Tindakan Sosial

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Tindakan Sosial? Mungkin anda pernah mendengar kata Tindakan Sosial? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian menurut para ahli, ciri, jenis, bentuk, tipe, faktor, teori dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Tindakan Sosial: Pengertian, Ciri, Jenis Serta Contoh Tindakan Sosial

Pengertian Tindakan Sosial

Tindakan sosial ialah sikap manusia untuk memperoleh tujuan indivual dirinya. Perbuatan yang dijalankan atau dihaluan ke benda mati ataupun yang tidak mempunyai ketergantungan dengan orang lain itu bukan tindakan sosial.


Pengertian Tindakan Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian tindakan sosial menurut para ahli yaitu:

1. Menurut Wikipedia

Tindakan sosial adalah suatu tindakan yang memiliki makna yaitu ketika individu yang berinteraksi dengan individu lain dan hasilnya individu tersebut dapat mempengaruhi perilaku individu lainnya.


2. Menurut Max Weber 

Tindakan Sosial adalah sebagai tindakan manusia yang dapat memengaruhi individu-individu lainnya dalam masyarakat.


3. Menurut Emile Durkheim 

Tindakan Sosial adalah Sebagai perilaku manusia yang diarahkan oleh norma-norma dan tipe solidaritas kelompok tempat ia hidup.


4. Menurut Karl Marx 

Tindakan Sosial adalah Sebagai Aktvitas manusia yang berusaha menghasilkan barang, atau mencoba sesuatu yang unik untuk mengejar tujuan tertentu .Tidak semua tindakan manusia dapat dianggap sebagai tindakan sosial. 


Ciri-Ciri Tindakan Sosial

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri tindakan sosial, yakni sebagai berikut:

  1. Tindakan berperngaruh indivual
  2. Tindakan visibel yang mempunyai sifat emosial dan sifat indivual
  3. Tindakan yang bermakna positif
  4. Tindakan dihaluan kepada orang lain
  5. Tindakan yang dijalankan menjadi respons mengenai tindakan orang lain.
Baca Lainnya :  Paragraf Deduktif adalah

Jenis-Jenis Tindakan Sosial

Berikut ini terdapat 4 jenis-jenis tindakan sosial, yakni sebagai berikut:

  • Tindakan Sosial Rasional

Tindakan sosial rasional ialah tindakan sosial yang dijalankan dengan penilaian dan alternatif secara paham ataupun inisiatif.


  • Tindakan Sosial Irasional

Tindakan sosial irasional ialah tindakan sosial yang berhubungan pada sebuah struktur nilai spesifik.


  • Tindakan Sosial Tradisional

Tindakan sosial tradisional ialah tindakan sosial yang memakai pandangan tradisi yang sudah normal sehingga tidak memandang prosedur sosial dan tujuannya.


  • Tindakan Sosial Afektif

Tindakan sosial afektif ialah tindakan sosial yang sepihak besar perbuatannya diotoritaskan perasaan atau tanpa menjalankan penilaian yang mendetail.


Bentuk-Bentuk Tindakan Sosial

Berikut ini adalah bentuk-bentuk tindakan sosial yaitu:

1. Tindakan sosial yang bersifat rasional

Tindakan sosial yang bersifat rasional adalah tindakansosial yang dilakukan dengan pertimbangan dan pilihansecara sadar, meliputi suatu unsur yang sistematis danteratur untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.Contohnya, Pak Wawan sebagai pelatih sepak bola diSMPN 1 Kujang mengatur taktik permainan untukmemenangkan babak final kejuaraan sepak bolaantarsiswa SMP se-kabupaten.Contoh lainnya, untuk membantu pemahamanmengenai pelajaran yang tidak bisa dimengerti di sekolah,Andri bergabung dengan sebuah lembaga bimbinganbelajar terkemuka yang ada di kotanya.


2. Tindakan sosial yang bersifat irasional

Tindakan sosial yang bersifat irasional adalah tindakansosial yang berorientasi pada suatu sistem nilai tertentu.Tindakan yang akan dilakukan bersifat tiba-tiba tanpamemperhitungkan asas dan tujuan tindakan. Contohnya,menolong orang yang kecelakaan. Contoh lainnya adalahmemberi persembahan kepada jin penunggu tempatyang dikeramatkan.


3. Tindakan sosial yang bersifat tradisional

Tindakan sosial yang bersifat tradisional adalah tindakansosial yang menggunakan pertimbangan tradisi yangsudah baku, sehingga tidak memperhitungkan prosessosial dan tujuannya.Contohnya Upacara Seba, yaitu kebiasaan tradisionalsuku Badui saat mengadakan kunjungan ke kepalakabupaten setempat. Contoh lain adalah mencium tangandan mengucapkan salam kepada orang tua saat akan pergidari rumah.


Tipe Tindakan Sosial

Berikut ini adalah beberapa tipe tindakan sosial yaitu:

  • Tindakan rasionalitas instrumental (Zwerk Rational)

Tindakan ini merupakan suatu tindakan sosial yang dilakukan seseorang didasarkan atas pertimbangan dan pilihan sadar yang berhubungan dengan tujuan tindakan itu dan ketersediaan alat yang dipergunakan untuk mencapainya. Contohnya : Seorang siswa yang sering terlambat dikarenakan tidak memiliki alat transportasi, akhirnya ia membeli sepeda motor agar ia datang kesekolah lebih awal dan tidak terlambat. Tindakan ini telah dipertimbangkan dengan matang agar ia mencapai tujuan tertentu. Dengan perkataan lain menilai  dan  menentukan  tujuan  itu dan bisa saja  tindakan  itu dijadikan sebagai cara untuk mencapai  tujuan  lain.

Baca Lainnya :  Bipolar adalah

  • Tindakan rasional nilai (Werk Rational)

Sedangkan tindakan rasional nilai memiliki sifat bahwa alat-alat yang ada hanya merupakan pertimbangan dan perhitungan yang sadar, sementara tujuan-tujuannya sudah ada di dalam hubungannya dengan nilai-nilai individu yang bersifat absolut. Contoh : perilaku beribadah atau seseorang mendahulukan orang yang lebih tua ketika antri sembako. Artinya, tindakan sosial ini telah dipertimbangkan terlebih dahulu karena mendahulukan nilai-nilai sosial maupun nilai agama yang ia miliki.


  • Tindakan afektif/Tindakan yang dipengaruhi emosi (Affectual Action)

Tipe tindakan sosial ini lebih didominasi perasaan atau emosi tanpa refleksi intelektual atau perencanaan sadar. Tindakan afektif sifatnya spontan, tidak rasional, dan merupakan ekspresi emosional dari individu. Contohnya: hubungan kasih sayang antara dua remaja yang sedang jatuh cinta atau sedang dimabuk asmara. Tindakan ini biasanya terjadi atas rangsangan dari  luar yang bersifat otomatis sehingga bias berarti


  • Tindakan Tradisional/Tindakan karena kebiasaan (Traditional Action)

Dalam tindakan jenis ini, seseorang memperlihatkan perilaku tertentu karena kebiasaan yang diperoleh dari nenek moyang, tanpa refleksi yang sadar atau perencanaan. Tindakan pulang kampong disaat lebaran atau Idul Fitri.


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tindakan Sosial

Berikut ini adalah beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan sosial yaitu:

  1. Dorongan untuk memenuhi kebutuhan hidup
  2. Dorongan untuk mempertahankan kelangsungan hidup
  3. Dorongan untuk melanjutkan keturunan

Teori Tindakan Sosial

System kehidupan ini dapat dianalisis melaui dua dimensi yaitu : interaksi antar bagian-bagian / elemen-elemen yang membentuk system dan interaksi / pertukaran antar system itu dengan lingkungannya. Talcott Parsons membangun suatu teori system umum / Grand Theory yang berisi empat unsure utama yang tercakup dalam segala system kehidupan, yaitu : Adaptation, Goal Attainment, Integration dan Latent Pattern Maintenance. Talcott Parsons mengemukakan teori sebagai berikut :

Sitem Sosial
Sistem Budaya ==> Individu ==> Perilaku
Sistem Kepribadian


Contoh Tindakan Sosial

Berikut ini adalah beberapa contoh tindakan sosial yaitu:

Baca Lainnya :  √Tumbuhan Dikotil: Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh

1. Tindakan sosial rasional, antara lain:

Untuk membantu pengetahuan tentang pelajaran yang tidak bisa dipahami di sekolah, Ahmad berasosiasi dengan badan pengarahan belajar terkenal yang terdapat di daerahnya.


2. Tindakan sosial irasional, antara lain:

  1. Membantuk orang yang terkena musibah kecelakaan.
  2. Membagikan hidangan pada iblis penunggu tempat yang bertuah.

3. Tindakan Sosial Tradisional, antara lain:

Upacara adat budaya yang masih berjalan di semua kawasan di Indonesia. Aktivitas tersebut dijalankan mencontohi kerutinan yang sudah bebuyutan.


4. Tindakan sosial afektif, antara lain:

Seseorang ibu-ibu menangis dengan mendengar kabar sedih dari suaminya, kalau anaknya mengalami kecelakaan. Tindakan tersebut sebagai ekspresi langsung tanpa terlebih dahulu memandang argumen tujuannya.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Tindakan Sosial: Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis, Bentuk, Tipe, Faktor, Teori dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.