√Psikotropika: Pengertian, Bentuk, Bahaya Serta Dampak Psikotropika

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Psikotropika? Mungkin anda pernah mendengar kata Psikotropika? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, bentuk, bahaya, dampak. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Psikotropika: Pengertian, Bentuk, Bahaya Serta Dampak Psikotropika

Pengertian Psikotropika

Psikotropika ialah suatu zat atau obat, baik natural taupun imitasi bukan narkotika, yang berguna untuk psikoaktif melewati akibat pilih-pilih pada lapisan saraf pusat yang mengakibatkan perkembangan individual pada kegiatan kejiwaan dan sikap.

Psikotropika ini menyebabkan hilangnya kemampuan otak maupun menggairahkan lapisan saraf pusat sehingga menyebabkan abnormal sikap dan juga dengan khayal, bayang-bayang, kejiwaan, kecanduan bahkan mengakibatkan kematian bagi pemakai psikotropika.

Bentuk-Bentuk Psikotropika

Berikut ini terdapat 3 bentuk psikotropika, yakni sebagai berikut:

  • Halusinogen

Halusinogen ialah obat yang dapat menyebabkan bayang-bayang penggunanya yang bisa memandang maupun mendengar objek tertentu yang tidak nyata, misalnya berhalusinasi. Contohnya ialah: Licercik Acid Dhietilamide (LAD), Psylocibine, Micraline serta Mariyuana.

  • Depresan

Depresan ialah obat yang menimbulkan efek seperti aktivitas sistem saraf menurun, ingatan menurun serta mengantuk. Partikel yang tergolong obat depresan ialah alkohol, pil BK, Magadon, Valium, Mandrak, Cannabis serta Barbiturat.

  • Stimulan

Stimulan ialah obat yang menimbulkan menggairahkan kepada saraf yang menyebabkan pengguna lebih percaya diri. Contohnya ialah: kafein, kokain, ganja serta amfetamin.

Bahaya Penggunaan Psikotropika

Efek jumlah aksi penyelewengan psikotropika, jadi fase kejahatan juga semakit meningkat. Pengguna obat-obatan Psikotropika akan menjalani hidup sulit, hancur dan akan menjalani gangguan kejiwaan yang menyebabkan masa depannya menjadi kelam. Lingkungan sekitarnya juga tidak mau memperbolehkan pengguna untuk berdampingan di dalam lingkungan itu sendiri. Hal tersebut terjadi karena masyarakat takut membuat para warga nya ikut menggunakan barang haram tersebut di lingkungannya.

Baca Lainnya :  Inflasi adalah

Dampak Penggunaan Psikotropika

Berikut ini terdapat dampak dari penggunaan psikotropika, yakni sebagai berikut:

  • Kokain bisa mengakibatkan rasa takut ekstrem dan penderitaan.
  • Pil ekstasi bisa mengakibatkan rasa letih dan damai.
  • Morfin bisa mengakibatkan rasa mengantuk, gangguan pernafasan, bahagia ekstrem dan bisa mengakibatkan kematian.
  • Barbiturat bisa mengakibatkan mudah tertidur nyenyak dan sampai mengakibatkan kematian.
  • Berbagai zat narkotika contohnya candu, heroin dan ganja bisa menyebabkan saraf terganggu dan menyebabkan kecanduan pada akhirnya mengakibatkan kematian.

Mencegah Kecanduan Terhadap Psikotropika

Berikut ini terdapat beberapa cara mencegah kecanduan terhadap psikotropika, yakni sebagai berikut:

  • Mendekatkan diri kepada Allah swt.
  • Rajin melaksanakan aktivitas beragama
  • Menghindari Psikotropika dan tidak akan memakai obat tersebut
  • Berantas rasa ingin tahu terhadap Psikotropika dan jauh-jauh ingin memakainya
  • Tidak salah bergaul, apalagi bergaul dengan pengguna sampai pedagang obat Psikotropika.
  • Memperbanyak pemahaman maupun pandangan tentang apa itu obat Psikotropika, ikut konsling dan kongres pertemuan membahas tentang narkotika agar bisa melindungi diri sendiri dari penyelewengan psikotropika.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Psikotropika: Pengertian, Bentuk, Bahaya Serta Dampak Psikotropika
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi