√Wayang: Pengertian, Jenis Wayang dan Isi Kandungan dalam Wayang

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Peribahasa? Mungkin anda pernah mendengar kata Peribahasa? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, jenis dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Wayang: Pengertian, Jenis Wayang dan Isi Kandungan dalam Wayang

Pengertian Wayang

Wayang ialah suatu bentuk pementasan tradisional yang dihidangkan oleh seorang pencerita, dengan memakai boneka dan sejenisnya sebagai media pementasan.

Pengertian lain dari Wayang ialah seni pementasan asli Indonesia yang tumbuh pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pementasan ini juga terkenal di jumlah kawasan seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga mempunyai beberapa budaya wayang yang termotivasi oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.

Jenis Jenis Wayang

Berikut ini terdapat beberapa jenis jenis wayang, yakni sebagai berikut:

  • Wayang Kulit

Wayang Kulit ialah salah satu kesenian tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Jawa. Lebih dari hanay pementasan, wayang kulit dahulu diperankan menjadi alat untuk meditasi mengarah roh kebatinan para dewa.

  • Wayang Bambu

Kesenian ini diciptakan dan ditumbuhkan oleh Ki Drajat yang serentak pencerita dan penciptanya. Wayang bambu tersebut diciptakan dari bambu, lebih akuratnya dari ranting bambu bagian dalam.

  • Wayang Golek

Wayang golek ialah suatu seni tradisional asal daerah Sunda pementasan wayang yang tercipta dari boneka kayu, yang tekemuka sangat terkenal di kawasan Tanah Pasundan. Kawasan tranmisinya terhampar luas dari Cirebon di sebelah timur hingga kawasan Banten di sebelah barat, bahkan di daerah Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Barat kadang kala juga dipentaskan pementasan wayang golek.

  • Wayang Orang

Wayang orang ialah wayang yang diperankan dengan memakai orang menjadi aktor dalam alkisah wayang tersebut.

Isi Kandungan Dalam Wayang

Berikut ini terdapat beberapa isi kandungan dalam wayang, yakni sebagai berikut:

  • Wayang Berupa “Momot Kamot”

Wayang ialah alat pementasan yang dapat berisi semua bentuk kehidupan manusia (momot kamot). Gagasan manusia, baik terikat dengan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum serta pertahanan ketenteraman bisa tercantum di dalam wayang.

  • Wayang Berisi Tatanan, Tuntunan, dan Tontonan

Di dalam wayang berisi tatanan, yakni suatu asas yang berisi tata susila. Asas tersebut dipahami dan dijadikan petunjuk bagi para seniman pencerita. Di dalam pementasa wayang berisi tata cara main dan alur pencerita dan macam mana melakonkan wayang, secara bebuyutan dan mentradisi, lama kelamaan menjadi objek yang dipahami sebagai petunjuk.

  • Wayang Sebagai Teater Total

Pementasan wayang dapat dilihat sebagai pementasan teater total, maksudnya menyediakan bentuk-bentuk seni secara total. Dialog antar aktor, mimik narasi, kebatinan, kombangan ialah faktor-faktor penting dalam dramatisasi.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Wayang: Pengertian, Jenis Wayang dan Isi Kandungan dalam Wayang
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  Dividen Menurut Para Ahli : Pengertian Serta Jenis-Jenisnya
Baca Lainnya :  Gelombang Radio
Baca Lainnya :  √Talamus: Pengertian, Fungsi, Letak, Struktur Serta Bagiannya Lengkap