Gaya Hidup

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Gaya Hidup? Mungkin anda pernah mendengar kata Gaya Hidup? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, macam, parameter serta faktornya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Gaya Hidup: Pengertian, Macam, Parameter Serta Faktornya

Pengertian Gaya Hidup

Gaya Hidup ialah bagian dari keperluan sekunder manusia yang bisa berganti bergantung zaman ataupun kebutuhan tiap individu untuk mengganti gaya hidupnya. Gaya hidup dapat ditampak dari cara berpakaian, kerutinan dan lain-lainnya. Selain itu, gaya hidup dapat diskalakan relatif tergantung pengukuran orang lain.


Pengertian Gaya Hidup Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai gaya hidup, yakni sebagai berikut:

  • Menurut KBBI

Menurut pendapat dari KBBI, gaya hidup ialah bentuk perilaku sehari-hari sekelompok manusia dalam masyarakat.

  • Menurut Plummer

Menurut pendapat dari Plummer, gaya hidup ialah cara hidup seseorang yang dipengenalkan oleh bagaimana orang menyelesaikan aktivitas, apa yang mereka ibrat penting dalam hidupnya dan apa yang mereka pikirkan mengenai dunia sekelilingnya.

  • Menurut Kotler dan Keller

Menurut pendapat dari Kotler dan Keller, gaya hidup ialah bentuk hidup tiap individu di dunia yang diungkapkan dalam kegiatan, hasrat dan penilaian.

  • Menurut Sumarwan

Menurut pendapat dari Sumarwan, gaya hidup sering divisualkan dengan kegiatan, hasrat dan penilaian dari tiap individu.

  • Menurut Weber

Menurut pendapat dari Weber, gaya hidup ialah gairah belenggu golongan dalam pelaku kolektif atau golongan status, berlomba yang dikenal dengan keahlian untuk dominasi sumber budaya.

Baca Lainnya :  Menyontek: Pengertian, Faktor, Indikator, Bentuk dan Cara Menanggulangi

Macam-Macam Gaya Hidup

Berikut ini terdapat beberapa macam-macam gaya hidup, yakni sebagai berikut:

  • Funcionalists

macam gaya hidup ini menyelesaikan uang untuk keadaan-keadaan yang penting.

  • Nurturers

Macam gaya hidup ini banyak dijalankan oleh masa remaja dan penghasilan rendah.

  • Aspirers

Macam gaya hidup ini berpusat pada menghayati gaya hidup tinggi dengan membelanjakan sejumlah uang di atas umumnya untuk barang berstatus, misalnya tempat tinggal, mempunyai ciri Yuppie klasik, pendidikan tinggi, pekerja kantor dan menikah tanpa anak.

  • Experientials

Macam gaya hidup ini membelanjakan jumlah di atas umumnya mengenai barang-barang hiburan, hobi dan kesenangan

  • Succeeders

Orang dengan gaya hidup ini mempunyai rumah tangga yang stabil.

  • Moral majority

Macam gaya hidup ini mempunyai biaya yang besar untuk lembaga pendidikan, masalah politik dan gereja, berada pada fase empty-nest, perolehan tertinggi kedua serta pencari nafkah tunggal.


Parameter Gaya Hidup

Berikut ini terdapat beberapa parameter gaya hidup, yakni sebagai berikut:

  • Aktivitas

Aktivitas ialah apa yang dijalankan pelanggan, apa yang dibeli atau dipakai dan aktivitas apa yang dijalankan untuk mengisi waktu luang.

  • Hasrat

Hasrat ialah objek kejadian dalam fase vitalitas yang mengiringi perhatian utama maupun selanjutnya  padanya.

  • Penilaian

Penilaian ialah wawasan dan penilaian pelanggan dalam mengetahui isu global, lokal oral ekonomi dan sosial.


Faktor yang Memperdampak Gaya Hidup

Berikut ini terdapat beberapa faktor yang memperdampak pada gaya hidup, yakni sebagai berikut:

  1. Perilaku
  2. Keahlian dan observasi
  3. Kepribadian
  4. Konsep diri
  5. Bentuk
  6. Pemahaman
  7. Kelompok referensi
  8. Kelas sosial
  9. Keluarga
  10. Kebudayaan

Contoh Gaya Hidup

1. Gaya hidup Hedonis

Hedonis ini merupakan sebaliknya dari hemat. Dalam hedonis ini, adalah dengan membelanjakan sesuatu secara berlebihan dan hidup mewah. Tentu saja, hidup hedonis ini juga dipandang tidak baik dalam sisi agama. Karena mengahamburkan uang untuk berbelanja atau konsumsi. Apalagi semakin pesatnya teknologi, maka semakin mudah pula masyarakat untuk hidup hedonis. Semua menjadi lebih mudah dan praktis.

Baca Lainnya :  √Iklan: Pengertian, Ciri, Tujuan, Syarat dan Menuru Para Ahli Iklan

2. Gaya hidup Hemat

Hemat pangkal kaya. Tentunya ketika kita berhemat akan semakin banyak tabungan yang disimpan. Melakukan penghematan salah satu hal terpuji dan memang setiap manusia yang boros, sangat tidak dianjurkan oleh agama. Gaya hidup hemat tentu saja akan melatih disiplin dalam hala manajemen pengeluaran.


3. Gaya hidup Modern

Pada zaman sekarang ini semua serba modern dan praktis. Semua yang rumit menjadi lebih mudah dan memuaskan. Misal saja penggunaan handphone untuk berkomunikasi. Dulu sebelum ada handphone, alat komunikasi adalah surat. Pengiriman surat juga membutuhkan waktu yang lama. Dan sekarang sudah ada handphone.

Lebih praktis penggunaannya dan lebih mudah untuk berkomunikasi. Semua yang jauh menjadi lebih dekat. Dengan maraknya teknologi maka disebut sebagai gaya hidup digital atau digital lifestyle yang merupakan penggambaran gaya hidup modern. Teknologi sangat berperan untuk semua bidang. Tujuan adanya teknologi adalah untuk mencapai efisiensi dan produktivitas yang maksimal. Kenyataannya memang teknologi berperan besar dalam kehidupan.


4. Gaya Hidup Sehat

Kesehatan merupakan unsur paling penting yang harus diperhatikan. Kesehatan yang terganggu akan sangat berpengaruh pada aktivitas keseharian. Kesehatan yang terganggu juga akan membuat tingkat fokus menurun. Kesehatan sangat mahal harganya, begitulah pepatah mengatakan. Karena ketika sakit, semua kegiatan akan sulit dan tidak mudah seperti biasanya.  Perilaku hidup sehat harus ditanamkan sejak dini, agar terhindar dari penyakit.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Gaya Hidup: Pengertian, Macam, Parameter Serta Faktornya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya