Musikalisasi Puisi

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Musikalisasi Puisi? Mungkin anda pernah mendengar kata Musikalisasi Puisi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli, jenis, manfaat, cara, langkah dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Musikalisasi Puisi

Pengertian Musikalisasi Puisi

Puisi adalah sebuah pengungkapan ekspresi dimana terjadi mengekspresikan emosi, suasana hati, rasa pesona, kagum, keresahan, kegelisahan, dan suasana hati lainnya. Dengan puisi, seseorang akan lebih sadar akan dirinya untuk mengamat, mengagumi, atau memikirkan lingkungan dan alam sekitarnya.hasil ungkapan dan perasaan penyair dengan bahasa yang terikat irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait, serta penuh makna.


Memusikalisasi puisi adalah kegiatan pembacaan puisi dengan cara dilagukan, diberi irama, atau diiringi musik yang sesuai dengan isi puisi.


Musikalisasi puisi adalah pembacaan puisi yang dinyanyikan sehingga seorang pendengar yang kurang paham menjadi paham, Dengan mengkolaborasikan antara sastra dan musik.atau suatu kegiatan pembacaan puisi dengan cara dilagukan, diberi irama, atau diiringi musik yang sesuai dengan isi puisi. Musikalisasi puisi juga biasaanya bentuk dari kolaborasi apresiasi puisi yang dilakukan dengan pembacaan dan penggubahan syair dengan melibatkan beberapa unsur seni seperti irama, bunyi atau musik serta unsur gerak atau tari.


Pengertian Musikalisasi  Puisi Menurut Para Ahli

adapun pengertian musikalisasi puisi menurut para ahli antara lain sebagai berikut:


1. Dedi S. Putra

Menurut Dedi S. Putra, Musikalisasi puisi sebegai bentuk apresiasi puisi ungkapan musikan : instrumen, melodi dan nyanyian ucapan. Nuansa makna kata: ekplisit dan implisit. Penghayatan menjadikan pusi mendapatkan kemampuan ekstra untuk berkomunikasi karena pencarian yang diciptakan.

Baca Lainnya :  Fakta Sosial

2. Antilan Purba

Musikalisasi puisi adalah mengubah puisi menjadi lagu.


3. Arsie

Menurut Arsie Musikalisasi puisi adalah salah satu bentuk ekspresi sastra puisi dengan melibatkan beberapa unsur seni seperti irama, bunyi (musik) dan gerak (tari).


4. Supratman Abdul Rani

Musikalisasi puisi menurut Supratman Abdul Radi adalah sebagai upaya menampilkan puisi dengan jalan memasukkan unsur-unsur musik secara dominan. Akan teteapi, tujuan pemusikalisasi puisi bukanlah sekedar untuk menampilkan saja. Didalamnya ada upaya yang lebih jauh dari itu.


Jenis-jenis Musikalisasi Puisi

  1. Jenis musikalisasi puisi awal merupakan, musikalisasi puisi yang dibawakan dengan cara pembacaan puisi yang dilatarbelakangi suatu komposisi musik, baik musik vokal maupun musik instrumental.
  2. Jenis musikalisasi puisi terapan merupakan, musikalisasi puisi yang mana syair-syair puisi diterapkan menjadi lirik lagu, sebagaimana halnya lagu-lagu populer pada umumnya.
  3. Jenis musikalisasi puisi campuran merupakan, musikalisasi puisi yang ditampilkan dengan cara menyuguhkan komposisi musik, yang didalamnya ada sebuah puisi yang syair-syairnya ada yang dilagukan dan dinarasikan.

Manfaat Musikalisasi Puisi

  • Kalian dapat mengambil beberapa manfaat dari puisi antara lain:
  • Menggugah perasaan lebih dalam,
  • Membangkitkan imajinasi,
  • Mendorong orang lebih mampu berpikir dan menggerakkan pikiran,
  • Menimbulkan kesenangan dan hiburan.

Berbeda dengan karya-karya sastra lain (seperti: prosa, cerpen, roman, dan novel), puisi merupakan karya sastra yang sangat menonjolkan keindahan bahasa, kedalaman makna, dan kepadatan bentuk.


Selain itu, hanya puisi yang dapat dimusikalisasi, sedangkan karya sastra tertulis yang lain tidak dapat. Musikalisasi puisi yaitu membaca puisi dengan diiringi musik yang sesuai dengan tema dan suasana yang tergambar dalam puisi tersebut.


Cara Musikalisasi Puisi dengan Baik dan Benar

  1. Menentukan puisi yang akan dimusikalisasi.
  2. Mengapresiasi puisi yang telah ditentukan. Mengapresiasi puisi artinya mencermati secara sungguh-sungguh sebuah puisi hingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik terhadap cipta sastra.
  3. Memerhatikan kesusastraan isi puisi dengan suasana yang dibangun.
  4. Menentukan alat musik yang digunakan untuk mengiringi musikalisasi puisi. Alat musik yang akan kalian gunakan dapat berupa gitar, gendang,keyboard, dan sebagainya.
  5. Menentukan notasi nada yang akan digunakan. Notasi nada tersebut dapat berbentuk notasi angka ataupun notasi balok. Guna notasi untuk mempermudah melagukan puisi tersebut. Tentunya mengubah sebuah puisi menjadi musikalisasi bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, kalian harus rajin berlatih.
Baca Lainnya :  √Ideologi Kapitalisme: Pengertian, Ciri, Kelebihan, Kekurangan dan Contoh

Langkah-Langkah Musikalisasi Puisi

Yakni sebagai berikut:


1.  Menikmati musikalisasi puisi

Sebelum anda menciptakan sebuah karya sendiri, ada baiknya anda mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh Bimbo atau Ebiet G. Ade, maka lagu yang mereka nyanyikan terasa sangat puitis bukan. Hal ini karena pada dasarnya lirik-lirik lagu tersebut adalah puisi yang dimusikalisasi atau disajikan dalam bentuk lagu yang mempunyai irama. Silakan saja dengarkan lagu lagu yang mereka ciptakan, dan maknai liriknya, maka akan terlihat jika lirik tersebut adalah sebuah puisi


2. Memilih Puisi

Sekarang mulailah belajar untuk membuatnya. Namun untuk awal awal sebaiknya mulailah dengan memilih puisi yang mudah dan sederhana. Hal ini bertujuan untuk membiasakan diri. Sehingga nanti akan lebih mudah memusikali sasi yang lebih sulit. Buat sebagus mungkin dengan kata-kata dan makna yang mendalam sesuai dengan tema yang ingin kamu tulis.


3. Memahami Puisi

Ketika anda sudah menemukan pilihan puisi yang cukup cocok untuk dimusikalisasi, anda hanya cukup memastikan bahwa anda benar-benar memahami isi denga  sebuah kandungan puisi tersebut. Dengan memahami puisi, anda juga dapat menemukan irama yang pas sesuai dengan lirik yang dimiliki oleh puisi.


Untuk bisa memahami sebuah puisi, anda bisa berpedoman pada beberapa aspek yaitu tema, suasana jiwa penyair, tujuan yang ingin dikemukkan, vokal atau konsonan serta menyortir kata-kata yang sulit dipahami.


4. Menentukan Irama

Irama merupakan salah satu unsur penting dalam membuat sebuah lagu, jika lagu yang dibuat tidak memiliki irama yang bagus,. Maka bisa dipastikan lagunya juga tidak akan bagus. Oleh karena irama sangat berpengaruh untuk hasil dari lagu tersebut.


5. Menampilkan Musikalisasi Puisi

Nah, langkah terakhir dalam musikalisasi puisi adalah pertunjukan. Pada tahap ini, anda telah selesai memadukan puisi dengan musik sesuai dengan bentuk yang anda inginkan itu.

Baca Lainnya :  Abrasi adalah

Ketika ingin menampilkan sebuah pertunjukan, unsur yang perlu diperhatikan adalah kejelasan vokal serta ekspresi. Semua kerja keras anda akan terbayarkan apabila membawakannya dengan bagus .langkah terakhir inilah kerja keras anda dalam memusikalisasi puisi akan terbayarkan. Karena ketika anda melakukan pertunjukkan anda telah berhasil memusikalisasi puisi.


Contoh Puisi Musikal

Berikut ini adalah contoh puisi yang dapat kalian gunakan untuk belajar memusikalisasi puisi. Tentunya mengubah suatu puisi menjadi musikalisasi bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu kalian harus rajin berlatih.

CATATAN HATI
Oleh Ivane Wijaya

Ada sesuatu yang terasa hampa
saat langit langit semakin menua
ada sesuatu yang terasa berbeda
saat hujan hujan tertahan diantara mega

Sendiri dan sepi, aku ingin berlari
menelusuri mimpi yang tak kunjung menepi
atau haruskah aku hanya berdiri disini
mengeja bait pelangi yang hampir mati

Di penghujung hari..
Ketika senja berlalu dan pergi
Ketika hati ini terhenti bernyanyi
aku ingin kau kembali
disini, sekali lagi…!!!


Demikian Penjelasan Materi Tentang Musikalisasi Puisi: Pengertian, Jenis, Manfaat, Cara, Langkah & Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi