√Promosi: Pengertian, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Contoh Promosi

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Promosi? Mungkin anda pernah mendengar kata Promosi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, jenis, manfaat, tujuan dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Promosi: Pengertian, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Contoh Promosi

Pengertian Promosi

Promosi ialah usaha yang perbuatkan perusahaan untuk membangun pemahaman, pengetahuan, memaklumkan dan menyampaikan pelanggan untuk melaksanakan pembelian produk yang di tawarkan perusahaan. Cara promosi bisa dilakukan melewati media sosial, secara langsung dan sebagainya.

Jenis Promosi

Melaksanakan aktivitas promosi pada sebagian faktor yang ada didalamnya dan faktor-faktor tersebut harus digabungkan sesuai dengan keperluan dan keinginan perusahaan. Berikut ini ada beberapa jenis-jenis promosi, yakni sebagai berikut:

Periklanan

Berikut ini ada beberapa macam yang digunakan dalam periklanan, antara lain:

  1. Periklanan Cetak, misalnya koran, majalah, dan lain-lainya.
  2. Periklanan Elektronika, misalnya website, radio, televisi, dan lain-lainya.
  3. Transit periklanan, misalnya buletin, poster atau spanduk, stiker, dan lain-lainya.
  4. Kiriman Langsung ialah barang sablon yang dikirim langsung melalui pos kepada target.
  5. Periklanan Khusus ialah barang berbagai macam yang berbentuk hadiah.

Penjualan Pribadi

Penjualan pribadi ialah pelayanan barang secara lisan dan bertatap muka kepada satu atau lebih pelanggan dengan keinginan agar barang tersebut ditawarkan bisa terjual. Hal ini bertambah ditujukan pada produk yang sifat pembeliannya sekali-kali atau mempunyai nilai per unit yang benar-benar tinggi maupun yang didesain dengan kepentingan tertentu. Dengan melaksanakan peragaan dimohon bisa membagikan keyakinan bagi calon pelanggan.

Promosi Penjualan

Promosi penjualan ialah salah satu bentuk aktivitas promosi yang dilaksanakan guna mendatangkan pembelian barang di perusahaan. Adapun media-mdia yang digunakan dalam promosi penjualan, yakni sebagai berikut:

  1. Paket Harga ialah suatu produk harga yang membawa harga makin rendah ketimbang harga biasanya, apabila pelanggan membeli produk dengan jumlah yang sudah diterangkan.
  2. Tawaran Uang Kembali ialah tawaran yang dilaksanakan apabila terjadi masalah dalam produk dengan harga pada produk yang dibeli menurut produknya maka uang akan dikembalikan kepada pelanggan.
  3. Undian ialah cara promosi dengan membujuk pelanggan untuk mengumpulkan label yang mengisi nama produk untuk nanti diundi dan mendapatkan hadiah dari perusahan tersebut.
Baca Lainnya :  √Riset Operasi: Pengertian, Faktor, Tahapan, Model dan Tekniknya

Manfaat Promosi

Berikut ini ada beberapa manfaat dari promosi, yakni sebagai berikut:

  • Untuk memahami produk yang kehendaki dan dibutuhkan pelanggan
  • Untuk memahami tahap keperluan pelanggan akan produk
  • Untuk memahami cara pemahaman dan penyajian produk hingga ke tangan pelanggan
  • Untuk memahami harga yang searah dengan keadaan pasaran
  • Untuk memahami strategi promosi yang akurat kepada para pelanggan
  • Untuk memahami keadaan persaingan pasar dan cara melewati hal tersebut
  • Untuk membentuk image produk

Tujuan Promosi

Berikut ini ada beberapa tujuan dari promosi, yakni sebagai berikut:

  • Untuk memberitahukan suatu informasi barang atau jasa dari perusahaan kepada pasar maupun pelanggan
  • Untuk memperoleh pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan untuk membeli dan memakai prosuk maupun jasa di perusahaan tersebut
  • Untuk menaikkan penjualan sehingga keuntungan perusahaan akan meningkat
  • Untuk memilah dan mengandalkan produk perusahaan menyamakan dengan produk pesaing
  • Untuk menyesuaikan citra produk maupun jasa dan juga nama perusahaan dimata pelanggan
  • Untuk mengganti tingkah laku dan gagasan terhadap pelanggan

Contoh Promosi

Berikut ini ada beberapa contohg dari promosi, yakni sebagai berikut:

  1. Cuma 3 hari sampai dengan 11 September 2018! Isi ulanga pulsa kamu minimal Rp 20.000 dan kamu akan  langsung dapat paket internet 5 GB 1 hari.
  2. Cetak Roll Up Spanduk dan X-Spanduk, dengan mulai dari Rp 55.000
  3. Sebuah perusahaan makanan, memasang iklan di TV dan di internet pada produknya

Demikian Penjelasan Materi Tentang Promosi: Pengertian, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Contoh Promosi
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya