Pengertian Alat Peraga

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Alat Peraga? Mungkin anda pernah mendengar kata Alat Peraga? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian menurut para ahli, tujuan, manfaat, jenis, kelebihan, kekurangan dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Alat-Peraga

Pengertian Alat Peraga

Alat peraga adalah semua atau apa pun yang dapat digunakan dan dapat digunakan untuk menjelaskan konsep pembelajaran dari materi abstrak atau tidak jelas dengan jelas dan jelas, sehingga siswa dapat berpikir, merasakan, khawatir, Itu dapat merangsang minat Anda. .

Bahan adalah alat yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar yang memainkan peran utama dalam mendukung guru atau kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru. Penggunaan materi ini dimaksudkan untuk memberikan bentuk fisik pada materi yang dijelaskan dalam materi pembelajaran.

Bahan pelengkap yang biasanya digunakan dalam proses belajar mengajar memiliki keunggulan “menambah kegiatan belajar, menghemat waktu belajar, dan memberikan alasan rasional untuk belajar” bagi siswa.


Pengertian Alat Peraga Menurut Para Ahli

Pemahaman ahli materi meliputi:


1. Wijaya dan Rusyan “1994”

Dukungan pendidikan berarti bahwa media pendidikan dapat berfungsi sebagai stimulus untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dan tidak bosan mencapai tujuan pembelajaran mereka.

Baca Lainnya :  Pengertian Devaluasi

2. Nasution “1985”

Materi pendidikan adalah bahan ajar yang efektif.


3. Sudiana “2009”

Materi pendidikan adalah alat yang diserap oleh mata dan telinga untuk membantu guru membuat proses belajar mereka lebih efektif dan efisien.


4. Faizal “2010”

Materi pendidikan sebagai peralatan audio dan visual yang membuat proses belajar lebih menarik dan membantu siswa untuk menemukan minat dalam mengeksplorasi sumber daya.


Tujuan Dari Alat Peraga

Berikut adalah beberapa tujuan lain dari penyangga selain yang di atas:

  • Materi pendidikan dirancang untuk membuat proses pendidikan lebih efektif dengan memotivasi siswa untuk belajar.
  • Alat bantu mengajar menjadi lebih relevan bagi individu dan siswa memiliki banyak potensi untuk belajar, yang menjadikan belajar sangat menyenangkan bagi setiap individu.
  • Materi pendidikan memiliki keuntungan karena dapat belajar dengan cepat antara kelas dan di luar kelas. Bahan ajar memungkinkan Anda untuk mengajar secara sistematis dan teratur.

Manfaat Dari Alat Peraga

Dijelaskan lebih jelas dan lebih terinci di bawah, manfaat menggunakan bantuan pendidikan adalah:

  1. Tingkatkan minat pada tujuan pendidikan.
  2. Mencapai lebih banyak gol.
  3. Membantu mengatasi berbagai kendala dalam proses pendidikan.
  4. Tujuan pendidikan dapat dirangsang untuk mengimplementasikan atau mengimplementasikan pesan kesehatan atau pesan pendidikan yang disampaikan.
  5. Membantu Anda dengan cepat mempelajari tujuan pendidikan dan mempelajari lebih lanjut atau menyampaikan materi.
  6. Menginspirasi tujuan pendidikan sehingga Anda dapat menyampaikan berbagai pesan yang memberikan materi kepada orang lain.
  7. Akan lebih mudah bagi pendidik untuk menyediakan materi dan informasi pendidikan.
  8. Anda dapat mendorong keinginan orang dan individu untuk belajar lebih banyak, mengeksplorasi, dan pada akhirnya mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Siapa pun yang melihat apa yang mereka butuhkan pasti akan mendapat perhatian, dan apa yang dilihat dengan sangat hati-hati adalah memberinya pemahaman baru yang merupakan motivasi untuk melakukan atau menggunakan sesuatu yang baru. Aku bisa melakukan itu.
  9. Manusia cenderung melupakan / melupakan tujuan pendidikan yang membantu menegakkan pemahaman dan informasi yang diperoleh dan menerima yang baru. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, AVA “Audiovisual Aido-Audiovisual Aid or Tool” membantu meningkatkan pengetahuan yang diterima oleh subjek pendidikan, dan apa yang diterima akan disimpan lebih lama dalam memori penerima. .
Baca Lainnya :  Peer to Peer dan Client Server

Jenis-Jenis Alat Peraga

Beberapa contoh bahan tambahan yang dapat Anda gunakan saat mengajar adalah:


  • Gambar

Contoh-Alat-Peraga-Gambar

Ini adalah bahan yang disukai semua anak dan siap untuk digunakan, dan karena tidak butuh waktu lama untuk mempersiapkannya, mereka tampaknya saling kenal dan akrab satu sama lain.


  • Peta

Peta

Peta membantu Anda mempelajari bentuk dan lokasi negara dan kota yang disebut Alkitab. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan peta sebagai alat peraga hanya cocok untuk anak besar / kelas besar.


  • Papan tulis

Papan-tulis

Peran papan tulis sama pentingnya dengan alat pengajaran. Papan tulis dapat dibawa kemana saja sebagai alat bantu visual yang efektif. Anda tidak harus menjadi seorang seniman untuk menggunakan papan tulis. Sebuah kalimat pendek, deskripsi singkat tentang seseorang, tokoh, atau persegi panjang dapat menggambarkan seseorang, kota, atau peristiwa.


  • Boks pasir

Boks-pasir

Anak-anak kecil dan menengah menyukai demo sandboxing. Kotak pasir dapat membuat “peta” khusus untuk kelas menengah. Karena pada usia itu, kita tahu jarak dari desa ke desa.

Selain bahan ajar di atas, bahan ajar paling dikenal dalam pelayanan anak sering disebut sebagai jangka pendek, dalam bentuk alat peraga daging, boneka, boneka jari, rumah-rumah Palestina, dll.

Alat bantu visual yang digunakan dalam penelitian ini disukai oleh anak-anak dari berbagai usia, diperoleh siap digunakan, dan diuji di SD Negri 14 Mataram kelas 4 untuk mendapatkan perhatian siswa sebaliknya. Saya tidak menghabiskan waktu persiapan, jadi saya menggunakan alat bantu visual pada 2007/2008.


Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Alat Peraga

Beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan alat peraga adalah:


1. Kelebihan menggunakan alat peraga

Terdiri atas:

  1. Dorong minat siswa untuk belajar karena pelajaran menjadi lebih menarik
  2. Perjelas arti subjek sehingga siswa dapat lebih mudah memahami
  3. Metode pengajaran akan lebih beragam, sehingga siswa tidak akan mudah bosan
  4. Kami akan terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang lebih aktif seperti observasi, pelaksanaan, dan demonstrasi.
Baca Lainnya :  Dokumentasi Adalah

2. Kekurangan Penggunaan Alat Peraga

Terdiri atas:

  • Bahan ajar itu untuk guru.
  • Butuh waktu untuk bersiap
  • Harus rela berkorban secara material

Contoh Alat Peraga

Contoh bahan ajar atau pembelajaran seperti:

Contoh-Alat-Peraga


Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Alat Peraga: Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi