Content Marketing

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Content Marketing?Mungkin anda pernah mendengar kata Content Marketing? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, jenis, keterampilan yang harus dimiliki, manfaat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Content Marketing

Pengertian Content Marketing

Content Marketing merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran dengan cara membuat, menyebarluaskan dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, sehingga membuat mereka menjadi customer. Biasanya content marketing berisikan tentang pengetahuan, hiburan, atau pun informasi yang menambah wawasan pelanggan.


Ciri-Ciri Content Marketing

Adapun beberapa ciri-ciri content marketing antara lain sebagai berikut:


  1. Biasanya konten harus memuat informasi, edukasi, atau hiburan.
  2. Konten sebaiknya relevan dengan audience yang dituju dan tidak mengandung unsur negatif
  3. Topik konten dicari secara aktif oleh audience yang dituju
  4. Mendorong dan memancing reaksi dan interaksi, seperti like, share, comment.
  5. Membangun kesetiaan dan rasa percaya dengan audience.
  6. Sebagian konten bisa digunakan untuk leads generation, atau mengumpulkan leads calon konsumen.

Jenis Content Marketing

Berikut adalah beberapa jenis- jenis content marketing antara lain sebagai berikut:


1. Artikel-artikel di blog

Artikel merupakan kumpulan informasi yang dapat diakses melalui internet. Biasanya artikel sangat membantu meningkatkan traffic website dan berdampak pada makin dikenalnya website oleh orang-orang yang mengaksesnya. Artikel yang cenderung disenangi oleh orang-orang Indonesia biasanya artikel yang berisi tentang tutorial atau pengertian singkat mengenai istilah atau topik tertentu.


2. Social media marketing

Social media marketing memiliki banyak bentuk. Di Indonesia sendiri, bentuk dari social media marketing yang sering dipakai adalah feeds Instagram, video di Youtube, share link melalui Twitter atau pun Facebook dan sejenisnya. Jenis dari content marketing seperti ini lebih banyak menarik perhatian orang-orang sebab hampir semua orang di Indonesia memiliki media sosial.


3. Email

Content marketing dengan jenis email ini masih sering digunakan di Indonesia oleh perusahaan. Email dirasa efektif untuk mempertahankan dan menarik pelanggan. Dengan email juga, perusahaan dapat dengan rutin mempromosikan produknya.

Baca Lainnya :  Pengertian ISO

4. Infografis

Kecenderungan orang-orang Indonesia yang tidak suka membaca terlalu banyak tulisan, menjadi alasan mengapa infografis disenangi. Selain data atau informasi yang ditunjukkan tidak terlalu banyak bacaan, adanya visualisasi berupa gambar tentu lebih menarik perhatian.


5. Membuat Meme Berkualitas.

Jenis content marketing yang satu ini bisa dibilang saat ini sudah mulai popular di kalangan para anak-anak muda, karena juga mengandung unsur lucu, menghibur dan sarat akan pesan-pesan moralnya. Jenis content meme sebenarnya juga sangat cepat untuk menjadi viral. Jika sebuah informasi sudah dimuat dalam sebuah content meme yang cukup unik dan menarik, maka sebagian besar dari para pengguna internet pasti akan lebih cepat untuk memperhatikan dan langsung membagikannya ke social media mereka masing-masing. Meme juga lebih dikenal sebagai jenis content marketing yang dengan cepat ter up to date dalam isu-isu yang sedang populer saat ini.


6. Animasi Explainer.

Biasanya jenis content seperti ini lebih banyak digunakan untuk jenis-jenis introduksi dari sebuah brand baru atau dari produk baru. Animasi explainer juga lebih banyak dikenal sebagai media terbaik untuk membantu dalam menjelaskan sesuatu hal yang lebih rumit dan kurang menarik dalam waktu yang relative lebih singkat. Dengan cara menggunakan animasi explainer untuk proses introduksi brand Anda, maka akan menjadi semakin menambah nilai profesionalitas dan eksklusifitas dari brand Anda.


7. Menulis E-Book.

Untuk menumbuhkan rasa kepercayaan yang lebih tinggi dari konsumen bahwa sebenarnya brand Anda memang yang paling terbaik pada setiap masing-masing bidangnya, pembuatan e-book merupakan salah satu dari jenis content yang dalam hal ini sangat cocok untuk digunakan. Misalnya sebuah perusahaan otomotif yang mampu menerbitkan buku-buku tentang otomotif yang berisikan tips-tips, solusi dan lain sebagainya yang berhubungan langsung dengan dunia otomotif dan pastinya akan mendapat penilaian yang lebih dimata para konsumen, karena sudah menerbitkan e-book yang cukup bermanfaat dan benar-benar relevan terhadap bisnisnya.


8. Product Review.

Hampir sama seperti artikel, namun untuk product review lebih memfokuskan tulisannya terhadap berbagai ulasan-ulasan dari produk-produk Anda dan yang menulisnya adalah dari para konsumen yang telah menggunakan produk-produk Anda atau bisa juga dari ambassador brand Anda. Tujuan dalam menulis product review adalah sebagai sebuah referensi dan rekomendasi bagi sebagian orang yang masih belum menggunakan produk Anda.


9. Podcast

Memulai podcast akan membantu audience menemukan brand Anda jika mereka tidak mempunyai waktu atau minat untuk membaca konten setiap hari. Jumlah pendengar podcast semakin berkembang pada tahun 2016 yakni sekitar 57 juta orang mendengarkan podcast setiap bulannya. Jika Anda memiliki orang yang menarik untuk diwawancarai atau melakukan percakapan dengan host, pertimbangkan podcasting sebagai format konten lain untuk bereksperimen.

Baca Lainnya :  Pengertian Resiko Usaha

Keterampilan Yang Wajib Dimiliki Content Marketing

Berikut adalah beberapa keterampilan yang wajib dimiliki seorang content marketing diantaranya yakni:


  1. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk pekerjaan di bidang apa pun. Namun, pada content marketing kamu harus bisa mengasah skill komunikasi baik secara lisan dan tulisan (verbal, dan nonverbal). Mengapa demikian? Dalam pekerjaan ini, kamu akan berhadapan dengan banyak orang. Konten yang dibuat pun harus bisa menyentuh banyak orang. Tidak hanya menyoal konten dan audiens, kamu juga akan bekerja di dalam tim sehingga komunikasi yang baik harus tetap dibina agar tidak ada kesalahpahaman. Mempelajari cara berkomunikasi bahkan bisa dimulai dari caramu menulis email kepada klien atau rekan kerja.
  2. Menulis merupakan salah satu bentuk konten yang dibuat dalam content marketing. Baik itu artikel, copy writing, status di media sosial, atau naskah video. Kamu harus bisa beradaptasi untuk menulis dalam bermacam-macam gaya yang sesuai dengan target audiens. Untuk latihan menulis, kamu harus banyak-banyak membaca dari berbagai sumber dan menelaah mana style yang pas untuk produkmu. Latihan menulis tanpa membaca berbagai sumber lain akan membuat skill-mu mandek di situ saja. Carilah inspirasi sebanyak-banyaknya sehingga kamu bisa selalu penuh ide dan karya.
  3. Bercerita merupakan salah satu bnetuk Podcast atau video yang dapat dijadikan sebagai bentuk konten yang dapat kamu coba dalam content marketing. Nah, untuk mengajak audiens agar selalu menonton video atau mendengarkan podcast, dibutuhkan keterampilan bercerita yang lihai. Kalau kamu punya keterampilan dan bakat dalam bidang ini atau ingin mengasahnya, ikuti kelas public speaking atau kelas radio. Kamu juga harus mendengarkan banyak radio, menonton video, atau mendengarkan podcast lain agar mengetahui bagaimana cara menghibur audiens tanpa visual.

Manfaat Content Marketing

Berikut adalah beberapa manfaat content marketing antara lain sebagai berikut:


1. Brand Awareness

Dalam salah satu temuan dijelaskan bahwa pelanggan merasakan hubungan yang lebih dekat dan positif, sehingga membuat strategi konten menjadi alat yang sangat berharga untuk memperkuat hubungan pelanggan. Semakin sukses konten Anda, semakin banyak orang akan mengingat brand Anda dan menciptakan kesan positif. Untuk lebih meningkatkan brand awareness, konten yang Anda buat bisa menggunakan platform social media.

Baca Lainnya :  Pengertian Kolusi

2. Menghasilkan Traffic Ke Situs Anda.

Content Marketing akan meningkatkan traffic Anda. Ketika konsumen potensial Anda mempunyai  masalah atau kebutuhan tertentu, mereka akan mencari solusi. Mempunyai solusi, apakah itu informasi, panduan membantu atau bahkan hiburan, yang berarti pelanggan akan mengunjungi situs Anda. Konsumen akan menyukai ketika konten sesuai dengan kepentingan atau kebutuhan khusus mereka. Bahkan, itu sebabnya konten kustom disukai hingga 68% dari konsumen. Dengan menciptakan konten kustom untuk situs yang khusus dirancang untuk kebutuhan dan kepentingan  target Anda, Anda akan membangun kepercayaan mereka dan memecahkan masalah mereka.


3. Membangun Loyalitas

Konten yang menarik dapat membawa pelanggan kembali setelah melakukan pembelian dan membuat brand Anda lebih bermanfaat. Ini membantu Anda menghasilkan pembelian berulang. Dengan memaksimalkan konten marketing, maka target audiens Anda untuk menjadikan mereka pelanggan akan tercapai. Membuat konten marketing yang bisa membantu dan menarik kebutuhan audiens akan meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan. Namun, membuat konten marketing yang baik dan mudah dipahami audiens membutuhkan keahlian khusus. Untuk itu Anda membutuhkan marketing agency yang melayani pembuatan konten marketing demi kemajuan bisnis Anda.


4. Memperluas Target Konsumen

Social Media bisa menjadi strategi untuk bertemu orang-orang baru. Bergabunglah dengan pelanggan di social media, setelah artikel Anda diposkan ulang, dan menulis guest post adalah strategi yang sangat baik untuk menarik pelanggan dan mendapatkan nama Anda di luar sana. Jika pos Anda menunjukkan nilai, maka akan diposting dan dibagikan. Perkenalan kepada brand Anda melalui artikel yang menarik akan membantu menarik pelanggan baru.


5. Meningkatkan Leads Dan Penjualan.

Semakin banyak orang yang telah mengunjungi situs Anda dan melihat konten Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk dikonversi menjadi leads dan akhirnya menjadi konsumen. Bahkan untuk usaha kecil, konsumen mengandalkan blog dan konten website ketika mereka membuat keputusan pembelian, orang ingin tahu sebanyak yang mereka dapat sebelum mereka membeli. Plus, menciptakan konten yang relevan dengan produk atau jasa perusahaan Anda. Itu akan membantu mereka memahami apa yang akan mereka peroleh dalam melakukan bisnis dengan Anda.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Content Marketing: Pengertian, Ciri, Jenis, Keterampilan Yang Harus Dimiliki, Manfaat
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya