√Switch: Pengertian, Fungsi, Jenis Serta Cara Kerjanya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Switch? Mungkin anda pernah mendengar kata Switch? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, fungsi, jenis, serta cara kerjanya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Switch: Pengertian, Fungsi, Jenis Serta Cara Kerjanya

Pengertian Switch

Switch ialah suatu alat jaringan yang menjalankan penghubung yang tidak terlihat banyak jaringan dengan penggantian menurut alamat MAC.

Fungsi Switch

Fungsi Switch ialah sebagai pengelolaan jalur yang diperoleh pada suatu jaringan komputer, switch bertugas untuk menyampaikan suatu kiriman data untuk sampai ke tujuan dengan media yang tepat. Switch tersebut juga bertugas mencari lalu lintas yang paling baik dan optimum serta menentukan transmisi kiriman data yang efektif tujuannya.

Jenis-Jenis Switch

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis switch, yakni sebagai berikut:

  • ATM Switch

ATM Switch ialah bentuk transfer yang dirangkai dalam bentuk organ-organ.

  • ISDN switch

ISDN Switch tersebut umumnya diperoleh pada Service Provider bekerja, misalnya keadaan switch, tetapi mempunyai perbandingan yakni tatap muka yang dipakai berbentuk ISDN card ataupun ISDN router.

  • DSLAM Switch

A Digital Subscriber Line Access Multiplexer menguatkan telepon baris untuk menjalankan koneksi cepat ke Internet.

  • Ethernet Switch

Switch Ethernet ialah LAN kaitan perangkat yang bergerak pada susunan data-link (lapisan 2) dari bentuk referensi OSI, saklar pada umumnya sama dengan jembatan, tetapi umumnya menopang jumlah yang lebih besar dari bagian LAN yang terkait dan mempunyai keahlian manajemen yang lebih kaya.

Cara Kerja Switch

Switch ialah perangkat keras pada sebuah jaringan komputer yang sama dengan HUB, perbandingannya switch tersebut lebih pintar walaupun harganya agak lebih mahal dari harga HUB.

Cara kerja switch ialah dengan cara menerima kiriman data pada suatu port lalu akan melihat MAC yang tujuannya dan juga membentuk sebuah koneksi nalar dengan port yang sudah terkoneksi dengan perangkat tujuan, sehingga selain port yang diarahkan tidak dapat menerima kiriman data yang dikirimkan dan akan menyusutkan berlangsungnya gesekan data yang disebut dengan collision.

Setiap perangkat yang terkoneksi ke port tertentu, MAC addressnya dan akan dicatat di MAC address table yang kemudian akan disimpan pada memori chache switch.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Switch: Pengertian, Fungsi, Jenis Serta Cara Kerjanya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  √Semantik: Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis Serta Unsurnya
Baca Lainnya :  √Gempa Bumi: Pengertian, Jenis, Faktor Serta Dampak Gempa Bumi
Baca Lainnya :  Merchandise adalah