Teks Eksposisi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Teks Eksposisi Mungkin anda pernah mendengar kata Teks Eksposisi Disini PakDosen membahas secara rinci tentang contoh, pengertian, ciri, jenis, struktur, ciri kebahasaan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Contoh Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposi adalah suatu karangan atau paragraf yang memuat suatu  informasi atau pengetahuan yang digambarkan dalam bentuk singkat, padat dan jelas. Teks Eksposisi  biasanya berisi berupa pernyataan yang bersifat non fiksi.teks eksposisi pada umumnya membahas tentang pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi. teks esposisi bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan informasi sehingga dapat menambah pengetahuan untuk pembaca.


Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis teks eksposisi, yakni sebagai berikut:


1. Teks Eksposisi Definisi

Memberikan penjelasan mengenai suatu hal. Paragraf ekposisi definisi seringkali ditemukan dalam kamus, atau buku-buku yang menjelaskan tentang suatu hal atau topik tertentu dengan jelas sampai pembaca memahami topik tersebut.


Ciri-Ciri Teks Ekposisi

 Berikut Ciri-ciri teks eksposisi definisi :

  • Paragraf yang menjelaskan tentang pengertian, penjelasan, dan memaparkan suatu hal atau topik
  • Paragraf yang sering ditemukan dibuku-buku pelajaran Fiksi dan Non Fiksi

2.Teks Eksposisi Proses

Memberikan penjelasaan yang memaparkan tentang proses cara terjadinya sesuatu atau cara membuat sesuatu, secara terperinci dan urut mulai dari proses pembuatan dan proses kerja . Paragraf ini sering ditemukan pada bacaan tentang cara membuat sesuatu seperti cara membuat dan memakai masker dari bahan-bahan alami, cara membuat kue, cara membuat jus dan cara-cara memasak lainnya.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi Proses

Ciri-ciri paragraf eksposisi proses :

  • Paragraf yang memaparkan atau menjelaskan proses terjadinya sesuatu secara beruntun dan jelas
  • Paragraf yang menjelaskan cara membuat atau memakai sesuatu dengan terperinci dan langkah-langkah yang jelas
  • Paragraf yang banyak ditemukan pada buku-buku bacaan yang menjelaskan cara membuat dan memakai sesuatu, seperti buku-buku resep masakan dan lan-lain.

3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Memberikan penjelasan mengenai memaparkan suatu hal atau topik yang berbeda tetapi penjelasannya untuk menghubungkan kesamaan diantara keduanya agar pembaca lebih mudah memahami hal  atau topik yang dibahas tersebut.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi Ilustrasi

Ciri-ciri paragraf eksposisi ilustrasi, yakni sebagai berikut

  • Paragraf yang menjelaskan tentang dua hal yang berbeda untuk menghubungkan kesamaan diantara keduanya
  • Paragraf yang menghubungkan kesamaan dua hal yang berbeda, bukan untuk membandingkannya
  • Paragraf yang bisa ditemukan dibuku fiksi dan nonfiksi

4. Teks Eksposisi Klasifikasi

Teks eksposisi klasifikasi adalah sebuah paragraf yang dibuat untuk membagi, mengelompokkan atau mengklasifikasikan sesuatu atau topik ataupun hal tertentu sehingga pembaca dapat mengerti dan memahami informasi yang dimaksud secara mendetail. Paragraf eksposisi klasifikasi dapat ditemukan pada buku-buku yang mengelompokkan sesuatu dalam pembahasannya.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi Klasifikasi

Ciri-ciri pargraf eksposisi klasifikasi, yakni sebagai berikut:

  • Paragraf yang dibuat untuk membagi, atau mengelompokkan sesuatu hal atau topik agar pembaca lebih mudah memahami hal atau topik tersebut
  • Paragraf yang bisa ditemukan pada buku-buku fiksi dan nonfiksi yang pembahasannya mengelompokkan suatu hal atau topik

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks Eksposisi Perbandingan adalah paragraf yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan perbandingan antara sauatu hal dengan yang lainnya. Pada paragraf perbandingan, gagasan utama dikemukakan dengan cara membandingkan dua hal yang memiliki kesamaan misalnya, antara tokoh yang satu dengan tokoh yang lain.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi Perbandingan

Ciri-ciri teks eksposisi perbandingan, yakni sebagai berikut:

  • Paragraf yang dibuat untuk membandingkan antar satu hal dengan yang lainnya
  • Membahas suatu hal yang bersifat konkret dan diketahui oleh masyarakat umum
  • Bersifat netral atau tidak menjelek-jelekan suatu objek yang sedang dibahas atau didiskusikan.
  • Di dalam paragraf memiliki kata-kata penghubung seperti, jika dibandingkan dengan, seperti halnya, demikian juga, sama dengan, selaras dengan,s esuai dengan, dan lain-lain

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi Pertentangan adalah sebuah paragraf yang berisi tentang pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya. Paragraf pertentangan membandingkan dua hal yang berlawanan atau bertentangan dengan menonjolkan perbedaannya saja dan memihak suatu objek.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi Pertentangan

Ciri-ciri paragraf eksposisi pertentangan, yakni sebagai berikut:

  • Paragraf yang dibuat untuk menjelaskan pertentangan dengan membandingkan dua hal yang berlawanan
  • Memihak kepada salah satu objek  yang menjadi pembahasan
  • Di dalam paragraf memiliki kata hubung yang mempertentangkan dengan ide ataupun gagasan lain yaitu biarpun, walaupun, berbeda, berbeda dengan, akan tetapi, sebaliknya, melainkan, namun, meskipun begitu.

7. Teks Eksposisi Laporan

Teks Eksposisi Laporan adalah sebuah paragraf yang mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu dalam bentuk rincian yang disertai dengan data data yang valid, serta tidak memiliki pendapat satupun di dalamnya, hanya membuat data data yang ada dalam bentuk paragraf. Paragraf eksposisi laporan biasanya ditemukan dilaporan keuangan laporan keuangan, laporan BPJS, atau laporan BPS atau artikel dalam koran yang berhubungan dengan perekonomian atau daftar korban bencana.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi Laporan

Ciri-ciri teks eksposisi laporan, yakni sebagai berikut:

  • Paragraf yang berisi laporan dari sebuah berita atau penelitian
  • Paragraf yang menjelaskan secara rinci dengan data-data yang valid
  • Paragraf yang bisa ditemukan di daftar korban bencana, laporan keuangan dan laporan yang berhubungan dengan perekonamian

Tujuan Teks Eksposisi

Apabila kita bertanya tujuan teks eksposisi maka itu sama halnya bertanya tentang apa gunanya teks eksposisi ada atau dibuat. Teks eksposisi sendiri sesuai dengan pengertian teks eksposisi dan ciri ciri teks eksposisi, memiliki tujuan untuk memberitahukan secara jelas dan terang kepada pembaca atau penyimak sehingga tidak terjadi perbedaan penerimaan kepada setiap penyimak atau setidaknya meminimalisir perbedaan penerimaan informasi yang ada.

Baca Lainnya :  √Meteor: Pengertian, Sejarah, Ciri, Jenis Meteor, Meteoroid dan Meteorit

Selain itu, apalagi tujuan teks eksposisi? Tujuan lainnya adalah agar karangan tersebut dapat membuat pembaca tertarik untuk terus membaca karangan tersebut (mendukung bentuk teks lain seperti argumentatif, dan banyak lagi).


Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi

Berikut ini terdapat beberapa ciri Kebahasaan Teks Eksposisi, yakni sebagai berikut:


1. Verba Persepsi 

Verba persepsi adalah kata yang menyatakan tanggapan secara langsung dari sesuatu yang dibicarakan. Contoh :yakin ,percaya, optimis.


2. Pronomina

Pronomina adalah kata yang berfungsi menggati orang, benda, atau sesuatu yang di bendakan.
Contoh :saya, kapan, -nya, – ini.


Jenis-jenis pronomina :

  • Pronomina  persona adalah pronomina yang di gunakan untuk acuan berupa manusia.
    Contoh : saya, engkau, kau, kamu, ia, dll
  • Pronomina petunjuk adalah pronomina yang di pakai untuk petunjuk umum, arah, dan tempat.
    Contoh :ini, situ, disana, disini dll
  • Pronomina penanya contoh : siap, apa,  mana

3. Konjungsi Argumentasi

Konjunsi argumentasi  adalah kata penghubung yang di gunakan untuk menguatkan sebuah argumen/alasan. Contohnya :dengan demikian, jadi, pada kesimpulannya.


4. Opini

Opini adalah pendapat, pikiran, ataupun pedirian. Opini merupakan pandangan maupun anggapan seseorang terhadap suatu peristiwa atau masalah tertentu.


Ciri- ciri opini :

  • kurang dapat di buktikan kebenarannya
  • bersifat objektif
  • berdasarkan perasaan, perkiraan dan kemungkinan

Contoh opini:

  • Roti itu enak
  • perlu ada perubahan formasi duduk agar suasana belajar di kelas lebih menyenangkan.

Struktur Teks Eksposisi

Berikut adalah penjelasan  tentang 3 struktur teks eksposisi dan pengertiannya.


1. Tesis

Tesis atau juga dikenal sebagai bagian pernyataan pendapat merupakan salah satu bagian teks eksposisi yang berisikan pernyataan pendapat dan opini dari penulis terkait topik yang akan dibahas. Bagian ini biasa terdapat di pembuka sebuah teks eksposisi di awal paragraf.


2. Argumentasi

Argumentasi menjadi salah satu dari struktur teks eksposisi yang memuat alasan-alasan untuk memperkuat argumen penulis dalam menyetujui atau menolak suatu gagasan yang telah disampaikan sebelumnya dan menjadi topik pembahasan teks eksposisi.

Baca Lainnya :  √ Latar Belakang Politik Etis : Isi, Tujuan, Penyimpangan dan Faktor

Dalam bagian argumentasi, penulis menuliskan fakta dan pernyataan-pernyataan yang memperkuat pendapat pribadinya, biasanya juga disertakan sumber-sumber yang valid dan terpercaya dari ahli dan pakar di bidangnya masing-masing.


3. Penegasan Ulang

Bagian struktur teks eksposisi yang terakhir adalah reiteration atau penegasan ulang. Penegasan ulang ini biasa diletakkan di bagian penutup teks eksposisi di akhir paragraf. Isinya menyatakan penegasan kembali dari pernyataan sebelumnya menyerupai kesimpulan sehingga pembaca lebih dapat memahami isi dari teks.


Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks eksposisi, yakni sebagai berikut:


  • Contoh Teks Eksposisi Definisi

Menurut laman id.wikipedia.org, kata penghubung atau yang biasa disebut dengan konjungsi adalah suatu kata yang menghubungkan kata dengan kata dalam suatu kalimat, atau biasa juga menghubungkan suatu kalimat dengan kalimat lainnya yang ada di dalam suatu paragraf.

Selain itu, kata penghubung juga bisa didefinisikan sebagai kata tugas yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat, seperti kata dengan kata, frasa dengan frasa, serta klausa dengan klausa. Dalam pengertian lain, kata penghubung juga bisa dijelaskan kategori yang berfungsi untuk meluaskan satuan yang lain dalam konstruksi hipotaktis, dan selalu menghubungkan dua satuan lain atau lebih dalam konstruksi.


  • Contoh Teks Eksposisi Proses

Cara Membuat Puding Coklat

  1. Persiapkan wadah, kemudian campurkan agar-agar, susu cair, gula pasir, dan garam. Aduk hingga merata, rebus di atas api sedang hingga mendidih sambil diaduk agar tidak pecah.
  2. Masukkan cokelat masak pekat yang sudah dilelehkan, masak hingga cokelat larut. Angkat, tambahkan pasta cokelat, aduk rata.
  3. Tuang rebusan agar-agar ke dalam cetakan yang telah dibasahi air. Lalu, bekukan.

Cara Membuat Saus Puding Coklat

  1. Persiapkan wadah, kemudian campurkan susu, tepung maizena, gula pasir, garam dan vanili lalu rebus hingga mendidih. Kocok kuning telur lalu tambahkan rebusan susu sebanyak 1 sendok. Aduk hingga merata.
  2. Tuang kembali campuran kuning telur ke dalam rebusan susu. Rebus hingga mendidih dan kental sambil diaduk. Angkat dan dinginkan.
  3. Keluarkan puding dari cetakan, sajikan puding dengan saus vanila.

  • Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Tidak semua bidang yang ada di dunia dapat dikuasai oleh seorang anak, seperti halnya lemari yang tidak mampu menampung semua benda yang ada. Orang tua atau guru sebaiknya mengarahkan anak untuk menguasai bidang yang dia sukai. Misalnya, jika sang anak menyukai bidang tulis menulis, maka arahkanlah anak tersebut supaya ke bidang tersebut. Siapa tahu suatu hari nanti sang anak bisa menjadi penulis, sastrawan atau wartawan. Paragraf Eksposisi Klasifikasi.


  • Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Hewan bisa dibagi menjadi beberapa macam menurut jenis makanannya. Pembagian tersebut antara lain herbivora, karnivora, dan omnivora.

Hewan herbivora yaitu sebutan untuk hewan yang mempunyai jenis makanan berupa tumbuhan. Posisi hewan herbivora adalah sebagi konsumen tingkat pertama pada rantai makanan. Jenis hewan yang masuk dalam jenis hewan herbovora yakni sapi, belalang, kuda, kambing dan keledai.

Hewan karnivora merupakan sebutan untuk hewan yang memangsa hewan jenis lain. Hewan karnivora disebut juga dengan predator untuk hewan herbivora. Jenis hewan yang masuk dalam hewan karnivora yaitu macan, harimatu, musang dan serigala.

Lalu hewan omnivora adalah hewan yang makanannya berupa tumbuhan dan hewan lain. Jenis hewan yung masuk dalam kategori omnivora adalah ayam, bebek, beruang, dan orang utan.


  • Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Meskipun dikenal sebagai sumber protein, namun kandungan protein pada susu kedelai jauh lebih kecil dianding dengan susu sapi. Menurut sebuah sumber, kandungan protein pada susu kedelai adalah sebesar 6, 73 gram, jauh lebih kecil dibanding susu sapi yang proteinnya sebanyak 8, 02 gram.

Selain itu, beberapa kandungan gizi pada susu kedelai pun masih lebih kecul dibanding susu sapi. Misalnya saja pada kandungan kalori. Kandungan kalori pada susu kedelai adalah sebanyak 79 kalori, sedangkan susu sapi adalah 150 kalori. Meski begitu, susu kedelai ternyata mempunyai kandungan serat yang tidak dimiliki oleh susu sapi. Adapun kandungan serat pada susu kedelai adalah sebanyak 3, 18 gram.

Baca Lainnya :  √Daur Biogeokimia: Pengertian dan 4 Macam-Macam Daur Biogeokimia

  • Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Masa kanak-kanak pada zaman dahulu sangatlah berbeda dengan masa kanak-kanak zaman sekarang. Dahulu anak-anak selalu aktif dalam bermain. Mereka selalu mempermainkan permainan tradisional bersama sama, seperti petak umpet, gerobak sodor, dan lain-lain. Permainan-permainan tersebut membuat mereka menjadi aktif dan sehat akibat sering bergerak. Berbeda dengan kehidupan kanak-kanak zaman sekarang.

Mereka cenderung tidak aktif. Mereka tidak mengenal permainan-permaian tradisional dan lebih memilih bermain game di rumah. Hal inilah yang menyebabkan anak-anak zaman sekarang menajdi malas dan cenderung tidak sehat karena game membawa pengaruh buruk bagi mereka.


  • Contoh Teks Eksposisi Laporan

Kucing adalah salah satu hewan mamalia karnivora yang banyak digemari orang, kucing merupakan hewan peliharaan terpopuler didunia, karena kucing adalah hewan yang jinak dan senang diajak main, sehingga tak salah orang dewasa bahkan anak-anak menyukai hewan berbulu ini dan memilih hewan berbulu ini untuk menjadi temannya.
Bahkan di negara luar kucing memiliki salon khusus dan perkontesan kucing terbaik yang jika diperkirakan harganya hingga jutaan rupiah. berdasarkan jenisnya kucing memiliki banyak jenis, seperti spinx, persia dan lainnya. namun yang sering kita dengan kucing terbagi menjadi 3 bagian, yaitu kucing persia, kucing anggora, dan kucing kampung.
Jenis pertama yaitu kucing persia. kucing persia memiliki rambut yang panjang, indah dan halus, kucing ini memiliki karakter wajah yang bulat dengan moncong pendek, juga hidung kecil dan pesek, bahkan matanya pun bervariasi warna, seperti biru, kuning, hijau, bahkan berbeda warna.
Kucing ini jika dilihat dari samping akan terlihat datar, itu karena dahi, hidung, dan dagunya terlihat rata, telinganya pun kecil dengan lancip dibagian atas, sehingga tidak terlalu terlihat karena tertutupi oleh rambutnya yang panjang, bentuk tubuhnya pun yang terlihat pendek itu dikarenakan kakinya yang pendek dan tubuhnya yang gemuk karena rambutnya yang tebal. namun jangan salah, kucing ini adalah kucing yang memiliki harga tinggi yang diperkirakan 1-10 juta rupiah.
Jenis yang kedua yaitu kucing anggora. kucing anggora memiliki rambut yang panjang, namun tak sepanjang rambut kucing persia. bentuk kepalanya pun berbentuk segitiga terbalik dengan dagu yang agak lancip dan atasnya yang lebar.
Bagian telinganya pun lebar dan besar dibagian bawah dan lancip dibagian atas, telingan kucing ini lebih terlihat jelas dibanding kucing persia, namun matanya tidak bervariasi seperti kucing persia, ukuran tubuh kucing ini lebih langsing dan lebih tinggi dibandingkan kucing persia, namun kucing ini memiliki keunggulan yang unik, yaitu ekornya yang panjang dan rambutnya yang panjang juga tebal sehingga biasa disebut seperti ekor musang, kucing ini mudah ditemukan di petshop.
Jenis terakhir yaitu kucing kampung. kucing kampung adalah kucing yang sering kita temui sedang berkeliaran disekitar lingkungan kita, baik dirumah, sekolah maupun tempat umum, kucing ini biasa disebut kucing liar, karena tak ada yang mengurusnya dan memberi makan, sehingga kucing ini sering hidup dan tidur dijalanan. kucing ini memiliki rambut yang pendek dan agak tipis, dan ciri-ciri karakternya tidak jauh berbeda dengan kucing anggora, seperti bentuk tubuh, dan bentuk wajah, namun tak sedikit pula kucing ini memiliki ekor yang pendek sehingga terlihat seperti patah.
Dari ketiga jenis kucing diatas, masing-masing memiliki daya tariknya sendiri sehingga tak sedikit orang ingin memilikinya. namun siapa tahu, jika katanya banyak yang mengatakan bahwa hewan ini berbahaya bagi kesehatan, namun ternyata itu salah, dibalik itu semua kucing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut adalah manfaat-manfaat adanya keberadaan kucing:
  1. menghilangkan stress
  2. membantu menghalau alergi pada pemiliknya
  3. mencegah penyakit jantung
  4. meminimalisir penyakit sroke, dan
  5. membuat tubuh pemiliknya lebih sehat
Ya itulah sebagian manfaat keberadaan kucing untuk kesehatan tubuh manusia, sehingga kita tak rugi memelihara hewan satu ini, karena kita memberi kebutuhan hidupnya dan mendapat pahala, kita juga bisa menjadi lebih sehat.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Contoh Teks Eksposisi: Pengertian, Jenis, Struktur, Kebahasaan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi