Teks Berita

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Teks Berita? Mungkin anda pernah mendengar kata Teks Berita? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, struktur, kaidah, syarat dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Teks Berita: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah, Syarat dan Contoh

Pengertian Teks Berita

Teks Berita ialah teks yang mengandung mengenai beragam macam kejadian yang berlangsung di dunia yang dipubliskan melewati beragam macam media misalnya tv, internet, situs website, radio maupun lewat koran dan sebagainya. Teks berita mengandung kenyataan, namun tidak seluruh kenyataan diterbitkan di berita.


Ciri Ciri Teks Berita

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri dari teks berita, yakni sebagai berikut:

  • Bisa dipercaya data beritanya
  • Bahasa yang digunakan mudah dimengerti
  • Waktu dan lokasi kejadian yang akurat
  • Cerita kejadian kronologis
  • Data yang Disampaikan efisien dengan kejadian aslinya, tanpa terdapat kebohongan (Hoax)
  • Bahasa yang Disampaikan memukau dan bisa atraktif pembaca
  • Data yang dipubliskan komplet, utamanya data relavan

Fungsi Berita

  • Fungsi pertama agar kita tidak ketinggalan informasi mengenai peristiwa atau agar kita mengetahui informasi terbaru yang diberitakan secara langsung.
  • Fungsi kedua adalah menambah pengetahuan. Berita-berita yang disajikan melalui media massa dapat menambah pengetahuan tentang berbagai kejadian atau peristiwa terkini dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
  • Fungsi Ketiga adalah meningkatkan partisipasi sosial. Berita-berita tentang bencana alam seperti gempa bumi besar, erupsi gunung berapi, longsor, kebakaran, banjir bandang, dan lain-lain yang menimbulkan korban jiwa maupun materi yang tidak sedikit dapat menggugah rasa empati khalayak.
  • Fungsi Keempat adalah sebagai iklan layanan masyarakat seperti keluarga berencana, menyetir dengan aman, masalah-masalah kesehatan, perawatan anak, dan lain sebagainya. Selain iklan layanan masyarakat, berita juga dapat berfungsi sebagai promosi produk atau perusahaan.
  • Fungsi Kelima berita tidak hanya menyuguhkan informasi kepada khalayak namun juga memberikan pendidikan kepada khalayak melalui kolom atau editorial tentang berbagai isu. Jika kita lihat, sebagian besar surat kabar selalu menyuguhkan kolom tentang pendidikan dan lowongan pekerjaan sebagai panduan atau pedoman kepada pembaca tentang berbagai macam kursus, pilihan karir yang tersedia, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan
Baca Lainnya :  Seni Grafis

Jenis Teks Berita

Berikut ini adalah jenis-jenis teks berita antara lain sebagai berikut:

1. Straight News

Straight News atau Berita Langsung merupakan jenis berita yang biasanya ditulis secara to the point, lugas, dan ringkas serta berisi informasi tentang peristiwa terkini/terbaru (aktual), terhangat, dan juga menarik. Jenis berita inilah yang biasanya kita temui pada halaman depan dari koran atapun surat kabar yang ada di sekeliling kita.

 Jenis ini terbagi menjadi 2 macam, yakni:

  • Hard News: berisi berita yang sangat penting, terupdate, ataupun terbaru (aktual) harus segera disampaikan kepada masyarakat.
  • Soft News: merupakan berita ringan/lunak biasanya memberikan informasi mengenai kisah-kisah kemanusiaan.

2. Opinion News

Opinion News merupakan berita pendapat atau opini yang berisikan laporan pandangan seseorang mengenai suatu hal, ide kreatif, pemikiran ataupun komentar terhadap sesuatu yang penting. Berita opini ini biasanya berasal atau bersumber dari para ahli, cendikiawan, profesor, atau pejabat mengenai suatu masalah atau peristiwa. Contoh dari opinion news misalnya adalah pendapat dari pengamat ekonomi mengenai turunnya harga rupiah di dunia.


3. Interpretative News

Jenis berita ini merupakan perkembangan dari Straight News. Maksudnya dengan penambahan infromasi latar belakang, wawancara dengan berbagai sumber, serta menambah data-data terkait sehingga menjadikan berita menjadi utuh, lebih detail dan lebih lengkap.


4. Depth News

Depth News yaitu Berita Mendalam, maksudnya adalah berita yang dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan. Unsur berita yang ditekankan adalah “Mengapa” atau “Why” (mengapa suatu peristiwa bisa terjadi) dan “Bagaimana” atau “How” ( bagaimana peristiwa itu terjadi, detail peristiwa), serta So what (lalu bagaimana dampaknya atau bagaimana selanjutnya?).

Tujuan Depth News adalah untuk lebih mengangkat sebuah masalah secara mendalam. Contoh: Ibu Kota Jakarta selalu dilanda banjir setiap kali musim penghujan datang.

Baca Lainnya :  √Singkatan dan Akronim: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya

5 Investigation News

Jenis ini adalah berita yang dikembangkan berdasarkan sebuah penyelidikan atau penelitian dari berbagai sumber yang ada. Unsur utama Liputan Penyelidikan adalah karena adanya dugaan penyelewengan yang merugikan publik. Wartawan dalam hal ini menempatkan diri sebagai watchdog dan melakukan “penyelidikan” untuk mencari kebenaran (fakta) yang tersembunyi. Wartawan yang melakukan investigation news terkadang harus menyamar layaknya intel. Kode etik membolehkan wartawan menyembunyikan identitas dalam melakukan kerja jurnalisme investigatif.


Struktur Teks Berita

Berikut ini terdapat 3 struktur dalam teks berita, yakni sebagai berikut:

  • Orientasi Berita

Orientasi berita ialah mengandung pembuka dari kejadian yang di informasikan di teks tersebut. Biasanya tercatat uraian ringkat tentang berita yang sedang diulas.

  • Kejadian

Kejadian ialah mengandung mengenai prosedur kejadian dari awal hingga akhir menurut kejadian yang berlangsung dan mendeskripsikan menurut bukti yang ada.

  • Sumber Berita

Sumber berita ialah dari mana sumber berita tersebut terbit. Namun harus diketahui, sumber berita tidak selalu dicatat ditahap akhir berita yang berupa variabel.


Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Berikut ini terdapat beberapa kaidah kebahasaan dari teks berita, yakni sebagai berikut:

  1. Terdapat penjelasan
  2. Terdapat kata kerja transitif
  3. Terdapat kata kerja juru berita

Syarat-Syarat Teks Berita

Berikut ini terdapat beberapa syarat-syarat dari teks berita, yakni sebagai berikut:

  • Aktual

Teks berita harus menjadi kejadian yang sedangat hangat dibahaskan.

  • Seimbang dan Berimbang

Artinya teks berita tidak dapat memilih pada siapa saja.

  • Lengkap

Pada teks berita harus memiliki data dan informasi yang lengkap daru unsur, seperti menggunakan kata “Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Dimana, Bagaimana”.

  • Menarik

Teks berita harus disuguhkan dengan judul yang menarik supaya orang lebih terkesan untuk membaca teks berita tersebut.

  • Sistematis

Suatu berita harus disuguhkan secara analitis supaya aktual dan mudah dimengerti pembacanya.

Baca Lainnya :  Komunikasi Bisnis

Contoh Teks Berita

Berikut ini salah satu contoh dari teks berita, yakni sebagai berikut:

Ratna Sarumpaet Dibawa ke Bidang Kedokteran dan Kesehatan oleh Polda Metro

Terdakwa hoax penindasan Ratna Sarumpaet dibawa ke Bidang Kedokteran dan Kesehatan oleh Polda Metro Jaya. Personel Polisi mengawasi ketat Ratna sampai tujuan.

Ratna tiba ke Biddokes pada pukul 14.08 WIB, Rabu (10/10/2018). Beliau dibawa dari narapidana memakai mobil berwarna hitam.

Ratna terlihat terdiam saat berangkat ke ruangan Biddokes. Bagian Polda Metro Jaya juga belum menyampaikan penjelasan tentang Ratna.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Teks Berita: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah, Syarat dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya