup (berisi kesimpulan)
  • Jenis komponen karya ilmiah beragam, tetapi semua karya ilmiah mempunyai pendahuluan, bagian inti, penutup dan daftar pustaka
  • Sikap seorang penulis dalam sebuah karya ilmiah objektif, yang berarti karya tersebut disampaikan dengan gaya bahasa impersonal, dengan penggunaan bentuk pasif yang banyak, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua
  • Umumnya bahasa yang dipakai adalah bahasa baku
  • Biasanya terdapat tulisan yang bersifat objektif, artinya disampaikan dengan gaya bahasa impersonal.
Baca Lainnya :  E-Book adalah

Karakteristik

Adapun karakteristik dasae tesis antara lain sebagai berikut:

  1. Umumnya pembahasaan dipilih mengikuti program studi dari mahasiswa yang membuatnya. Topik tesis biasanya terkonsentrasi pada salah satu isu utama dari sebuah disiplin ilmu.
  2. Disusun berlandaskan pengujian empiris terhadap suatu teori tertentu.
  3. Dalam penyusunannya, tesis selalu menggunakan data primer sebagai data utama. Adapun data sekunder digunakan sebagai tambahan atau pembanding.
  4. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar.

Jenis-Jenis Tesis

Secara umum tesis dibagi menjadi dua jenis yiatu tesis kuantitatif dan tesis kualitatif berikut adalah penjelasanya:


1. Tesis Kuantitatif

Tesis kuantitatif merupakan jenis tesis yang dibikin atau dibuat untuk mendirikan ataupun membangun berbagai macam pernyataan maupun kerangka hipotetikal. Tesis kuantitatif sering pula disebu Nalar Deduktif Hipotetikal.


2. Tesis Kualitatif

Tesis kualitatif merupakan jenis tesis yang dibikin bukan untuk membangun berbagai macam pernyataan maupun kerangka hipotetikal. Tesis jenis ini ditujukan sebagai penelitian yang bersifat non kuantitatif. Sering disebut dengan Nalar Induktif Non Hipotetikal.


Cara Penulisan Tesis

Berikut adalah cara penulisan tesis yakni:

  1. Menemukan masalah
  2. Mengemukakan fakta adanya masalah
  3. Mengembangkan hipotesis atau menentukan fokus
  4. Mengumpulkan data
  5. Melakukan analisis dan menafsirkan data
  6. Menarik kesimpulan
  7. Melakukan generalisasi bila diperlukan 

Pedoman Penulisan Tesis

Berikut adalah pedoman penulisan tesis antara lain yaitu:


1. Pengenalan/ Bagian Awal

Pengenalan merupakan bahan peraga sehingga diletakkan di bagian awal. Judul merupakan unsur pengenalan terpenting, berfungsi sebagai petunjuk keseluruhan isi dari tesis. Unsur pengenalan yang terpenting adalah :
a. Sampul depan/halaman judul
b. Halaman pengajuan
c. Halaman persetujuan
d. Prakata
e. Pernyataan keorisinalan
f. Abstrak
g. Daftar isi
h. Daftar tabel
i. Daftar gambar
j. Daftar lambang / singkatan 

 


2. Batang Tubuh Tesis

Bagian ini berisi uraian tentang seluk-beluk permasalahan suatu karya ilmiah. Penulisannya dilakukan secara kronologis yaitu, mendahulukan yang awal dan disajikan secara berurutan hingga bagian akhir. Sistematika isi batang tubuh tesis adalah : 

  • Pendahuluan

pendahuluan merupakan Bab I dari tesis yang terdiri atas empat subbab yaitu :
1.      Latar belakang masalah
2.      Perumusan masalah / fokus masalah
3.      Tujuan penelitian
4.      Manfaat hasil penelitian 


  • Tinjauan Pustaka

Dalam bab dua ini memuat uraian teori, temuan ,dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari rujukan yang dijadikan landasan untuk melakukan penelitian.

Kajian teori yang dilakukan mengantar peneliti ke “kerangka pikir” atau kerangka konsep dalam rangka pemecahan masalah. Pada kerangka pikir ini, peneliti memberikan gambaran pola hubungan antar variabel yang digunakan untuk menjelaskan masalah yang diteliti. Agar lebih mudah dipahami, kerangka pikir ini sebaiknya dinyatakan dalam bentuk diagram atau skema.

Baca Lainnya :  Surat Tugas

Selanjutnya, dalam bab 2 ini juga dicantumkan hipotesis penelitian (jika diperlukan).  Uraian dalam tinjauan pustaka menjadi landasan dalam menyusun kerangka pikir untuk merumuskan hipotesis. Hipotesis dirumuskan berdasarkan rumusan masalah. 


  • Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan Bab III dari tesis. Pada bab ini peneliti menguraikan secara jelas dan rinci metode dan proses penilian yang telah dilaksanakan sehingga pembacaa yakin bahwa hasil yang ditemukan benar-benar sahih, akurat, dan mempunyai presisi yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Meskipun tiap disiplin ilmu memiliki metodenya masing-masing, namun terdapat hal-hal teknis yang umumnya dijadikan pedoman oleh para peneliti yaitu :
1.      Jenis dan desain penelitian
2.      Definisi Operasional
3.      Populasi dan sampel penelitian
4.      Teknik pengumpulan data dan instrumentasi penelitian
5.      Teknik analisis data


  • Hasil dan Pembahasan

Pada bagian ini, peneliti memberikan deskripsi dan pembahasan hasil penelitian. Hasil penelitian pada dasarnya menggambarkan “temuan secara apa adanya”, sedangkan pembahasan merupakan analisis dan penafsiran peneliti terhadap “temuan” dengan mengacu pada teori yang relevan dan hasil penelitian yang telah disajikan pada kajian pustaka.

Hasil penelitian dan pembahasan dapat dipisahkan atau digabungkan, bergantung pada keadaan dan kedalaman penggabungan. Kalau penyajian hasil secara terpisah, format akan lebih apik dan pembaca dapat menarik kesimpilan lebih dahulu, kemudian membandingkan dengan kesimpulan dari peneliti.

Penyajian hasil penelitian dapat disertai tabel, grafik, foto atau bentuk lain. Peneliti harus melakukan penafsiran dan pemaknaan terhadap semua dapat hasil penelitian yang diperoleh. Pada bagian ini hipotesis penelitian diuji dan ditafsirkan maknanya secara konseptual. 


  • Kesimpulan dan saran

Kesimpulan merupakan inferensi hasil pengujian hipotesis dan dapat pula merupakan intisari dari suatu uraian deskriptif yang disajikan secara singkat dan jelas. Saran atau rekomendasi yang dikemukakan oleh peneliti sebagai implikasi dari kesimpulan penelitiannya. Saran dapat ditujukan kepada masyarakat ilmiah (ilmuwan), kepada para profesional, kepada para penentu kebijakan, dan dapat pula kepada masyarakat pada umumnya. 

  1. Bagian Akhir
    Bagian akhir dari tesis memuat antara lain : 
     a. Daftar Rujukan/Daftar Pustaka
    Bagian ini berisikan daftar buku, jurnal, majalah, laporan penelitian, dan sumber lain yang dijadikan rujukan dalam pelaksanaan penelitian atau dalam penyusunan tesis. 
     b. Lampiran
    Hal-hal yang ditempatkan pada lampiran meliputi instrumen penelitian, data mentah hasil penelitian, surat izin penelitian, peraturan, rumus-rumus yang digunakan, tabel-tabel pendukung dan proses perhitungan statistik yang berfungsi melengkapi uraian yang telah disajikan pada bagian utama tesis. 
    c. Riwayat Hidup
    Berisi riwayat kehidupan peneliti, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat dan riwayat pendidikan. dapat disertai dengan foto. 
Baca Lainnya :  Juru Bicara

Contoh Judul Tesis


1. Contoh Tesis Biologi

  • PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD DAN MEDIA CETAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP (PENELITIAN PADA SISWA SMPN
  • IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING DAN INQUIRY BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN KEINGINTAHUAN SISWA
  • PEMBELAJARAAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY DAN MODIFIED INQUIRY DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA (STUDI KASUS PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KELAS VII-4
  • PEMBELAJARAAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY DAN MODIFIED INQUIRY DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA (STUDI KASUS PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KELAS VII

2. Contoh Tesis Magister Manajemen

  • FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MANAJEMEN DAN LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN ASUHAN PERSALINAN NORMAL DI PUSKESMAS WILAYAH SUKU DINAS KESEHATAN JAKARTA UTARA TAHUN 2012
  • KONSEP SISTEMISASI MANAJEMEN JARINGAN AIR ANALISIS AWAL DARI PENERAPAN TEKNOLOGI MANAJEMEN KEAMANAN AIR PINTAR UNTUK KOTA PARIS
  • MANAJEMEN ASUHAN KEPERAWATAN SPESIALIS JIWA PADA KELUARGA DENGAN KOPING INEFEKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI ROY DI RUANG ARIMBI RUMAH SAKIT DR. H. MARZOEKI MAHDI BOGOR
  • MANAJEMEN EKOSISTEM DANAU STUDI KASUS DANAU TEMPE DI KABUPATEN  PAGELARAN PRINGSEWU LAMPUNG
  • SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA BANGUNAN BERTINGKAT TINGGI

3. Contoh Tesis Pendidikan Ekonomi

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG
  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF-REGULATED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII SMP
  • PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN LESSON STUDY DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI

Demikian Penjelasan Materi Tentang Tesis: Pengertian, Ciri, Karakteristik, Jenis, Cara Penulisan, Pedoman, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya