Teks Iklan adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Teks Iklan? Mungkin anda pernah mendengar kata Teks Iklan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang jenis, pengertian, fungsi, struktur, kaidah dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Teks Iklan

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan adalah salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen karena daya jangkauannya yang luas dan masif. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan. Persaingan di bidang iklan memang semakin tajam sejak adanya televisi. Namun, media cetak tetap memiliki pangsa pasar tersendiri dan tetap menjadi target produsen dalam mengiklankan produknya.

Fungsi Teks Iklan

Secara sederhana, pengertian teks iklan adalah sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. Namun, untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli. Iklan mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai berikut.

Fungsi Iklan

Adapun fungsi dari iklan sendiri itu adalah sebagai berikut ini:
  1. Sebagai informasi (menyampaikan info produk baru, ciri-ciri, dan lain-lain).
  2. Sebagai persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli).
  3. Sebagai reminder (iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakan produk tersebut).

Jenis Teks Iklan

Berikut ini terdapat beberapa jenis teks iklan, antara lain:


1. Berdasarkan Sifatnya

Berikut ini terdapat beberapa jenis teks iklan berdasarkan sifatnya, antara lain:

Baca Lainnya :  √Ringkasan: Pengertian, Ciri, Tujuan Serta Teknik Membuat Ringkasan

  • Iklan Niaga

Iklan niaga adalah iklan yang dibuat untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik untuk membeli suatu produk baik barang maupun jasa yang diiklankan. Contoh iklan produk niaga misalnya adalah iklan tentang produk minuman Aqua, iklan produk mie instan, iklan jasa sedot WC, iklan jasa penerjemah, iklan jasa desain arsitektur, dan lain sebagainya.


  • Iklan Non Niaga

Iklan non niaga adalah iklan yang dibuat untuk mempengaruhi masyarakat agar mempunyai rasa simpati atau memberi dukungan atas suatu permasalahan aspek yang diiklankan. Iklan ini sering pula disebut iklan layanan masyarakat. Contoh dari iklan non niaga misalnya iklan anjuran berhenti merokok, iklan keluarga berencana, iklan untuk menghemat air, iklan untuk menjaga lingkungan, dan lain sebagainya.


2. Berdasarkan Tujuannya

Berikut ini terdapat beberapa jenis teks iklan berdasarkan tujuannya, antara lain:


  • Iklan Permintaan

Iklan permintaan adalah iklan yang ditujukan kepada kalangan masyarakat tertentu agar mau bekerja sama dengan pihak yang mengiklankan. Contoh iklan permintaan misalnya iklan lowongan pekerjaan.


  • Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah iklan yang ditujukan untuk menawarkan suatu produk kepada masyarakat, supaya masyarakat mau membeli atau menggunakannya. Iklan penawaran juga termasuk jenis iklan niaga. Contoh iklan penawaran misalnya iklan produk makanan ringan, iklan konveksi, dan lain sebagainya.


  • Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman adalah iklan yang ditujukan untuk memberikan pengetahuan, penerangan, atau pengumuman kepada masyarakat tentang suatu kabar atau peristiwa, misalnya kelahiran, kematian, pernikahan, atau keberhasilan seseorang.


Penggunanya yang lebih banyak terkait dalam cakupan keluarga membuat iklan pengumuman sering kali disebut iklan keluarga. Contoh iklan pengumuman misalnya iklan berita duka, iklan ucapan selamat ulang tahun, dan lain sebagainya.


3. Berdasarkan Ruangnya

Berikut ini terdapat beberapa jenis teks iklan berdasarkan ruangnya, antara lain:

Baca Lainnya :  √Sosialisasi Politik: Pengertian Menurut Para Ahli, Metode, Fungsi & Agen

  • Iklan Baris

Iklan baris adalah iklan singkat yang terdiri atas beberapa baris dalam sebuah kolom khusus tertentu. iklan baris biasa ditemukan di koran atau majalah-majalah. Beberapa yang diiklankan msalnya iklan lowongan kerja, rumah dijual dikontrakan, dan iklan penawaran jasa. Iklan barus menggunakan kata-kata singkatan untuk menghemat tempat. Selengkapnya tentang iklan baris, kita akan membahasnya pada artikel tersendiri.


  • Iklan Kolom (Display)

Iklan kolom (display) adalah iklan yang terdiri atas ilustrasi berupa gambar atau foto dilengkapi dengan kata-kata tertentu sebagai kalimat iklan. Iklan display umumnya berukuran lebih besar dan lebih menarik perhatian bagi pembaca. Contoh gambar iklan display telah kami sajikan pada gambar di atas.


Struktur Teks Iklan

Teks iklan yang akan anda pelajari pada artikel ini berisi tentang promosi produk barang dan jasa. Anda diharapkan agar dapat memahami contoh teks iklan produk dibawah ini. Sebuah teks iklan memiliki struktur yang terdiri dari judul, nama produk, dan penjelasan tentang produk.
  1. Judul, terletak di bagian paling atas dari teks iklan, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan meletakkan nama produk di bagian paling atas.
  2. Nama produk, berisi nama produk yang diiklankan.
  3. Penjelasan tentang produk, berisi deskripsi produk yang diiklankan, seperti spesifikasi, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Selain struktur yang telah diuraikan diatas, teks iklan juga memiliki ciri-ciri kebahasaan yang membedakan dengan teks-teks lain. Ciri-ciri kebahasaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Slogan

Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Slogan biasanya terdiri dari empat sampai lima kata yang mudah diingat dan tentunya memiliki daya tarik yang kuat agar pesan yang dimaksud bisa sampai ke orang yang diajak.
Dalam iklan, slogan adalah pernyataan atau susunan kata tertentu yang menjelaskan singkat suatu produk atau jasa layanan sehingga mudah diingat publik. Slogan sangat penting untuk dunia periklanan. Dengan slogan, iklan tersebut akan mudah diingat publik dan akan lebih terkenal. Selain iklan, slogan juga digunakan pada saat kampanye, misal kampanye anti narkoba, anti korupsi, da kampanye pemilihan daerah.
Kalimat-kalimat slogan haruslah kreatif dan juga tidak ketinggalan zaman agar masyarakat semakin mudah mengingatnya. Penggunaan slogan yang berhasil terlihat dari seberapa jauh masyarakat mengenal slogan tersebut. Bila slogan berhasil, hanya dengan mendengar slogannya, orang-orang akan mengetahui jenis produk yang memakai slogan tersebut.

2. Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk tersebut, salah satunya adalah : “murah, cepat dan handal”.

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama

Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang digunakan pada teks iklan tersebut adalah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

Contoh Teks Iklan

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu tidak asing dengan hal yang bernama iklan, hampir setiap hari bertemu dengan iklan. Iklan dapat ditemukan dalam beberapa aplikasi, bisa dalam media cetak seperti majalah ataupun koran, media elektronik seperti televisi, radio, dan lain-lain, atapun media luar ruang seperti baliho atau banner.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Jenis Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Kaidah dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

Baca Lainnya :  √Kontak Sosial: Pengertian, Bentuk-Bentuk Serta Contoh Kontak Sosial