Teks Pidato adalah

Diposting pada
Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Teks Pidato? Mungkin anda pernah mendengar kata Teks Pidato? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri-ciri, fungsi, tujuan, metode, struktur dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Teks-Pidato

Pengertian Teks Pidato

Teks Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, Orang yang melakukan pidato disebut sebagai orator.Pidato yang baik harus berisi kalimat eksposisi ,susunan yang benar, serta bisa dipahami oleh pendengarnya.


Pengertian Pidato Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai pidato, yakni sebagai berikut:


1. Menurut Wikipedia

Berdasarkan Wikipedia Indonesia, pengertian pidato ialah suatu kegiatan berbicara di muka umum atau melakukan orasi dengan tujuan untuk menyatakan pendapat atau gambaran mengenai suatu hal.


2. Menurut Arsjad

Menurut Arsjad pengertian pidato ialah  suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk menyampaikan serta menanamkan berbagai gagasan, ide atau konsep dari pembicara kepada orang banyak di muka umum dan bertujuan agar pendengar yakin terhadap gagasan yang telah disampaikan oleh pembicara.


3. Menurut Emha Abdurrahman

Emha Abdurrahman berpendapat pidato adalah kegiatan untuk menyampaikan uraian atau pendapat yang dilakukan oleh seseorang secara lisan mengenai sesuatu hal atau masalah dengan mengutarakan uraian persoalam dengan menggunakan kalimat yang jeals di hadapan massa atau orang yang banyak pada waktu tertentu.


4. Menurut Syam

Berdasarkan pendapat Syam, pengertian pidato adalah sebuah teknik berbicara yang menggunakan  kata-kata atau bahasa secara efektif, yaitu dengan menampilkan keterampilan atau kemahiran seseorang dalam melakukan pememilihan kata yang dapat mempengaruhi pendengar.


Ciri-Ciri Teks Pidato

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri teks pidato, yakni sebagai berikut:

  1. Ciri yang pertama tujuannya jelas.
  2. Isinya mengandung kebenaran.
  3. Cara penyampaian pidatonya sesuai dengan para hadirin.
  4. Menciptakan suasana yang efektif dengan pendengar.
  5. Penyampaiannya jelas serta menarik minat yang hadir.
  6. Penyampaian pidato dengan artikulasi, intonasi, dan volume yang jelas. Artikulasi: cara melafalkan bunyi bahasa, Intonasi: tinggi rendahnya nada pada kalimat, Volume: kuat lemahnya mengucapkan kalimat.

Fungsi Pidato

Pidato mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai berikut ini:

Baca Lainnya :  Drama adalah

1. Mempermudah komunikasi

Pidato berfungsi untuk mempermudah komunikasi antara pembicara dengan pendengar. Pembicara bisa menyampaikan gagasan, ide serta konsep yang dimiliki kepada pendengar sehingga akan terjadi interaksi yang saling menguntungkan.


2. Media komunikasi organisasi

Pidato mempunyai peranan penting bagi sebuah organisasi, biasanya ketua akan menyampaikan informasi penting kepada anggotanya sehingga seluruh anggota akan mengerti informasi penting tersebut.


3. Menciptakan suasana kodusif

Pidato dinilai sangat efektif dalam penyampaian infromasi kepada khalayak ramai, selain itu pidato juga mencipatakn suasana yang kondusif karena cukup dengan satu orang saja  yang berorasi dan pendengar dengan jumlah banyak bisa menyimak serta memberikan umpan balik berupa pertanyaan, argumentasi atau sanggahan.


4. Menciptakan hubungan harmonis

Pidato akan membuat hubungan yang harmonis pada atasan dan bawahan karena pidato ini merupakan komunikasi langsung dan bisa media penyampaian saran dan kritik dari atasan kepada bawahan.


Tujuan Pidato

Pidato yang disampaikan seseorang tentu mempunyai tujuan tertentu. Berikut ini kami tuliskan mengenai tujuan pidato secara umum, yakni sebagai berikut:


1. Memengaruhi pendengar

Tujuan pidato yaitu pembicara ingin memengaruhi orang lain atau pendengar agar bersedia mengikuti keamuan pembicara secara suka rela tanpa paksaan.


2. Memberikan informasi

Pidato bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pendengar mengenai ide, gagasan, konsep ataupun petunjuk penting lainnya.


3. Menyenangkan orang lain

Tujuan pidato selanjutnya ialah pidato untuk menyenangkan orang lain sehingga orang lain merasa puas dengan apa yang disampaikan oleh pembicara.


Metode Pidato

Ada 4 metode berpidato, diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Metode Impromptu (serta-merta)

Metode impromtu merupakan metode penyampaian Tidak ada persiapan, pembicara serta merta berbicara berdasarkan pengetahuannya dan kemahirannya. Pidato ini biasanya disampaikan pada acara-acara tidak resmi. Metode ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang sudah ahli atau sudah terbiasa.


2. Metode Memoriter (menghafal)

Metode ini merupakan lawan dari metode impromptu. Pidato yang dibawakan dengan metode ini dipersiapkan dan ditulis secara lengkap terlebih dahulu, kemudian dihafal kata demi kata. Ada pembicara yang berhasil dengan metode ini, adapula yang tidak.


3. Metode Manuskrip (naskah)

Menurut Arsjad dan Mukti (1998:25) menyatakan bahwa metode manuskrip adalah metode berpidato yang dilakukan dengan cara membacakan secara langsung teks yang sudah dipersiapkan sebelumnya.


Pidato ini umumnya dilakukan oleh pejabat negara. Kegiatan berpidato dengan cara membacakan naskah disebabkan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. Metode ini pun sering dipakai dalam pidato resmi atau pidato di televisi dan radio.


4. Metode Ekstemporan 

Metode ekstemporan merupakan suatu metode dimana sang Pembicara bebas berbicara dan memilih kata-kata sendiri dengan menggunakan metode ini. Kerangka dan konsep naskah yang dipersiapkan hanya digunakan untuk mengingat urutan-urutan topik pembicaraan. Dengan demikian, pembicara dapat mengubah nada pembicaraan sesuai dengan reaksi yang ditimbulkan dari pendengar.

Baca Lainnya :  √7 Bagian-Bagian Nefron Ginjal, Fungsi Serta Gambarnya

Struktur Teks Pidato

Struktur teks pidato terdiri atas 3 bagian, yaitu pembukaan, isi pidato, dan yang terakhir isi pidato. Ketiga struktur tersebut merupakan komponen penting yang harus ada dalm sebuah teks pidato. Karena salah satu struktur tidak, maka teks pidato tersebut tidak akan menjadi teks pidato yang sempurna.

1. PEMBUKAAN

Pembukaan teks pidato terdiri atas 3 bagian juga, yaitu diantarasnya salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur.


a. Salam pembuka

Contoh:

Assalamu’alaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua siswa dan guru SMA 1 Bandung.


b. Ucapan Penghormatan

Ucapan penghormatan dalam sebuah pidato biasanya dilakukan dengan menyebutkan orang yang dianggap lebih tinggi jabatannya terlebih dahulu dan kemudian seterusnya sampai berada pada jabatan paling bawah.
Contoh:
  • Yang saya hormati Ibu Kepala Sekolah.
  • Yang saya hormati Ibu dan Bapa guru.
  • Yang saya hormati para tamu undangan,
  • Yang berbahagia teman-teman seangkatan saya kelas XII
  • Dan juga adik-adik kelas saya yang saya banggakan.

Tetapi jika misalkan banyak jabatan dalam sebuah sekolah atau sebuah perusahaan seperti bagian administrasi dan yang lainnya itu tidak perlu disebutkan. Cukup menyebutkan yang sekiranya penting saja.


c. Ucapan Syukur

Ucapan syukur ini biasanya dibacakan karena rasa syukur sang orator (pembaca pidato) terhadap Tuhan karena dirinya dan juga para tamu bisa diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat berkumpul dan menghadiri acara pidato tersebut.


Contoh: Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena sampai pada detik ini kita masih diberi kesehatan untuk dapat menghadiri dan berkumpul di acara yang berbahagia ini.


2. ISI PIDATO

Isi Pidato merupakan bagian yang penting karena dalam isi ini mengandung inti dari sesuatu yang akan disampaikan dan dibicarakan. Pada bagian isi ini sang orator akan menjelaskan secara detail dan juga jelas mengenai apa yang disampaikannya kepada para pendegar.


3. PENUTUP PIDATO

Penutup pidato adalah akhir dari sebuah pidato. Pidato yang baik biasanya berisi hal-hal berikut.
  1. Kesimpulan secara ringkas dari materi yang dijelaskan.
  2. Permintaan maaf kepada pendegar jika ada salah dalam berkata dan juga menyinggung pembaca.
  3. Salam penutup.

Contoh Teks Pidato

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi Allah Swt Tuhan semesta alam yang telah memberikan segenap limpahan rahmat serta nikmat kepada kita semua sehingga kita masih bisa menikmati udara segar serta dapat berkumpul dalam suasana kekeluargaan yang berharga pada hari ini.

Kedua kalinya, marilah kita senantiasa mengenang dan mencintai baginda Nabi besar Muhammad Saw yang telah memberikan tuntunan serta bimbingan kepada kita semua sehingga kita berada pada jalan yang diridhoi oleh Allah Swt.

Bapak/Ibu dan para hadirin yang berbahagia

Baca Lainnya :  Etika Adalah

Pada kesempatan ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang pentingnya pendidikan moral dalam kehidupan kita sebagai masyarakat yang penuh dengan sopan santun dan etika.

Pidato singkat ini saya tujukan terkhusus untuk diri saya sendiri dan pada umumnya kepada para hadirin sekalian.

Bapak/Ibu para hadirin dan sahabat-sahabatku semuanya

Suatu bangsa akan lemah ketika masyarakatnya sudah tidak bisa menunjukkan moral dalam bertingkah laku.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga moralitas kita dari pengaruh-pengaruh buruk yang dapat merusak nilai kearifan yang sudah kita jalani sekarang ini.

Dewasa ini kehidupan manusia semakin di permudah, semua fasilitas yang ada semakin memanjakan kita semua, kemajuan teknologi kian memudahkan kita untuk menjalankan berbagai macam aktivitas.

Kita tidak boleh dengan mudahnya terbuai yang kemudian menyalahgunakan kemudahan-kemudahan yang kita dapat. Kita harus memanfatkannya untuk tujuan-tujuan yang bersifat positif.

Bapak/Ibu sekalian….

Merupakan sebuah tanggung jawab besar bagi orangtua untuk selalu memantau putra-putri kita agar terhindar dari berbagai macam potensi pengaruh buruk yang dapat merusak moral dan akhlak mereka.

Orangtua harus senantiasa memberikan nasehat yang mendidik kepada seorang anak. Ini sangatlah penting sebagai pondasi untuk membentengi anak-anak dari sesuatu yang dapat menjerumuskan ke perilaku-perilaku yang tidak baik.

Caranya dengan mengajari mereka pendidikan agama sejak dini, memberikan informasi-informasi yang membuat mereka bersemangat untuk mau belajar, mengajak mereka ke suatu tempat yang sarat akan edukasi moral dan karakter.

Tidak hanya itu, kita juga harus rela menyisihkan waktu untuk mendengar curhatan-curhatan anak-anak, keluh kesah mereka dan akhirnya bisa memberi cara pandang baru untuk melihat suatu masalah serta menemukan solusinya.

Sahabatku sekalian yang saya cintai..

Betapa pentingnya arti sebuah moral. Bangsa Indonesia ini tidak akan mampu menopang kokohnya pilar kebhinekaan ketika adat ketimuran yang santun dan ramah sudah hilang dari kehidupan sehari-hari.

Maka sebab itu, marilah kita untuk tetap menjunjung tinggi nilai moral, etika bermasyarakat, karakter gotong royong, nuansa tenggang rasa dan menghargai perbedaan.

Dimulai dari kita sebagai orangtua, kemudian kita ajarkan kepada anak-anak kita, agar bangsa yang majemuk ini senantiasa terhindar dari kemungkinan yang tidak kita inginkan.

Semoga kita tetap dalam lindungan dan rahmat yang dianugerahkan oleh Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, semoga memberikan manfaat bagi kita semua dan apabila ada sepatah kata yang kurang berkenan di hati, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Teks Pidato: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Metode, Struktur, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi