Teks Ulasan

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentan Teks Ulasan? Mungkin anda pernah mendengar kata Teks Ulasan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian menurut para ahli, ciri, struktur, jenis, kaidah, unsur, manfaat, langkah dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Teks Ulasan Menurut Para Ahli (Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contoh)

Pengertian Teks Ulasan

Teks Ulasan merupakan teks yang mengandung penilaian, ulasan, resensi ataupun review mengenai suatu karangan misalnya film, buku, novel, drama dan lain sebagainya untuk dijadikan pedoman tinggkat atau karakteristik serta keunikan sebuah karya kepada pembaca. Teks ulasan bertujuan untuk memberikan pengetahuan datau suka duka penulis saat membaca ataupun menonton sebuah karya yang nantinya disampaikan kepada pembaca dalam teks ulasan dengan memakai kaidah bahasa dan etika yang sopan santun.


Pengertian Teks Ulasan Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat dua pendapat dari para ahli mengenai teks ulasan, yakni sebagai berikut:

1. Menurut Gerot & Wignell

Menurut pendapat dari Gerot & Wignell, teks ulasan merupakan teks yang berfungsi untuk mengukur, menilai dan memikirkan kritik mengenai karya atau kejadian yang diulas tersebut.


2. Menurut Hyland & Diani

Menurut pendapat dari Hyland & Diani, teks ulasan merupakan teks yang mengupas dan menilai sebuah karya sastra yang sebagian besar dijadikan tolak ukur untuk meningkatkan sebuah karya kepada pembaca itu sendiri.


Ciri-Ciri Teks Ulasan

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri teks ulasan, yakni sebagai berikut:

  • Struktur teks ulasan terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  • Berisi informasi menurut opini dari penulis.
  • Dikenal dengan kata lain yaitu, resensi
  • Pendapat dan penilaiannya menurut fakta yang sebenarnya.

Struktur Teks Ulasan

Berikut ini terdapat beberapa struktur teks ulasan, yakni sebagai berikut:

  • Orientasi

Orientasi adalah bagian yang mengandung mengenai persepsi nama, kegunaan, latar belakang untuk dijadikan sebagai gambaran umum dari sebuah karya yang akan dibahas.


  • Tafsiran

Tafsiran adalah bagian yang mengandung penguraikan secara detail tentang sebuah karya yang dibahas, seperti berisi mengenai bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan dan kualitas.


  • Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang mengandung opini dari pengamat tentang hasil karya yang dibahas. Evaluasi yang dijalanan sesudah pengamat menjaankan pendapat secara cukup mengenai hasil karya tersebut. Pada bagian evaluasi tersebut, pengamat akan memberikan bagian yang kelebihan dari karya tersebut ataupun bagian kekurangan dari karya tersebut.


  • Rangkuman

Rangkuman adalah bagian yang mengandung inferensi dari ulasan mengenai suatu karya. Bagian tersebut juga berisi komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai atau bermutu atau tidak untuk ditonton ataupun juga dibaca.

Baca Lainnya :  √22 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Dalam Bukunya

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Berikut ini terdapat beberapa kaidah kebahasaan dari teks ulasan, yakni sebagai berikut:

  1. Teks ulasan drama atau film mengandung penekanan mengenai faktor-faktor karya seni yang akan dibahas.
  2. Memakai kalimat pemikiran atau persuasif
  3. Memakai konjungsi internal dan konjungsi eksternal
  4. Memakai pernyataan perbandingan baik persamaan atau perbedaan
  5. Memakai kata kerja material dan kata kerja relasional

Berikut penjelasan secara detail mengenai kaidah kebahasaan dari teks ulasan, yakni sebagai berikut:

  • Istilah

Istilah merupakan kata atau perpaduan kata yang dengan teliti menyatakan makna konsep, proses, hal, atau sifat yang khusu dalam bidang tertentu. Contohnya adalah ikan dan bunga.


  • Sinonim dan Antonim

Sinonim merupakan kata yang mempunyai bentuk yang berbeda, namun mempunyai makna atau arti yang sama. Contohnya adalah Baru optimis terhadap masa depan. (Sinonim= optimis).

Antonim merupakan kata yang maknya berlawanan satu dengan yang lain. Contohnya adalah: Ketika kamu gagal jangan pesimis. (Antonim= pesimis).

Kedua contoh diatas antara sinonim dan antonim dengan dirangkai sebuah kalimat menjadi, “Ketika kamu gagal jangan pesimis, Contohnya adalah Baru optimis terhadap masa depan.


  • Nomina

Nomina adalah kelas kata yang menyebutkan nama dari seseorang, tempat dan semua benda ataupun semua yang dibedakan. Contohnya adalah rumah dan perumahan.


  • Kata Ganti

Kata ganti adalah jenis kata yang mewakili kata nomina ataupun frasa nomina. Contohnya adalah Kata ganti penghubung: yang.


  • Konjungsi

Konjungsi adalah kata tugas atau kata penghubung yang berfungsi menjalin 2 buah klausa, kalimat ataupun paragraf. Contohnya adalah sebaliknya, di samping itu dan selanjutnya.


  • Preposisi

Preposis adalah kata tugas yang berfungsi sebagai faktor pembentuk frasa preposisional. Contohnya adalah daripada, dengan, secara, tanpa, bagi.


  • Kalimat Simpleks dan Kompleks

Kalimat Simpleks adalah kalimat yang mempunyai suatu kata utama. Sedangkan kalimat kompleks adalah kalimat yang mempunyai 2 kata utama atau bisa lebih.


  • Perbandingan (Persamaan atau Perbedaan)

Contohnya adalah demikian halnya, berbeda dengam, seperti, seperti halnya, serupa dengan, dan sebagainya.


  • Kata Kerja Material dan Kata Kerja Relasional

Kata kerja material adalah kata kerja yang menyebutkan aktivitas fisik maupun non-fisik. Sedangkan Kata kerja relasional adalah kata kerja yang berfungsi untuk membentuk predikat nominal dan bisa juga membantu memperjelas kata kerja bantu.


Jenis-Jenis Teks Ulasan

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis teks ulasan, yakni sebagai berikut:

1. Informatif

Teks ulasan jenis ini mengandung sebuah gambaran singkat, padat dan umum suatu karya. Resensi jenis ini tidak memberikan isi karya secara keseluruhan, tetapi hanya menguraikan bagian yang penting saja dan mengutamakan pada kelebihan dan kekurangan karya itu sendiri.


2. Deskriptif

Resensi jenis ini mengandung sebuah gambaran secara keseluruahn pada masing-masing bagian suatu karya. Teks ulasan tersebut umumnya dijalankan pada suatu karya fiksi untuk memperoleh sebuah gambaran secara keseluruhan mengenai manfaat, pentingnya informasi dan kekuatan argumentatif yang dituangkan penulis dalam sebuah karya.


3. Kritis

Resensi jenis ini mengandung sebuah kritik suatu karya secara mendetail dengan membentuk pada metode ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ditulis secara objektif dan kritis bukan berdasarkan opini subyektif dari penulis resensi itu sendiri.

Baca Lainnya :  Benua Adalah

Unsur Kebahasaan Teks Ulasan

Berikut ini adalah beberapa unsur kebahasaan teks ulasan yaitu:

  • Kata Sifat Sikap, adalah kata yang berfungsi mendeksripsikan pelaku dalam penampilan fisik atau kepribadiiannya. Contoh : Cerdas, Bodoh, Cantik.
  • Kata Kerja, kata yang mengandung makna perbuatan/aksi.
  • Metafora, kata yang bukan makna sebenarnya, melainkan seperti sebuah kiasan. Contoh : hati yang lembut = baik hati
  • Rujukan Kata
  • Kalimat Majemuk Setara & Bertingkat

Manfaat Teks Ulasan

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari teks ulasan yaitu:

  1. Melatih seseorang memiliki sikap kepedulian dan kepekaan sosial yang tinggi. Hal ini disebabkan sikap kritis dalam mengulas teks ulasan tidak lepas dari norma, etika atau aturan hidup yang berlaku di masyarakat.
  2. Melatih seseorang untuk memiliki sikap dan sifat mental yang kuat. Hal ini berkaitan bahwa seseorang akan dilatih untuk menerima dengan jiwa yang besar setiap bentuk kritik attau kecaman yang pada dasarnya untuk membangun jati diri sesorang sebagai manusia tangguh.
  3. Melatih seseorang dalam menilai bagus-tidaknya suatu karya. Hal itu disebabkan karena dalam kritik atau kecaman terdapat pertimbangan atau penilaian baik- buruknya suatu karya. Melatih seseorang untuk bersikap jujur, cendekia atau tajam pemikirannya, bernalar,dan mempunyai rasa estetika yang dijadikan bahan penilaian oleh pembaca.
  4. Melatih seseorang untuk berpikir objektif. Artinya, seorang kritikus diharuskan mengkritik apa adanya suatu karya yang ditampilkan. Melatih kejelian seseorang. Artinya, seorang kritikus menyadari bahwa ada sesuatu yang berada tidak pada tempatnya

Langkah-Langkah Membuat Teks Ulasan

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat teks ulasan yaitu:

  1. Mencari buku yang akan diulas.
  2. Membaca secara kritis.
  3. Membuat ringkasan.
  4. Menentukan kriteria penilaian.
  5. Mencari buku pembanding dan referensi untuk rujukan.
  6. Menulis ulasan yang dimaksud.

Contoh Teks Ulasan

Berikut ini adalah beberapa contoh dari teks ulasan yaitu:

  • Teks Ulusan Buku

Sepatu Dahlan

Orientasi:

“Sepatu Dahlan” merupakan sebuah buku yang ditulis oleh Khrisna Pabichara. Kisah yang tertera dalam buku ini pernah dibuat menjadi  sebuah film. Lebih tepatnya, buku ini menceritakan perjuangan hidup seorang Dahlan Iskan. Seorang yang pernah menjabat sebagai Menteri BUMN. Dahlan Iskan mempunyai prinsip “Hidup, bagi orang miskin, harus dijalani apa adanya.” Tetapi, meskipun keadaan hidupnya yang sangat sulit, sama sekali tidak menyurutkan niatnya untuk tetap bersekolah.


Tafsiran:

Buku “Sepatu Dahlan” mengisahkan tentang besarnya perjuangan seorang Dahlan Iskan untuk sampai ke sekolah. Dahlan Iskan adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Puluhan kilometer harus ia tempuh tanpa menggunakan alas kaki demi sekolah. Dengan perjalanan yang jauh dan tanpa alas kaki ini, kaki Dahlan Iskan lecet dan melepuh. Setelah lulus dari Sekolah Rakyat (SR), Dahlan Iskan gagal untuk melanjutkan ke sekolah yang ia impikan.


Evaluasi:

Waktu sekolah di SMP, Dahlan Iskan menjadi ketua tim voli. Sehingga keinginannya untuk mempunyai sepasang sepatu semakin besar. Tetapi, musibah datang ketika sang Ibu jatuh sakit kemudian meninggal. Meskipun begitu, Dahlan tetap kuat dan selalu semangat menjalani hidupnya. Hingga pada akhirnya ia dipilih menjadi pelatih tim voli tersebut. Dengan upah yang diterimanya cukup besar, Dahlan Iskan mampu membeli sepatu baru.

Baca Lainnya :  Sendi Adalah

Rangkuman:

Kelebihan yang tertuang dari novel ini adalah menceritakan tentang besarnya semangat seseorang dalam menjalankan pahitnya kehidupan. Walau Dahlan iskan hidup dalam keadaan yang sulit, tetapi pada dirinya terdapat niat dan motivasi yang sangat besar untuk menempuh pendidikan tinggi. Sedangkan kekurangan dari novel ini adalah alurnya yang tidak menentu. Tetapi, novel ini sangat menginspirasi seseorang agar bisa lebih bersyukur atas apa yang telah dimiliki.


  • Teks Ulasan Puisi

Sahabat Terbaikkku

Sahabat …

di saat kita nikmati kebersamaan banyak hal yang terlewat kan begitu saja

keceriaan, canda dan tawa semuanya mengalir begitu saja

waktu yang tersisah seolah tak mampu menampung nya dan waktu yang sangatlah singkat membuat ku teringat kepada mu sahabat ..

Semua kenangan – kenangan itu tak terasa ,pergi meninggalkan segala kegembiraan

serta canda dan tawa mu satu persatu hilang sekejap mata

ada beribu senyum saat terlintas memory yang dulu kala

Sahabat …

semua yang pernah kita jalani hari demi hari , waktu demi waktu telah kita lalui semuanya.

Banyak hal yg pernah terjadi karena itulah jalan hidup yang kita miliki

kadang benci, kesal ,dan kecewa serta rasa senang dan sayang

sungguh luar biasa , apa yang telah kita lalui bersama ..

Ya Tuhan …

jagalah dan lindungilah

sahabat-sahabat ku

karena mereka adalah sahabat terbaiku selamanya

Orientasi:

Puisi yang berjudul sahabat terbaikku ini merupakan puisi karya frizka Tirani. Puisi ini menceritakan sahabat  terbaik penulis. Mereka melalui semua waktu yang ada bersama.  Begitu banyak momen yang mereka lalui mengalir saja tanpa terasa. Penulis menceritakan banyak hal yang mereka lakukan untuk menjalani hidup yang mereka miliki.


Tafsiran:

Pada paragraf pertama, penulis menceritakan saat-saat yang mereka nikmati dan terlewatkan begitu saja. Keceriaan, canda dan tawa tercurah di sana. Waktu yang tersisa pun tidak dapat menampungnya. Hal itu membuat si penulis terkenang dengan sahabatnya. Semua kenangan seperti tak terasa, sedikit demi sedikit meninggalkan kegembiraan.  Satu persatu hilang sekejap. Pada paragraf terakhir puisi ini, penulis membuat sebuah permohonan kepada tuhan untuk menjaga dan melindungi sahabatnya itu.


Evaluasi:

Puisi ini disajikan dengan tema yang menarik. Sehingga pembaca merasa terkesan dengan puisi ini. Selain itu, puisi ini berisi hal-hal yang terjadi. Seperti canda tawa, senang, sayang dan lain-lain. Frizka tirani juga cukup baik mengolah kata-kata puitis dalam puisi ini.

Meskipun demikian, puisi ini terlalu panjang untuk skala puisi pada umumnya. Kata-katanya masih seperti bahasa Indonesia biasa. Tetapi, puisi ini sudah mewakili hal-hal yang di alami sang penulis.


Rangkuman:

Walaupun memiliki sedikit kekurangan, puisi ini sangat bagus untuk motivasi seorang remaja ataupun anak-anak yang memiliki sahabat agar lebih menghargai seorang sahabat. Saling mengasihi sahabatnya. Puisi ini juga mengajarkan arti sebuah persahabatan yang indah.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Teks Ulasan: Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Struktur, Jenis, Kaidah, Unsur, Manfaat, Langkah dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.