Teks Deskripsi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Teks Deskripsi? Mungkin anda pernah mendengar kata Teks Deskripsi?  Disini PakDosen membahas secara rinci tentang contoh, pengertian, ciri, jenis, struktur dan kaidah. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Contoh Teks Deskripsi

Teks Deskripsi adalah sebuah teks yang menjelaskan informasi lengkap yang terkait dengan topik yang dibahas di teks tersebut. dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai teks deskripsi, yakni sebagai berikut:


1. Menurut Tarigan (1994)

Deskrisi adalah Tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah dengan tujuan untuk mengajak pembaca memahami merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati, orang aktivitas dan sebagainya.


2. Menurut Wiyanto (2014)

Menurut Wiyanto, pengertian Deskripsi adalah menguraikan atau melukiskan.


3. Menurut Keraf (1995)

Menurut Keraf, Deskripsi juga bisa didefinisikan sebagai suatu wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek tersebut se olah-olah berada di depan mata para pembaca.


4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, arti deskripsi adalah suatu pemaparan, uraian atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.


Tujuan Teks Deskripsi

Teks Deskripsi bertujuan untuk menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara rinci, konkret dan subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis sehingga pembaca seakan-akan dapat melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan oleh penulis.


Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-ciri yang dimiliki teks ini sangat jelas sehingga akan sangat mudah membedakan teks ini dengan teks lainnya. Berikut ini ciri-cirinya:

  1. Paragraf deskripsi menggambarkan sesuatu.
  2. Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  3. Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
  4. Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.
  5. Teks deskripsi melibatkan panca indera (penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dan perabaan) dalam menjelaskan suatu objek atau peristiwa.
  6. Penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik di tuliskan secara detail.

Struktur Teks Deskripsi

Adapun 3 struktur yang menyusun teks deskripsi sehingga menjadi satu keutuhan. 3 struktur tersebut yaitu:


  • Identifikasi

Menerangkan atau menjelaskan identitas seseorang, benda, dan sebagainya.


  • Klasifikasi

Menerangkan mengenai susunan atau sistem dalam suatu kelompok berdasarkan standar atau kaidah yang telah ditetapkan.


  • Deskripsi bagian

Menerangkan deskripsi yang berisi gambaran atau pemaparan mengenai objek atau topik yang dibahas.


Jenis Teks Deskripsi

Dari sumber yang  dapat, teks deskripsi sendiri dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

  1. Teks paragraf deskripsi subjektif : merupakan  teks deskripsi yang dibuat berdasarkan kesan yang dimiliki oleh seorang penulis terhadap objek atau topik yang dibahas
  2. Teks paragraf spatial: merupakan teks  berupa objek yang digambarkan seperti tempat, benda, ruang dan lainnya.
  3. Teks paragraf objektif:merupakan teks yang berupa objek digambarkan apa adanya menurut keadaan objek yang sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulis itu sendiri.
Baca Lainnya :  √Penelitian Kualitatif: Pengertian, Ciri, Jenis dan Metode Menurut Para Ahli

Cara Membuat Teks Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa cara membuat teks deskripsi, yakni sebagai berikut:

  1. Menentukan tema (objek yang akan dibahas).
  2. Meyusun judul karangan.
  3. Kumpulkan data-data dan lakukan pengamatan langsung mengenai objek yang akan dibahas.
  4. Setelah data-data terkumpul, susunlah data tersebut menjadi kerangka karangan.
  5. Uraikan kerangka karangan menjadi teks deskripsi yang disesuaikan dengan topik.
  6. Buat kesimpulan untuk menutup hasil teks deskripsi yang telah dibuat

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks deskripsi:

  • Menggunakan kata benda sesuai topik yang dideskripsikan. Seperti: sekolah, rumah, guruku, teman saya, dll.
  • Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya yaitu beliau adalah seorang kepala sekolah yang rendah hati, dll.
  • Mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Seperti: satu siswa rajin, dua kaos kaki putih, dll.
  • Mengandung kata kerja  untuk memberikan informasi subjek. Seperti: siswa itu mengenakan seragam putih biru, dll.
  • Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai subjek. Seperti: saya pikir itu adalah kucing cerdas, saya yakin buku itu murah, dll.
  • Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan mengenai objek. Seperti: dengan cepat, di rumah, di kantin, dll.
  • Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Seperti: kulitnya lembut seperti benang sutra, dll.

Contoh Teks Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks deskripsi, yakni sebagai berikut:


  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Kelinci

Kelinci adalah hewan yang lucu dan menggemaskan, banyak manusia memeliharanya di sebuah kandang cantik dipekarangannya. Mereka  mempunyai bulu yang sangat lembuh, indah dan pendek, bulunya bermacam-macam warna seperti hitam, putih, cokelat, ataupun abu-abu. Hewan cantik ini mampu melompat dengan cepat, mempunyai gigi seri yang digunakan untuk mengerat makanan, tidak mempunyai gigi taring,  kaki depan kelinci berguna untuk menahan dan menyeimbangkan berat tubuhnya saat melompat, kaki belakangnya sangat kuat untuk berlari mencapai kecepatan 70 kilometer perjam dan mempunyai sepasang telinga panjang.

Kelinci mempunyai habitat yang sangat mudah untuk ditemukan seperti padang rumput, luban-lubang di bawah tanah, gurun-gurun, lahan basah, rawa namun apabila kelinci berada disebuah situasi yang membahayakan dirinya, mereka akan diam di dalam lubang untuk bersembunyi. Mereka sangat tergantung dengan rerumputan sehingga saat daerah tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan makanannya, mereka akan berpindah tempat.


  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Keindahan Sawah

Sebuah sawah dan pemandangan di sekitar Desa Sumber Rejo ,Sukuharojo . Sleman ,Jawa Tengah . Pemandanga disana indah sekali ada dua buah gunung yang berwarna hijau ,ada juga sawah yang juga ditanami pak tani . Disebalah kiri sawah ada petani yang sedang menyirami sawah nya . Disawah ini udaranya sangat sejuk sekali . Waktu itu semakin siang dan semakin panas ,pak tani pun tidak mengenal leleh dia terus berkerja dan menikmati pemandangan di sawah ini .

Semakin siang semakin panas ,petani pun beristirahat sejenak . Dia mengipasi badanya degan topi tulang besar dan meminum airnya yang dibawa dari rumah . Ia masih beristirahat digubuknya dan melihat patani lainnya sedang mencangkul sawahnya yang berpetak-petak.

Petani ini pun sudah selesai beristirahat ,ia lanjut berkerja kembali di sawahnya . Ia dengan gembira mencangkul sawahnya dan beberapa kemudian istri petani mengirimkan makanan kepada petani itu . Dan langit sudah tidak cerah lagi matahari mau terbenam petani pun itu berkemas-kemas untuk pulang ke rumah.

Baca Lainnya :  √Pasar: Pengertian, Peran, Macam Serta Struktur Pasar

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Sekolah
Sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu yang dimana terdapat siswa dan guru. Sekolah dibagi menjadi dua yaitu Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Sekolah Negeri merupakan Sekolah yang dibangun dan dibiayai oleh pemerintah. Sedangkan Sekolah Swasta adalah sekolah yang biasanya dimiliki oleh yayasan atau perorangan. Tujuan dari adanya sekolah itu sendiri untuk mengajarkan siswa baik itu tentang pengetahuan maupun untuk belajar cara bersikap sopan di dalam hidup bermasyarakat.
Manfaat adanya Sekolah sendiri dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi yang baik dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Karena dengan tidak adanya Sekolah seseorang belum tentu akan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan karena banyaknya prasarat untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.
Di dalam Sekolah Negeri maupun sekolah swasta memiliki persamaan kelengkapan yang ada di dalam sekolah seperti Perpustakaan, Lab Komputer, Uks, Lab Bahasa dan sebagainya. Kelengkapan di dalam ruangan yang ada di dalam sekolah juga tidak memiliki banyak perbedaan contohnya di dalam kelas terdapat meja dan kursi. Perbedaan yang ada di ruang kelas seperti fasilitas seperti, Ac, Kipas Angin, Speaker itupun hanya bisa di dapatkan di Sekolah yang memang terkenal memiliki fasilitas yang baik.
Sedangkan fasilitas di luar ruangan dapat dilihat dari kelengkapan fasilitas olah raga yang dimiliki. Selain Sekolah yang memiliki fasilitas yang baik tidak menutup kemungkinan juga banyak sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang memadai. Biasanya Sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang baik terdapat di wilayah pedalaman.

Seorang siswa yang menduduki bangku sekolah memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah. Karena manfaat yang di berikan dari adanya Sekolah sendiri adalah untuk mencerdaskan siswa dalam hal pelajaran maupun cara berperilaku yang baik. Karena seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah dirasa kurang memiliki pemahaman yang tepat mengenai cara belajar yang baik karena kurangnya dorongan dari seseorang yang memang memiliki pengetahuan yang lebih dalam suatu bidang.Selain adanya fasilitas yang ada di dalam Sekolah Akreditasi yang ada pada sekolah jugalah penting. Karena Akreditasi menentukan baik tidaknya sekolah itu dalam segala aspek. Baik dalam prestasi maupun fasilitas. Akreditasi yang ada pada sekolah juga diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pemilihan siswa dalam sebuah Sekolah. Misalnya siswa yang ingin mendaftar di perguruan tinggi terlebih dahulu di pertimbangkan dari mana asal Sekolah siswa tersebut dan predikat dari akreditasi yang dimilikinya.


  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Guru

Ibu Guru Matematika

Guru merupakan seseorang yang memiliki peranan terpenting didalam dunia pendidikan, yang memiliki tugas dan peran yang sangat mulia.Selain sebagai pengajar, guru juga bertugas sebagai pendidik bagi para siswa-siswanya disekolah.Sebagai seorang pengajar sekaligus pendidik, guru harus memiliki kompetensi sebagai guru yang profesional. Kompetensi tersebut antara lain kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi tersebut wajib dimiliki dan dipenuhi oleh seorang guru karena hal tersebut dapat mempengaruhi sukses tidaknya ia dalam mengajar.

Ibu Neneng S, pd adalah nama guru yang akan saya deskripsikan, usia Ibu dari 1 anak ini kurang lebih 29 tahun terbilang sangat lah muda, memang Ibu Neneng ini agak galak seperti harimau yang sedang kelaparan tetapi itu semua semata mata karena dia sangat lah sayang pada muidnya, sehari hari ia mengajar dengan berbusana layaknya seorang PNS berpakaian rapih berkerudung dan selalu wangi, tinggi nya seprti wanita pada umum nya berkisar 155 sampai 165, wajah nya putihh berbentuk oval mempunyai kelopak mata yang sedikit besar dan matanya berwarna hitam kecoklatan, beliau mempunyai karakter wajah orang bata sedikit seram memang , beliau senang sekali memakai hijab berwarna soft seperti merah muda  dan biru langit atau pun cream.

Baca Lainnya :  √Genre Musik: Pengertian, Fungsi, Bagian Serta Macam-Macamnya

setiap hari beliau tidak pernah melepaskan cincin pernikahan yang berada di jari manis ditangan kiri, dan tidak pula memakai gelang emas yang sederhana , tubuh beliau tidak lah gemuk tidak juga kurus mungkin untuk diumur beliau tubuh seperti itu terbilang ideal bagi seorang Ibu, kaki beliau jenjang layaknya seorang model, serta memakai sepatu fantofel berwarna hitam memakai kaoskaki berwarna cream, ketika beliau melewati saya yang sedang melakukann observasi ligkungan di sekolah aroma khas beliau tersengat di hidung saya aroma berry yang sangat manis, aduhai….saya jadi lapar jika mencium aroma sang Guru, masih ingat dikenangan saya wajah nya yang seram namun perhatian dan penuh kasih sayang kepada saya maupun teman teman SMAN 9 lainnya…


  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Diri Sendiri

Nurul Amalina Hidayati anak kedua dari 2 bersaudara nama Nurul Amalina Hidayati sangat cocok bagi saya karena pemberian dari kedua orang tua saya. Kenapa saya bilang sangat cocok karena kedua orang tua saya pernah bercerita kepada saya bahwa nama yang telah di berikan orang tua saya mempunyai arti : cahaya yang selalu mendapat hidayah. Saya lahir di Grobogan pada 6 Juni 1993.

Sekarang saya sedang menempuh pendidikan di IPDN. Secara astrologi, saya Gemini, Gemini merupakan tanda ke-lima dari zodiak hal itulah membuat kepribadian saya menjadi unik terkadang pendiam dan simpel. Negatifnya, jika saya sebal dengan orang lain saya tidak akan bicara dengan dia sampai kapan pun terkecuali dia yang duluan bicara dengan saya atau minta maaf. Ya, tidak ada manusia yang sempurna. Tetapi saya selalu mencoba menjadi orang baik.

Saya orangnya humoris, setidaknya menurut saya sendiri saya orangnya baik dan tidak sombong pada siapa pun, ramah tamah apa lagi kepada orang yang lebih tua kepada saya, suka menghargai orang lain karena sebelum kita menghargai diri kita sendiri maka terlebih dahulu hargailah orang lain jika kita menghargai orang lain maka orang lain pun akan menghargai kita, selain itu saya juga senang membuat orang tertawa karena sungguh salah satu kebahagiaan di dunia ini yang saya rasakan adalah ketika kita dikelilingi oleh orang-orang yang bahagia.

Adapun hobby yang saya miliki yaitu dalam bidang olagraga dan game, jika membicarakan olahraga saya menyukai renang.

Jujur saja saya sangat tidak suka dengan orang yang sifatnya aneh (dalam bentuk sikap dan cara bicara) suka menipu, tukang bohong, tidak menghargai orang lain, sombong dan angkuh, sombong dalam hal pelajaran, dan lain-lain.

Setiap orang berhak mimpi menjadi orang sukses, tapi gak bakalan datang tanpa adanya usaha dan pengorbanan, emang ada ujan duit…?

Emang ada emas jatuh dari langit…? Tuhan itu adil tanpa usaha gak mungkin mimpi bisa jadi kenyataan.

Dan terakhir, harapan saya ingin menjadi orang sukses dan membanggakan kedua orang tua saya dan semua orang di sekeliling saya, saya akan berusaha dengan keras , saya ingin mereka berkata

“ itu Nurul, dan saya bangga padanya.” Hehehehe…………


Demikian Penjelasan Materi Tentang Contoh Teks Deskripsi: Pengetian, Ciri, Jenis, Struktur & Kaidah
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi