Vakuola adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Vakuola? Mungkin anda pernah mendengar kata Vakuola? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, fungsi, struktur, perbedaan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Vakuola adalah

Pengertian Vakuola

Vakuola merupakan sebuah organel sel berupa kantong-kantong yang memiliki membran besar. Adapun vakuola berukuran kecil yang disebut vesikel. Vakuola ini sangat membantu makhluk hidup supaya mampu beradaptasi ataupun hidup. Vakuola juga termasuk kompartemen dalam sel yang diisi dengan air. Vakuola juga mungkin mengandung molekul anorganik dan organik. Beberapa vesikel membran menyatu dan menimbulkan vakuola. Tidak ada bentuk khusus untuk vakuola. Bentuk Vakuola ini bervariasi sesuai dengan kebutuhan sel.


Pengertian Vakuola Tumbuhan merupakan sel pada tumbuhan yang memiliki ukuran yang besar, terletak di tengah sel dan sebagian besar ada di sel tumbuhan dewasa. Ukuran vakuola tumbuhan cukup untuk menempati area volume sel yang sangat besar. Sebagian besar waktu, itu mengandung benang sitoplasma, mengalir melalui vakuola. Vakuola dikelilingi oleh membran bernama tonoplast. Fungsi utama tonoplast adalah untuk memisahkan konten lain dari sitoplasma. Fungsi lain dari Tonoplas termasuk pengaturan pergerakan ion yang ada di sekitar sel. Untuk menstabilkan pH sitoplasma, proton diangkut dari sitoplasma ke vakuola. Ini adalah alasan utama bahwa bagian dalam vakuola tumbuhan umumnya lebih asam dibandingkan bagian sel lainnya. Ini adalah prosedur dari mana kekuatan motif proton dibuat yang berguna bagi sel untuk memindahkan berbagai jenis nutrisi melintasi vakuola. Tindakan enzim degradatif menjadi mungkin hanya karena lingkungan asam vakuola.

Baca Lainnya :  Manajemen Pemasaran

Ciri-ciri Vakuola Tumbuhan

Berikut adalah ciri-ciri vakuola tumbuhan antara lain yakni:


  • Vakuola umumnya berukuran besar
  • Organel ini dibungkus oleh suatu membran tunggal yang disebut tonoplas.
  • Sel yang masih muda pada umumnya akan memiliki banyak vakuola yang berukuran kecil
  • Vakuola terbentuk dari retikulum endoplasma “RE”.

Fungsi Vakuola Pada Tumbuhan

Vakuola pada tumbuhan memiliki fungsi sebagai wadah penumpukan sisa metabolisme yang ada di dalam tubuh contohnya seperti getah, yang sebagai wadah untuk menyimpan makanan seperti garam mineral atau pun sukrosa. Selain itu, fungsi vakuola yakni menghubungkan sitoplasma dengan dinding sel yang berguan membantu proses masuk keluarnya zat yang terdapat pada tumbuhan agar bisa berlajan lancar serta berfungsi sebagai tempat penguatan sel sel yang belum tua (Masih muda).


Pengertian Vakuola Hewan merupakan sel pada hewan berupa kantong- kantong membran dan sebagian besar kasus, vakuola yang ada di sel hewan berukuran lebih kecil tetapi pada saat yang sama, vakuola besar dan tersebar di mana-mana di dalam sel hewan.


Ciri-ciri Vakuola Hewan

Berikut adalah ciri-ciri vakuola tumbuhan antara lain yakni:


  • Bentuknya berupa ruang berongga yang diliputi oleh tonoplas.
  • Di dalam rongga vakuola terdapat cairan bening.
  • Pada sel tumbuhan, ukuran vakuola lebih besar dan diisi air.
  • Pada sel hewan, ukuran vakuola jauh lebih kecil.
  • Umumnya vakuola hanya dijumpai pada hewan uniseluler.

Fungsi Vakuola Pada Hewan

Vakuola pada hewan memiliki fungsi sebagai eksositosis dan endositosis dimana mereka melayani fasilitas penyimpanan selama eksositosis. Vakuola sel hewan berguna untuk mengatasi partikel asing yang mungkin bakteri. Merupakan kewajiban membran sel untuk melakukan invaginasi untuk tujuan utama menelan bakteri. Dalam proses ini, vakuola terbentuk. Ketika Lisosom menyatu dengan jenis vakuola ini dan kemudian melepaskan lisozim, penghancuran partikel asing yang tidak diinginkan ini memungkinkan.

Baca Lainnya :  Destilasi adalah

Struktur Vakuola

Seperti yang telah di bahas di atas tadi, bahwa Vakuola merupakan organela sitoplasmik yang didalamnya berisi cairan dan juga dibatasi oleh selaput tipis yang disebut tonoplas. Bentuk dari vakuola ini sendiri adalah cairan yang di dalamnya terlarut berbagai zat seperti enzim, mineral, asam, lipid, alkaloid, garam dan basa. Pada sel tumbuhan, seluruh jenis tumbuhan memiliki vakuola, yang mana semakin tua suatu tumbuhan tersebut, maka vakuola yang terbentuk juga akan semakin besar.Vakuola sendiri berfungsi sebagai tempat menyimpan zat makanan berupa sukrosa & garam mineral, selain itu, vakuola juga menjadi tempat penimbunan sisa metabolisme, seperti getah yang ada di batang karet (tumbuhan).


Perbedaan utama Vakuola Tumbuhan dan Hewan

  • Ukuran sel tumbuhan besar dan mungkin mengandung hampir 90% ruang sel tumbuhan. Di sisi lain, ukuran vakuola hewan lebih kecil.
  • Dalam sebagian besar kasus, hanya satu vakuola sentral besar yang ada dalam sel tumbuhan. Biasanya, lebih dari satu vakuola berfungsi dalam sel hewan.
  • Struktur vakuola sel tumbuhan bersifat permanen di sebagian besar kasus. Sebaliknya, struktur vakuola hewan bersifat sementara.
  • Anda dapat menemukan letak vakuola tumbuhan di tengah. Di sisi lain, vakuola hewan didistribusikan di semua tempat di sel hewan.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Vakuola adalah: Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur, Perbedaan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi