WHO adalah

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang WHO? Mungkin anda pernah mendengar kata WHO? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, sejarah, aktivitas, fungsi dan tujuan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

WHO: Pengertian, Sejarah, Aktivitas, Fungsi dan Tujuan WHO

Pengertian WHO (World Health Organization)

WHO merupakan salah satu institusi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang bertindak berupa koordinasi kesehatan umum internasional yang berbasis di Jenewa, Swiss. WHO Didirikan  pada tanggal 7 April 1948 oleh institusi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). WHO menanggapi banyak instruksi dan perlengkapan dari badan sebelumnya.


Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian kesehatan menurut para ahli antara lain yaitu:

1. White

Dalam mendifinisikan kesehatan, White yang seorang dokter memiliki cara untuk mengartikan kesehatan secara sederhana. Menurut White, kesehatan merupakan keadaan normal pada sesorang yang tidak memilikim keluhan atau absennya gejala-gejala penyakit yang diidentifikasi secara medis pada saat proses pemeriksaan berlangsung.


2. Neuman

Berbeda dengan pendapat Paune, Perkins, mau pun White, Neuman mengartikan kesehatan sebagai bentuk keseimbangan antara fisik, psikis, sosial, spiritual, budaya dan biopsisko pada tubuh seseorang dimana dapat disimpulkan bahwa Neuman juga mengarah pada makna sehat secara jiwa.


3. Paune

Seorang ahli dalam dunia medis, menjelaskan bahwa kesehatan adalah kenormalan pada fungsi-fungsi organ tubuh dalam menjalankan fungsi nya tanpa gangguan rasa nyeri atau kegagalan fungsi dalam melakukan aktifitas


4. Perkins

Jauh sebelum Paune mengemukakan pendapat mengenai kesehatan, Perkins, seorang ahli medis telah mengungkapkan pada tahun 1938 bahwasannya kesehatan merupakan keseimbangan yang dinamis antara fungsi dan bentuk tubuh dalam kaitannya dengan lingkungan sekitar yang memperngaruhi kedua elemen tersebut.

Baca Lainnya :  Poster adalah

5. WHO

WHO mendefinisikan kesehatan sebagai keadaan mental, fisik dan kesejahteraan sosial yang berfungsi secara normal tidak hanya dari keabsenan suatu penyakit.

 


Sejarah WHO (World Health Organization)

Tatanan WHO mengatakan bahwa tujuan berdirinya WHO ialah biar semua orang dapat menjangkau kapasitas kesehatan tertinggi yang sangat memlegalkan. Tugas pokok WHO ialah untuk memberantas beragam macam penyakit biasanya penyakit menjalar yang sudah menjalar luas.

WHO merupakan salah satu institusi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), tatanan pertama kali adanya pada kali datang pada Hari Kesehatan Dunia pada tanggal 7 April 1948. Aktivitas WHO juga sisa aktivitas badan kesehatan LBB (Liga Bangsa-Bangsa), diatur oleh komite internal seperti diuraikan dalam suatu Dialog Kesehatan Internasional pada tahun 1946. Transformasi yang dilakukan melewati suatu pengumuman dari institusi umum dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).


Aktivitas WHO (World Health Organization)

Selain mengelola pertolongan internasional untuk mengelola penularan penyakit menjalar, seperti SARS, malaria, tuberkulosis , flu babi dan AIDS. WHO mendanai agenda-agenda yang berfungsi untuk membendung dan mengobati penyakit. WHO menolong berkembangan dan distribusi vaksin yang aman dan efisien, pemeriksaan penyakit, kesulitan dan juga obat-obatan. Sesudah beberapa 20 tahun membasmi cacar, pada tahun 1980 WHO memberitakan munsanya penyakit cacar dan sebagai penyakit pertama dalam sejarah yang dimusnahkan dengan usaha manusia.

WHO memastikan untuk memusnakan penyakit polio dalam kurun periode beberapa tahun lagi. Muali dari tanggal 3 Oktober 2006, WHO telah mengumumkan HIV/AIDS Toolkit untuk negara Zimbabwe dengan standar internasional.


Fungsi dan Tujuan WHO

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dan tujuan dari WHO, yakni sebagai berikut:

  • Mempunyai tugas mengatasi kesehatan dengan menolong atau melakukan kondisi atas penyakit-penyakit menjalar.
  • Membagikan bantuan kesehatan kepada negara-negara yang butuh bantuan
  • Menolong dalam pengembangan ketentraman dan kesehatan ibu dan anak
  • Menggerakkan dan menolong melaksanakan eksperimen yang bertentangan dengan bagian kesehatan.
Baca Lainnya :  √Pasar: Pengertian, Peran, Macam Serta Struktur Pasar

Struktur WHO

WHO telah memiliki 193 negara anggota, termasuk semua negara anggota PBB kecuali Liechtenstein, dan dua negara non-anggota PBB, Niue dan Kepulauan Cook. Nonnegara wilayah negara anggota PBB dapat bergabung sebagai Anggota Associate (dengan informasi lengkap tetapi partisipasi terbatas dan hak suara) jika disetujui oleh suara Dewan: Puerto Rico dan Tokelau yang Anggota Asosiasi. Perusahaan berikut diberi status pengamat: Palestina (seorang pengamat PBB), Kota Vatikan (keadaan pengamat non-anggota PBB), Order of Malta (PBB pengamat) dan China Taipei (sebuah delegasi diundang).
Negara-negara Anggota WHO menunjuk delegasi ke Majelis Kesehatan Dunia, WHO pengambilan keputusan tertinggi tubuh. Semua negara anggota PBB berhak atas keanggotaan WHO, dan, menurut situs web WHO, “Negara lain dapat diterima sebagai anggota saat aplikasi mereka telah disetujui dengan suara mayoritas sederhana dari Majelis Kesehatan Dunia.”
WHO Majelis umumnya bertemu pada bulan Mei setiap tahun. Selain penunjukan Direktur Jenderal setiap lima tahun, Majelis mempertimbangkan kebijakan keuangan Organisasi dan ulasan dan menyetujui anggaran program yang diusulkan. Majelis memilih 34 anggota, secara teknis berkualitas di bidang kesehatan, kepada Dewan Eksekutif untuk jangka waktu tiga tahun. Fungsi utama Dewan Komisaris adalah untuk melaksanakan keputusan dan kebijakan dari Majelis, untuk menasihati dan untuk mempermudah pekerjaan secara umum.
WHO dibiayai oleh kontribusi dari negara-negara anggota dan dari donor. Dalam beberapa tahun terakhir, kerja WHO telah melibatkan peningkatan kerjasama dengan badan eksternal, ada saat ini sekitar 80 kemitraan dengan LSM dan industri farmasi, serta dengan yayasan seperti Bill dan Melinda Gates Foundation dan Rockefeller Foundation. Kontribusi sukarela untuk WHO dari nasional dan lokal, yayasan pemerintah dan LSM, organisasi PBB lainnya, dan sektor swasta, sekarang melebihi dinilai dari kontribusi (iuran) dari 193 negara anggota.


Program Dan Proyek WHO

  • Afrika Program Control onchocerciasis (APOC)
  • Kartu Kuning atau Carte Jaune, adalah sebuah sertifikat internasional vaksinasi (ICV) yang diterbitkan oleh WHO. Hal ini diakui secara internasional dan mungkin diperlukan untuk memasuki negara-negara tertentu di mana ada resiko kesehatan yang lebih bagi wisatawan. Kartu Kuning harus disimpan di pemegang paspor karena paspor medis macam.
  • Pusat Kolaborasi adalah lembaga yang ditunjuk oleh direktur jenderal yang bekerja untuk mendukung program WHO. [15]
  • Global Beban Penyakit proyek (GBD)
  • Global Initiative untuk Perawatan Darurat dan Essential Bedah
  • Program Malaria Global (GMP)
  • Rumah Tangga Pengolahan Air dan Penyimpanan Aman (HWTS)
  • Prakualifikasi Obat Program (halaman PMP)
  • Internasional Program on Chemical Safety (IPCS), dengan ILO dan UNEP
  • Proyek Internasional Radon
  • Hari Kesehatan Dunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 7 April.

Demikian Penjelasan Materi Tentang WHO: Pengertian, Sejarah, Aktivitas, Fungsi dan Tujuan WHO
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi