√7 Bagian-Bagian Nefron Ginjal, Fungsi Serta Gambarnya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Nefron Ginjal? Mungkin anda pernah mendengar kata Nefron Ginjal? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang 7 bagian-bagian, fungsi serta gambarnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

7 Bagian-Bagian Nefron Ginjal, Fungsi Serta Gambarnya

Ginjal terdiri atas tiga susunan yakni korteks renalis (korteks), medula renalis (medula) dan pelvis renalis, dimana bagian fungsional terkecil dari ginjal disebut dengan nefron. Nefron ialah bagian fungsional terkecil dari ginjal yang terdiri atas tubulus kontortus proximal, tubulus kontortus distal dan duktus koligentes. Setiap ginjal manusia terdiri dari kurang lebih dari satu juta nefron, tiap-tiap sanggup membentuk urin. Nefron berlokasi pada korteks renalis dan medula renalis.

Bagian-Bagian Nefron Ginjal dan Fungsinya

Berikut ini terdapat 7 bagian-bagian  dan fungsi nefron ginjal, yakni sebagai berikut:

  • Badan Malpighi

Badan malpighi ialah bagian yang berisi kapsula bowman dan glomerulus untuk membersihkan darah. Fungsi badan malpighi ialah sebagai lokasi dimana diperoleh alat membersihkan darah.

  • Kapsula Bowman

Kapsula bowman ialah sejenis kantung yang melapisi glomerulus. Fungsi kapsula bowman ialah untuk akumulasi larutan hasil membersihkan glomerulus.

  • Glomerulus

Glomerulus ialah pembuluh darah kecil atau kapiler, yang tertampak seperti bola benang. Fungsi glomerulus ialah sebagai lokasi membersihkan darah yang akan membersihkan air, glukosa, asam amino, garam dan urea untuk memperoleh urin primer.

  • Tubulus Kontortus Proksimal

Tubulus kontortus proksimal ialah lokasi pengisapan kembali (reabsorpsi) urin primer yang mengisap air, garam, glukosa dan asam amino. Fungsi tubulub kontortus proksimal ialah untuk memperoleh urin sekunder dengan persentase urea tinggi.

  • Lengkung Henle

Lengkung henle ialah pembuluh yang berbentuk U atau setengah lingkaran dan berupa penyambung antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Fungsi Lengkung henle ialah agar urine tidak kembali ke tubulus kontortus proksimal.

  • Tubulus Kontortus Distal

Tubulus kontortus distal ialah lokasi untuk melancarkan partikel yang tidak berguna lain dalam urin sekunder. Proses yang dijalankan tubulus kontortus distal ialah proses pengumpulan.

  • Tubulus Kolektivus

Tubulus kolektivus ialah silinder yang berbentuk sempit panjang dalam ginjal yang akumulasi urin dari nefron, untuk disalurkan ke pelvis mengarah ke kandung kemih. Fungsi Tubulus kolektivus ialah untuk akumulasi urin dari beberapa tubulus kontortus proksimal, kemudian dituju ke pelvis.

Fungsi Utama Nefron

Berikut ini terdapat beberapa fungsi utama dari nefron ginjal, yakni sebagai berikut:

  1. Memulihkan partikel, misalnya kalium, natrium ataupun fosfor setiap kali partikel tersebut sudah habis dalam tubuh.
  2. Menopang untuk mengeluarkan kelebihan air, limbah dan partikel-partikel lainnya dari darah.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang 7 Bagian-Bagian Nefron Ginjal, Fungsi Serta Gambarnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  √Daur Biogeokimia: Pengertian dan 4 Macam-Macam Daur Biogeokimia
Baca Lainnya :  √Trapesium: Pengertian, Jenis, Sifat dan Contoh Soal Trapesium
Baca Lainnya :  √Tindakan Sosial: Pengertian, Ciri, Jenis Serta Contoh Tindakan Sosial