VPN adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang VPN? Mungkin anda pernah mendengar kata VPN? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, manfaat, jenis, cara kerja, kelebihan, kekurangan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

VPN adalah

Pengertian VPN

Virtual Private Network (VPN) termasuk teknologi komunikasi yang memungkinkan anda terhubung dengan jaringan publik. Dengan menggunakan VPN, maka jaringan perusahaan yang memanfaatkan infrastruktur IP bisa tersambung dengan kantor cabangnya secara private. Tentu saja dengan sistem pengamanan transmisi data yang lebih baik. Berikut adalah penjelasan maknanya Virtual yaitu hal yang tidak nyata atau semu, di dunia maya/ internet, Private yaitu sebuah sifatnya pribadi, tidak bisa diakses sembarang orang. Untuk menjaga kerahasiannya dari jaringan publik maka semua data akan di-enkripsi, Sedangkan Network yaitu sebuah jaringan koneksi yang saling terhubung. Jadi dapat disimpulkan VPN adalah Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi.


Fungsi VPN

Berikut adalah fungsi VPN antara lain yakni:


  • Sebagai salah satu upaya untuk menjaga kerahasiaan data dan informasi penggunanya. Sehingga, data tersebut tidak bisa diakses oleh sembarangan orang.
  • Untuk menyelamatkan data dari para oknum yang tidak bertanggung jawab.
    Untuk melakukan autentikasi terhadap sumber pengirim data yang mau diterima. VPN juga bisa memastikan, sekaligus mengecek data yang masuk dari sumbernya sehingga dapat menganalisis sumber-sumber data yang tidak kredibel agar dapat mencegah kiriman file virus atau malware.

Manfaat VPN

Adapun beberapa manfaat vpn antara lain yaitu:


1. Privasi

Maksudnya dengan menggunakan vpn akan lebih terjamin karna adanya fitur menyembunyikan kegiatan dari ISP saat berselancar di internet. Pengguna VPN dapat menyembunyikan alamat IP sehingga ketika melakukan browsing internet maka pihal lain tidak akan mengetahui lokasi geografis pengguna

Baca Lainnya :  Pengertian Kurikulum

2. Remote Acces

Dengan adanya VPN ini juga maka kita dapat mengakses jaringan komputer di kantor atau juga di mana saja dengan melalui jaringan internet.


3. Keamanan

VPN dapat membantu menjaga keamanan jaringan internet dari serangan hacker, apalagi bila memakai WiFi umum.


4. Hemat Biaya

VPN membantu penghematan biaya pengaturan jaringan. Penggunaan VPN pada jaringan lokal yang luas dapat dilakukan dengan biaya murah karena menggunakann jaringan internet yang telah ada tanpa harus membanguna jaringan sendiri.


5. Dapat mengakses akses yang diblok

Biasanya kita tidak dapat mengakses situs web yang diblokir oleh pemerintah dengan menggunakan VPN apabila kita membuka situs yang di blok dapat terbuka.


Jenis -Jenis VPN

Berikut adalah beberapa jenis-jenis VPN antara lain yaitu:


1. VPN PPTP

VPN PPTP singkatan dari Point-to-Point Tunneling Protocol (Protokol Kanalisasi Titik ke Titik). Seperti nama yang disandangnya, VPN PPTP menciptakan kanal dan menangkap data. Nama yang cukup panjang untuk VPN yang paling umum digunakan. VPN PPTP digunakan oleh para pengguna jarak jauh untuk menyambungkan mereka dengan jaringan VPN menggunakan koneksi internet mereka yang sudah ada. VPN sangat bermanfaat baik bagi pengguna bisnis atau pengguna rumahan. Untuk mengakses VPN, pengguna masuk VPN memakai kata sandi yang sudah diakui. VPN PPTP ideal untuk penggunaan pribadi dan bisnis sebab mereka tidak perlu membelinya dan pemasangan perangkat keras ekstra dan fasilitasnya secara khusus dijajakan sebagai perangkat lunak tambahan yang tidak mahal. VPN PPTP juga digunakan secara luas karena kompatibilitas-nya dengan sistem Windows, Mac dan Linux. Meskipun VPN PPTP tampaknya punya banyak manfaat, ada kerugian untuk VPN ini. Kerugian dari memakai VPN PPTP adalah layanan ini tidak menyediakan enkripsi, yang pada umumnya merupakan alasan mengapa orang memakai VPN. Kerugian lain adalah ketergantungannya pada PPP atau Protokol dari Titik ke Titik untuk melaksanakan tindakan pengamanan.


2. Intranet VPN

Jenis VPN ini sering disebut juga dengan site to site VPN. Biasanya jenis VPN ini sering digunakan untuk menyambungkan antara kantor cabang dengan kantor pusat. Cara untuk menghubungkannya adalah lewat shared network. Sedangkan untuk koneksi yang digunakan adalah, koneksi dedicated atau koneksi yang permanen.

Baca Lainnya :  Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

3. Extranet VPN

Biasanya digunakan untuk menghubungkan kantor dengan pihak luar. Misalnya saja, untuk menghubungkan kantor dengan supplier, pelanggan, rekan bisnis, dan komunitas dalam jaringan internet. Tentu saja jenis jaringan ini menggunakan koneksi dedicated. Dengan extranet VPN inilah setiap perusahaan bisa berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cepat, mudah, dan aman.


4. VPN L2TP

L2TP merupakan singkatan dari Layer to Tunneling Protocol (protokol lapisan ke kanalisasi) yang dikembangkan oleh Microsoft dan Cisco. VPN L2TP merupakan VPN yang secara khusus digabungkan dengan protokol keamanan VPN lainnya guna membentuk koneksi VPN yang lebih aman. VPN L2TP membentuk kanal antara dua titik koneksi L2TP dan VPN lain seperti protokol IPsec yang mengenkripsi data dan memusatkan pada mengamankan komunikasi antar kanal-kanal.

L2TP juga serupa dengan PPTP. Kesamaan ini ada kaitannya dengan kekurangan mereka dalam hal enkripsi dan keduanya juga bersandar pada protokol PPP untuk melakukan itu. Keduanya mulai memunculkan perbedaan berkenaan dengan kerahasiaan data mereka dan integritas datanya. VPN L2TP menyediakan keduanya sedangkan VPN PPTP tidak demikian.


5. Routing Protocols (MPLS/BGP)

Multi-Protocol Label Switching (MPLS) tidak cocok digunakan oleh pengguna biasa sebaliknya sangat ideal untuk perusahaan atau bisnis dengan koneksi situs ke situs (site-to-site). Semua konfigurasi dilakukan di tingkat jaringan sehingga pengguna akhir akan melihat koneksi jaringan yang nyata saja.


6. IP sec

IPsec merupakan singkatan dari  Internet Protocol Security. IPsec merupakan protokol VPN yang digunakan untuk mengamankan komunikasi internet lintas jaringan IP. Kanal dipersiapkan di situs jauh yang memungkinkan akses ke situs pusat Anda. IPsec berfungsi untuk mengamankan komunikasi protokol internet dengan memverifikasi masing-masing sesi dan mengenkripsi secara individu paket data di seluruh koneksi. Ada dua mode di mana VPN IPsec beroperasi. Dua mode tersebut adalah mode transportasi dan mode kanalisasi. Kedua mode ini memproteksi transfer data antara dua jaringan yang berbeda. Selama mode transportasi, pesan dalam paket data dienkripsi. Dalam mode kanalisasi, seluruh paket data dienkripsi. Keuntungan pada penggunaan VPN IPsec adalah VPN ini dapat juga dipakai sebagai tambahan pada protokol keamanan lainnya guna memberikan sistem keamanan yang lebih tangguh.

Baca Lainnya :  Processor Adalah

Meskipun IPsec merupakan VPN yang layak untuk dimiliki, kekurangan terbesar dari memanfaatkan protokol ini adalah pemasangan klien yang memakan banyak waktu berharga yang pasti terjadi sebelum bisa memakainya.


Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN sendiri yaitu dengan membuat jaringan di dalam jaringan (sering disebut dengan tunneling). Tunneling bertujuan untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan memanfaatkan infrakstruktu jaringan lain. Umumnya, saat mengakses website itu pasti Anda akan terhubung dengan ISP.

Semua traffic data permintaan website yang diakses melewati server ISP dan bisa dilihat ISP juga. Beda halnya bila menggunakan VPN. Maka, VPN bisa mengenkripsi data agar pengguna bisa mengetahui traffic penggunanya dan situs yang dibuka penggunanya. Melihat dari sini, maka cara kerja vpn adalah sebagai berikut ini:

  1. ISP tidak akan mengetahui kegiatan/aktivitas pengguna VPN di internet
  2. Alamat IP yang terlihat merupakan IP server VPN
  3. Penggunaan hotspot WiFi publik menjadi lebih aman disebabkan karena data terenkripsi
  4. Provider VPN juga dapat melihat aktivitas pengguna VPN di internet

Kelebihan VPN

Berikut adalah kelebihan VPN antara lain yakni:


  • Bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus yang aman, maka VPN merupakan solusi dengan biaya yang lebih murah
  • Dengan adanya VPN ini maka mobilitas perusahaan akan lebih baik yang mana para pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor dengan melalui perangkat pribadi di rumah
  • Fitur kemanan VPN ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan VPN

Adapun beberapa kekurangan Vpn antara lain yaitu:


  • Pada saat menyediakan akses ke karyawan dengan secara global, maka faktor kemanan menjadi resiko tersendiri disebabkan informasi sensitif perusahaan itu dapat diakses.
  • Diperlukan juga perhatian ekstra dalam penetapan sistem keamanan VPN

Demikian Penjelasan Materi Tentang VPN adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi