Observasi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Observasi?Mungkin anda pernah mendengar kata Observasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, tujuan, manfaat, jenis, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Observasi

 

Pengertian Observasi

Observasi merupakan sebuah penelitian dengan suatu cara pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap suatu obyek dalam suatu periode tertentu dan mengadakan pencatatan secara sistematis tentang hal-hal tertentu yang diamati. Pada umumnya observasi dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan informasi atau membuktikan kebenaran suatu penelitian.


Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian observasi menurut para ahli antara lain yakni:

1. Prof. Dr. Bimo Walgito

Menurut Prof. Dr. Bimo Walgito, pengertian observasi adalah suatu penelitian yang dijalankan secara sistematis dan disengaja diadakan dengan menggunakan alat indera (terutama mata) atas kejadian–kejadian yang langsung dapat ditangkap pada waktu kejadian berlangsung.


2. Prof. Heru

Observasi merupakan pengamatan yang sebuah studi kasus atau pembelajaran yang dilakukan dengan sengaja, terarah, urut, dan sesuai pada tujuan. Pencatatan pada kegiatan pengamatan disebut dengan hasil observasi. Hasil observasi tersebut dijelaskan dengan rinci, tepat, akurat, teliti, objektif, dan bermanfaat.


3. Patton

Observasi adalah sebuah metode yang akurat dan spesifik dalam melakukan pengumpulan data serta memiliki tujuan mencari informasi mengenai segala kegiatan yang sedang berlangsung untuk dijadikan objek kajian dalam sebuah penelitian.

Baca Lainnya :  √Medula Spinalis: Pengertian, Struktur & Fungsi Sumsum Tulang Belakang

4. Kartini Kartono

Menurut Kartini Kartono, pengertian observasi adalah suatu proses pengujian dengan maksud dan tujuan tertentu mengenai sesuatu, khususnya dengan tujuan untuk mengumpulkan fakta, skor atau nilai, verbalisasi atau pengungkapan dengan kata-kata tentang segala sesuatu yang telah diamati.


5. Sevilla (1993)

Observas/pengamatan dalam istilah sederhana adalah proses dimana peneliti atau pengamat melihat situasi penelitian. Metode ini sangat sesuai digunakan dalam penelitian yang meliputi pengamatan kondisi/interaksi belajar mengajar, tingkah laku bermain anak-anak dan interaksi kelompok.


6. Sudjana

Pengertian observasi adalah metode penelitian untuk mengukur tindakan dan proses individu dalam sebuah peristiwa yang diamati.


7. Nurkancana (1986)

Observasi adalah suatu cara untuk mengadakan penilaian dengan jalan mengadakan pengamatan secara langsung dan sistematis. Data-data yang diperoleh dalam observasi itu dicatat dalam suatu catatan observasi. Kegiatan pencatatan dalam hal ini adalah merupakan bagian daripada kegiatan pengamatan.

8. Hanna Djumhana

Observasi adalah suatu metode ilmiah yang hingga waktu ini masih menjadi tempat utama dalam ilmu pengetahuan empiris serta masih mendapat pengakuan dari dunia penelitian karya ilmiah sebagai metode yang sering digunakan dalam melakukan pengumpulan data.


Ciri – Ciri Observasi

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari laporan observasi yakni :

  1. Penulis hanya melaporkan dan menuliskan sesuai dengan apa yang dilihat dan diamatinya
  2. Mengandung fakta
  3. Bersifat objektif
  4. Ditulis secara runtut dan sistematis
  5. Hasilnya dapat dibuktikan kebenarannya
  6. Disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis
  7. Semua ditulis secara lengkap, tersusun dan sempurna.
  8. Objek yang akan diteliti dan diamati merupakan objek tunggal.
  9. Hasil laporan ditulis berdasarkan fakta sesuai dari hasil pengamatan dan penelitian yang telah dilakukan.
  10. Informasi tidak mengandung dugaan atau pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
Baca Lainnya :  Akuntansi Keperilakuan

Tujuan Observasi

Adapun tujuan dari observasi antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk dapat menggambarkan suatu objek dan segala yang berhubungan dengan objek penelitian melalui sebuah pengamatan dengan menggunakan panca indera.
  2. Untuk mendapatkan suatu kesimpulan mengenai sebuah objek yang diamati, dimana kesimpulan tersebut disusun dalam sebuah laporan yang sangat relevan dan bermanfaat bagi bahan pembelajaran.
  3. untuk mengetahui dan memperoleh informasi tentang suatu objek yang sedang kita kaji

Manfaat Observasi

Berikut beberapa manfaat observasi yakni:

  • Suatu peristiwa dapat dicatat secara kronologis sehingga berurutan.
  • Suatu hasil observasi dapat dikonfirmasi dengan hasil penelitian.
  • Deskripsi dalam observasi dapat menjelaskan atau memperkirakan mengenai dunia nyata.
  • Memungkinkan orang lain untuk menafsirkan hasil penemuan dan bagaimana akan diinterpretasikan.
  • Observasi dapat menjelaskan mengenai suatu peristiwa dan dapat diuji kualitasnya, serta menimbulkan spekulasi tentang peristiwa tersebut dalam aturan nyata.
  • Observasi dapat mencatat indikasi yang terkadang tidak nyata berlangsungnya.
  • Proses observasi dapat mencatat keadaan yang tidak dapat direplikasikan dalam suatu eksperimen.

Jenis-Jenis Observasi

1.  Observasi Partisipasi

Observasi partisipasi merupakan salah satu dari jenis jenis observasi. Observasi partisipasi pada umumnya dipergunakan untuk penelitian yang bersifat eksploratif. Suatu observasi disebut observasi partisipasi bia observer turut mengambil bagian dalam kehidupan observasi.


2. Observasi Sistematik

Observasi sistematik merupakan salah satu dari jenis jenis observasi. Observasi sistematik biasa disebut dengan observasi berkerangka. Sebelum mengadakan observasi terlebih dahulu dibuat kerangka mengenai berbagai faktor dan ciri ciri yang akan diobservasi.


3. Observasi Eksperimental

Observasi eksperimental merupakan salah satu dari jenis jenis observasi. Observasi eksperimental memiki ciri ciri sebagai berikut : (1) situasi yang dibuat sedemikian rupa sehingga observasi tidak mengetahui maksud diadakannya observasi, (2) dibuat variasi situasi untuk menimbulkan tingkah laku tertentu, (3) observasi dihadapkan pada situasi yang seragam, (4) situasi ditimbulkan atau dibuat sengaja, (5) faktor-faktor yang tidak diinginkan pengaruhnya dikontrol secermat mungkin, dan (6) segala aksi-reaksi dari observasi dicatat dengan teliti dan cermat.

Baca Lainnya :  √Strategi Pembelajaran: Pengertian, Macam, Fungsi dan Tujuannya

Contoh Laporan Hasil Observasi Tumbuhan: Bunga Mawar

Definisi umum

Mawar termasuk tanaman bunga hias berupa herba dengan batangnya yang berduri. Mawar dikenal juga dengan nama bunga ros atau ratu bunga yang merupakan simbol atau lambang keihudpan religi peradaban manusia. Mawar berasal dari dataran Cina, Eropa Timur, dan Timteng (Timur Tengah). Dalam perkembangannya, menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis).


Deskripsi bagian

Mawar adalah salah satu tumbuhan yang tahan terhadap cuaca yang dingin. Dilihat dari bunganya, memiliki mahkota bunga yang berjumlah lima helai, bunga mawar biasanya memiliki bermacam-macam warna seperti warna kuning cerah, putih, dan merah jambu. Batang bunga mawar berduri dengan permukaan kulit batan yang licin, tinggi dari batang bunga mawar dapat mencapai 5 meter. Mawar juga merupakan tumbuhan penghasil biji.


Deskripsi manfaat

Mawar memiliki banyak sekali manfaat diantaranya adalah untuk mengatasi bengkak pada kaki, menghilangkan jerawat, kesehatan rambut, dan lain-lain. Mawar juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, seperti untuk dijadikan obat menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, meringankan gejala flu, serta infeksi saluran kemih.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Observasi: Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya