√Wawancara: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi, dan Tujuan Wawancara

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentan Wawancara? Mungkin anda pernah mendengar kata Wawancara? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, jenis, fungsi dan tujuan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Wawancara: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi, dan Tujuan Wawancara

Pengertian Wawancara

Wawancara ialah suatu pembicaraan antara dua atau lebih orang yang dilakukan oleh interview dan informan.

Ada juga yang mencetuskan bahwa wawancara ialah suatu struktur hubungan antar ucapan yang dilakukan secara teratur oleh dua orang atau lebih, baik secara terang-terangan maupun jarak jauh, untuk berbicara mengenai informasi tertentu guna untuk memperoleh tujuan tertentu.

Wawancara mempunyai tujuan yang terbuka dan mempunyai manfaat yang melampaui maksud dari diskusi biasa. Teknik wawancara ini berlaku dengan adanya komunikasi keluar masukan antara interview dengan orang yang diwawancarai, untuk menelurusi objek tertentu yang dibahas.

Cir-Ciri Wawancara

Setiap interview harus mampu membentuk keadaan yang kondusif dan tidak canggung selama wawancara. Dengan begitu, informan dapat menanggapi pertanyaan yang disampaikan. Berikut ini adalah ciri-ciri yang harus dipunyai seorang interview, yakni sebagai berikut:

  • Ramah

Interview harus sanggup membentuk keadaan yang menarik hati informan. Hal ini biasanya dilakukan dengan melakukan sebuah deskripsi melekat pertanyaan yang akan disampaikan.

  • Netral

Interview harus sanggup berbicara netral, dalam artian tidak merespon komentar sepakat atau tidak sepakat tentang pernyataan yang disampaikan oleh informan. Tugas utama interview ialah menampilkan pertanyaan dan mencatat semua bukti yang disampaikan oleh informan.

  • Mencegah Ketegangan

Interview seharusnya mencegah ketegangan dalam proses wawancara, makan informan tidak menganggap tes. Hal ini mampu memperoleh dengan membagikan beberapa pertanyaan yang sesuai dengan objek dan terarah.

  • Adil

Interview harus sanggup memasukkan diri sebagai orang yang netral dan memandang informan dengan sama. Dengan begitu, interview tetap sopan dan menghargai semua informan tidak tahu bagaimanapun keadaannya.

Baca Lainnya :  √Mitos: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi dan Contoh Mitos di Sekitar Kita

Jenis Wawancara

Berikut ini adalah jenis-jenis wawancara, yakni sebagai berikut:

  • Wawancara Terpimpin

Wawancara terpimpin ialah jenis wawancara dimana interview sudah mempunyai catatan pertanyaan yang sudah komplet dan terdaftar untuk menyajikan kepada informan.

  • Wawancara Bebas Terpimpin

Wawancara bebas terpimpin ialah jenis wawancara dimana interview melaksanakan perpaduan antara wawancara terpimpin dengan wawancara bebas, dimana pengelola sesuai dengan arahan tentang objek yang dibahas.

  • Wawancara Bebas

Wawancara bebas ialah jenis wawancara dimana interview bebas menerima pertanyaan kepada informan, akan tetapi harus tetap mencermati hubungan antara pertanyaan dengan bahan yang penting. Pada wawancara bebas sekali-kali pertanyaan menjadi tak teratur jika tidak berjaga-jaga.

Fungsi Wawancara

Berikut ini adalah fungsi dari wawancara, yakni sebagai berikut:

  • Menjauhi kekeliruan informasi maupun data yang berliku-liku
  • Informasi maupun data dari diperoleh wawancara ialah penambahan informasi awal
  • Menerima informasi secara menyeluruh
  • Memperoleh informasi maupun data yang netral dan adit
  • Menelurusi kesempatan adanya sudut pandang baru atas suatu persoalan

Tujuan Wawancara

Berikut ini adalah tujuan dari wawancara, antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk menelurusi dan memperoleh informasi maupun data dari orang pertama
  2. Untuk memenuhi informasi maupun data yang dirangkaikan dari teknik dokumentasi data lainnya
  3. Untuk memperoleh pengesahan dengan menguji hasil dokumentasi data lainnya

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Wawancara: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi, dan Tujuan Wawancara
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya