Teknologi Informasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaat

Diposting pada

Selamat datang di PakDosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Teknologi Informasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Teknologi Informasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, komponen, fungsi, tujuan dan manfaat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Teknologi Informasi: Pengertian, Komponen, Fungsi, Tujuan dan Manfaat

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi ialah Kata umum apa pun yang mendukung manusia dalam melakukan, mengamankan, menghubungkan dan mendistribusikan informasi. Pengertian lain dari teknologi informasi ialah sebuah mencari ilmu pemrograman, aplikasi, pembangunan, bantuan dan pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, selanjutnya mengimplementasikan pada perangkat keras dan perangkat lunak.


Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli tentang teknologi informasi, yakni sebagai berikut:


1. Menurut Haag dan Keen

Teknologi informasi sebagai seperangkat alat yang membantu Anda untuk bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.


2. Menurut Martin

Teknologi Informasi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.


3. Menurut Mc Keown

Teknologi Informasi merupakan merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan untuk menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya.

Baca Lainnya :  Demokrasi: Pengertian, Sejarah, Ciri, Prinsip, Macam dan Contoh

4. Menurut Willams dan Sawyer

Teknologi Informasi merupakan teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.


5. Menurut Kenneth C.Loudon

Teknologi Informasi merupakan salah satu alat yang digunakan para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi.


6. Menurut Martin, Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins

Teknologi Informasi merupakan kombinasi teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras dan lunak untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan penyaluran informasi.


Komponen-Komponen Teknologi Informasi

Berikut ini terdapat beberapa komponen dalam teknologi informasi, yakni sebagai berikut:

  1. Perangkat Keras
  2. Perangkat Lunak
  3. Perangkat Kecerdasan Buatan yang dipunyai oleh Manusia
  4. Bahan, informasi dan keahlian

Fungsi Teknologi Informasi

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dalam teknologi informasi, yakni sebagai berikut:


  • Menangkap (Capture)

Menangkap (Capture) ialah fungsi teknologi infomasi buat menangkap sebuah informasi.


  • Pengolahan (Processing)

Pengolahan (Processing) ialah fungsi teknologi infomasi buat pengolahan sebuah bahan atau data masukan yang diterima buat sebagai suatu informasi.


  • Menghasilkan (Generating)

Menghasilkan (Generating) ialah fungsi teknologi infomasi buat memperoleh maupun menghasilkan sebuah jaringan informasi dengan pola yang berguna.


  • Toko (Store)

Toko (Store) ialah fungsi teknologi infomasi buat mencatat maupun mendokumentasikan data dan informasi ke dalam perangkat, contohnya: hardisk, disket maupun flashdisk.


  • Ambil (Retrieve)

Ambil (Retrieve) ialah fungsi teknologi infomasi buat mencari, memperoleh kembali informasi dan memindahkan data serta informasi yang telah terdokumentasikan.


  • Transmisi

Transmisi ialah fungsi teknologi infomasi buat mentransfer data dan informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain mengarah jaringan komputer.


Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi Informasi ialah untuk mengatasi suatu problem, memulai produktivitas, menumbuhkan daya guna dan kemampuan dalam melaksanakan aktivitas. Jadi bisa dikatakan bahwa menginginkan sebuah mengatasi suatu problem, menyediakan daya guna dan kemampuan dalam melaksanakan aktivitas, menjadi pemicu ataupun pencetus diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi menciptakan pekerjaan manusia menjadi lebih ringan dan ekonomis.

Baca Lainnya :  √Switch: Pengertian, Fungsi, Jenis Serta Cara Kerjanya

Manfaat Teknologi Informasi

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dalam teknologi informasi, yakni sebagai berikut:


  • Dalam Pendidikan

Keahlian siswa-siswi ingin mencari ilmu untuk dapat lebih efektif. Komputer ialah fasilitas yang bisa meringankan siswa-siswi untuk mengerjakan kreatifitasnya.


  • Dalam Bidang Industri dan Manufaktur

Bisa membuat menciptakan produk yang akan diterbitkan pada suatu industri juga bisa mengawasi mesin produk dengan kecermatan yang maksimum.


  • Dalam Bidang Bisnis Dan Perbankan

Bisa meringankan penyimpan data yang lebih terjaga dan aman. Bisa berfungsi kembali dalam aktivitas bertransaksi.


  • Dalam Bidang Kemiliteran

Bisa sebagai navigasi kapal selam. Bisa mengemudikan pesawat luar angkasa baik dengan mengoperasikan maupun tanpa mengoperasikan.


  • Dalam Bidang Pemerintahan

Bisa mengatur data dan imformasi yang dipenyediakan untuk keinginan masyarakat dan bisa menumbuhkan jalinan antara pemerintahan dan masyarakat.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Teknologi Informasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaat
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Mahasiswa