Website Menurut Para Ahli: Pengertian, Jenis, Unsur dan Manfaat

Diposting pada

Website Menurut Para Ahli: Pengertian, Jenis, Unsur dan Manfaat


Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentan Website? Apakah kalian pernah mendengar istrilah dari Website? Jangan khawatir jika kalian belum pernah mendengarnya, disini PakDosen akan membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli, jenis, unsur dan manfaat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Website Menurut Para Ahli: Pengertian, Jenis, Unsur dan Manfaat

Pengertian Website

Website merupakan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk digital baik itu teks, gambar, animasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga dapat diakses dari seluruh dunia yang memiliki koneksi internet.

Pengertian lain dari website adalah suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink, yang memudahkan surfer atau pengguna internet melakukan penelusuran informasi di internet. Informasi yang disajikan dengan web menggunakan konsep multimedia, informasi dapat disajikan dengan menggunakan banyak media, seperti teks, gambar, animasi, suara atau film.


Pengertian WebSite Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai website, yakni sebagai berikut:


  • Menurut Gregorius

Menurut pendapat dari Gregorius, website merupakan kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait.


  • Menurut Hakim Lukmanul

Menurut pendapat dari Hakim Lukmanul, website merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.


  • Menurut Suwanto Raharjo

Menurut pendapat dari Suwanto Raharjo, website merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau email.


  • Menurut Yuhefizar

Menurut pendapat dari Yuhefizar, website merupakan suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suaramaupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.


  • Menurut Taufiq Hidayatullah

Menurut pendapat dari Taufiq Hidayatullah, website merupakan bagian paling terlihat sebagai jaringan terbesar dunia, yakni internet.


  • Menurut Haer Talib

Menurut pendapat dari Haer Talib, website merupakan  sebuah tempat di internet yang mempunyai nama dan alamat.


Jenis-Jenis Website

Berikut ini terdapat tiga jenis-jenis website, yakni sebagai berikut:


  • Website Statis

Website Statis merupakan web yang halamannya tidak berubah, biasanya untuk melakukan perubahan dilakukan secara manual dengan mengubah kode. Website statis informasinya merupakan informasi satu arah, yakni hanya berasal dari pemilik softwarenya saja, hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja. Contoh website statis adalah profil perusahaan.

Baca Lainnya :  Komponen Kebugaran Jasmani

  • Website Dinamis

Website Dinamis merupakan web yang halaman selalu update, biasanya terdapat halaman backend (halaman administrator) yang digunakan untuk menambah atau mengubah konten. Web dinamis membutuhkan database untuk menyimpan. Website dinamis mempunyai arus informasi dua arah, yaitu berasal dari pengguna dan pemilik, sehingga pengupdate-an dapat dilakukan oleh pengguna dan juga pemilik website.


  • Website Interaktif

Website interaktif merupakan suatu website yang diperuntukkan untuk berhubungandengan orang lain secara online. Pengguna website jenis ini umumnya komunitas ataupun pengguna internet aktif.


Unsur-Unsur Website

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur website, yakni sebagai berikut:


Nama Domain

Domain merupakan alamat permanen situs di dunia internet untuk menandai situs atau dengan kata lain alamat yang dipakai untuk mendeteksi situs kita pada dunia internet. Contohnya ialah https://pakdosen.co.id/.

Berikut beberapa bagain dari nama domain, antara lain:

Domain Generik

Domain Generik merupakan domain yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Sering disebut top level domain dan tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar. Berikut contoh dari domain generik, antara lain:

  1. .com: top level domain untuk kebutuhan komersil (commercial)
  2. .mil: domain untuk kebutuhan militer (military)
  3. .gov: domain untuk pemerintahan (government)
  4. .edu: domain yang ditujukan untuk dunia pendidikan (education)
  5. .org: domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).

Domain Khusus Negara

Domain Khusus Negara merupakan domain yang berhubungan dengan dua huruf ekstensi dan sering juga disebut second level domain. Berikut contoh dari domain khusus negara, antara lain:

  1. .co.id: Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah.
  2. .ac.id: Untuk Lembaga Pendidikan
  3. .or.id: Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”, “co.id”, “go.id”, “mil.id” dan lain
  4. .go.id: Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
  5. .mil.id: Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
  6. .war.net.id: untuk industri warung internet di Indonesia
  7. .sch.id: khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
  8. .web.id: Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

Hosting

Hosting merupakan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung besarnya hosting yang disewa atau dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dalam situs.

Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri.

Baca Lainnya :  Evakuasi Korban Bencana

Bahasa Program (Scripts)

Bahasa Program (Scripts) merupakan ahasa yang digunakan untuk menerjemahkan tiap perintah dalam situs ketika diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs.

Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.


Design Web

Sesudah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan dan sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.


Konten Website

Konten Website adalah isi dari sebuah website. Tidak terdapatnya konten website, tentu tidak ada yang dipromosikan kepada pengguna dari website yang kita punya. Ibarat toko, website adalah toko yang kita punya dan konten website merupakan barang yang akan kita promo kepada konsumen.


Tahapan dalam Membangun Situs Website

Berikut ini terdapat empat tahapan dalam membangun sebuah situs website, yakni sebagai berikut:


  • Perancangan (Web Design)

Untuk membuat suatu website yang baik anda memerlukan perencanaan yang matang. Hal yang pertama anda lakukan adalah menentukan model perancangan Software. Ada baiknya jika anda sudah mengetahui cakupan website anda dan berapa lama waktu yang akan digunakan. Sebelum anda membuat file HTML atau mendesign front-end anda membuat desain di kertas terlebih dahulu(Sketching). Hal ini akan memberikan gambaran semetara untuk anda bentuk website anda karena jika anda membuat langsung di HTML dikhawatirkan akan memakan waktu yang lama jika anda ingin mengubahnya. Tentukanlah anda ingin membuat dengan front-end framework apa,dan dibangun berdasarkan php-framework atau javascript-framework. Ada baiknya anda menggunakan management software agar project anda berjalan dengan lancar.


  • Pemerograman Website (Web Programming)

Pemerograman website bisa dibilang proses yang sulit disini anda akan membuat website sesuai dengan desain dan jika anda diminta untuk membuat website yang responsive maka anda harus membuat beberapa desain. Sebagai programmer anda harus berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan yang fatal lihat juga Kesalahan-kesalahan programmer.


  • Website Admin (Web Administration)

Website Admin sebenarnya banyak bagiannnya. Sebagai developer biasanya anda juga disuruh untuk menaruh atau mendaftarkan website anda di google analitik. namun ada juga yang meminta anda menambahkan widget facebook, baik itu fan page, like button,atau login menggunakan facebook. tidak hanya terbatas di facebook ada juga yang meminta menaruh link twitter, google+ dan sosial media lain.

Baca Lainnya :  Paragraf Narasi adalah

  • Keamanan Website (Web Security)

Pada bagian ini adalah bagian yang bisa disebut tidak mudah namun tidak sulit juga. Pada bagian ini anda harus mengetahui hal-hal yang bisa merusak dan mensabotase website anda. Karena jika terjadi hal ini sangat membuat frustasi. Ada baiknya anda membackup website anda di harddisk atau didalam komputer lain secara berkala. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan yang dihasilkan. Jadi anda dapat langsung menroll-back website anda.


Fungsi Website

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari website, yakni sebagai berikut:


  • Fungsi Komunikasi

Situs web yang memiliki fungsi komunikasi pada biasanya merupakan situs web dinamis. Karena dibuat memakai pemograman web (server side) maka dilengkapi dengan layanan yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, misalnya web mail, form contact, chatting form dan lain sebagainya.


  • Fungsi Informasi

Situs web yang mempunyai fungsi informasi pada biasanya lebih mementingkan pada kualitas bagian kontennya, karena tujuan situs tersebut merupakan untuk memberikan isinya. Situs tersebut sebaiknya mengandung teks dan grafik yang bisa di download dengan cepat.


  • Fungsi Entertainment

Situs web juga bisa mempunyai fungsi entertainment atau hiburan. Jika situs web kita berfungsi sebagai tempat hiburan maka pemakaian animasi gambar dan unsur bergerak bisa mengembangkan potensi presentasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa layanan yang memberikan fungsi hiburan ialah game online, film online, music online dan lain-lainnya.


  • Fungsi Transaksi

Situs web bisa dijadikan tempat transaksi bisnis, baik barang maupun jasa. Situs web tersebut mengaitkan dengan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melewati transaksi elektronik. Pembayarannya dapat menggunakan kartu kredit, transfer atau dengan membayar tunai.


Manfaat Website

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari website, yakni sebagai berikut:

  • Website bisa dijadikan tempat atau media hiburan yang murah.
  • Website bisa dijadikan tempat atau media pengenalan perusahaan atau lembaga.
  • Website bisa dijadikan tempat atau media informasi yang cepat dan mudah.
  • Website bisa dijadikan tempat atau media edukasi masyarakat.
  • Website bisa dijadikan tempat atau media berkomunikasi masyarakat diseluruh dunia.
  • Website bisa dijadikan tempat atau media pemasaran dan promosi bisnis yang efektif dengan jangkauan terluas.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Website Menurut Para Ahli: Pengertian, Jenis, Unsur dan Manfaat
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa