Tes Wartegg

Diposting pada

Tes Wartegg: Pengertian, Contoh dan Tips Cara Mengerjakan


Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Tes Wartegg? Apakah kalian pernah mendengar istrilah dari Tes Wartegg? Jangan khawatir jika kalian belum pernah mendengarnya, disini PakDosen akan membahas secara rinci tentang pengertian, contoh dan tips cara mengerjakan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Tes-Wartegg

Bagi yang sudah pernah melamar kerja di sebuah perusahaan, pastinya tidak asing dengan yang namanya tes wartegg. Salah satu tes psikologi tersebut juga selalu hadir apabila menjalankan tes IQ untuk memahami seberapa baik keahlian berpikir sesorang.

Hampir setiap perusahaan memakai tes masuk kerja dimana salah satunya merupakan wartegg test. Jadi, buat anda yang akan melamar kerja, simak penjelasan dibawah ini.


Pengertian Tes Wartegg

Tes Wartegg adalah salah satu dari tes psikotes. Tujuan tes ini adalah untuk memahami karakter seorang calon karyawan. Perusahaan akan mencari 8 karakter yang paling menonjol dan dicari dari seorang calon karyawan sehingga tidak salah pilih kedepannya.

Tes wartegg dicirikan dengan terdapatnya 8 buah kotak kosong dengan masing-masing kotak terdapat tinta dengan bentuk yang berbeda satu dengan lainnya. Misalnya, coretan, titik dan garis.

 

Contoh Gambar Tes Wartegg dan Pembahasannya

Contoh-Gambar-Tes-Wartegg-dan-Pembahasannya

Pembahasannya:

  1. Kotak 1: Titik-titik hitam kecil menunjukkan kelincahan, pusat sentral Gambarlah makhluk hidup memiliki karakteristik, seperti serangga, laba-laba, kupu-kupu
  2. Kotak 2: Bentuk S terbalik menggambarkan kebebasan, menggelepar Gambarlah burung terbang.
  3. Kotak 3: Baris ketiga menunjukkan kemauan dan tekad untuk selalu memperbaiki diri. Gambarlah pagar, tangga, tiang listrik, dsb.
  4. Kotak 4: kotak hitam kecil di sudut kanan atas, menunjukkan konstruksi yang kuat Gambarlah bangunan, atau konstruksi beton, dll yang menunjukkan kekuatan.
  5. Kotak 5: Dua garis di sudut kiri bawah, menunjukkan bagaimana ketepatan pemecahan masalah Gambarlah objek yang kompleks, cepat, tepat, seperti balap motor atau mobil.
  6. Kotak 6: Dua garis membentuk segi empat Menunjukkan kesederhanaan tapi tetap menyuguhkan realitas. Gambarlah kamera, televisi, komputer.
  7. Kotak 7: Titik kurva Menunjukkan garis yang tidak dapat diproses secara sembarangan, harus diperlakukan dengan hati-hati. Contoh: ulat, ular.
  8. Kotak 8: Garis melengkung menunjukkan kebesaran, kebijaksanaan. Gambarlah makhluk hidup yang besar dan menunjukkan kewibawaan, seperti gajah.
Baca Lainnya :  Sanitasi adalah

Tips Cara Mengerjakan Tes Wartegg

Pada saat ini kamu sudah tahu akan arti dan maksud dari kotak-kotak yang diberikan pada tes wartegg tersebut. Nah, supaya kamu dapat lulus tes tersebut. Berikut tips cara mengerjakan tes wartegg yang dapat kamu terapkan, yakni sebagai berikut:

  • Jaga kertas dalam keadaan bersih.
  • Jika kamu seorang pria, jangan mulai dari nomor 5 karena jika kamu mulai dari nomor 5, berarti kamu memiliki kelainan seksual.
  • Mulai dari gambar yang paling mudah diselesaikan oleh kamu.
  • Penomoran gambar tidak terlalu urut (1,2,3,4,5,6,7,8), atau tidak begitu acak. Jika perintah terlalu urut, berarti kamu orang yang kaku, jika terlalu acak berarti kamu tidak dapat mengikuti aturan.
  • Untuk nomor baris (3,4,5,6) gambarlah benda mati dan bersifat maskulin.
  • Untuk nomor 1,2, 7,8 gambarlah makhluk hidup dan bentuk-bentuk menunjukkan sifat feminin.
  • Berikan nama untuk masing-masing gambar di bagian kertas yang kosong.
  • Sebagai catatan: jangan menghafal jawaban yang sudah kamu buat, lebih baik kamu pahami maksud dan tujuannya karena bisa jadi syarat yang diberikan antara satu tes dengan tes lainnya berbeda.
  • Apabila kamu sudah paham maksud tes tersebut maka tidak akan jadi masalah apabila peraturan mengerjakannya di ubah bukan.

Contoh Hasil Gambar Tes Wartegg

Berikut contoh hasil gambar dari tes wartegg, yakni sebagai berikut:

Hasil Gambar Tes Wartegg 1
Hasil Gambar Tes Wartegg 2
Hasil Gambar Tes Wartegg 3
Hasil Gambar Tes Wartegg 4

Demikian Penjelasan Materi Tentang Tes Wartegg: Pengertian, Contoh dan Tips Cara Mengerjakan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Mahasiswa