√Tajuk Rencana: Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Tujuan Serta Contoh

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Tajuk Rencana? Mungkin anda pernah mendengar kata Tajuk Rencana? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, struktur, fungsi, tujuan serta contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Tajuk Rencana: Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Tujuan Serta Contoh

Pengertian Tajuk Rencana

Tajuk rencana ialah risalah utama dalam surat kabar berupa filsafat sidang pengarang mengenai kejadian yang sedang hangat dibicarakan saat surat kabar tersebut dipubliskan. Umumnya dalam tajuk rencana disingkapkan terdapat informasi sebenarnya, penerangan berartinya informasi, pandangan sidang pengarang mengenai kejadian tersebut, kritik dan saran atas persoalan dan keinginan sidang pengarang akan tugas serta pembaca.

Ciri Ciri Tajuk Rencana

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri dari tajuk rencana, yakni sebagai berikut:

  1. Mengandung filsafah mengenai kasus atau perkara yang sedang hangat dibicarakan
  2. Mengandung mengenai penjelasan tentang suatu masalah yang diterbitkan
  3. Terdapat anggapan personal dari sidang pengarang
  4. Menjadi tulisan pendek
  5. Termasuk prosa nonfiktif semi-ilmiah, karena isu yang dapat menjadi kenyataan
  6. Hanya diterbitkandi surat kabar
  7. Bentuk bahasa yang dipakai baku
  8. Bertujuan untuk menyampaikan ideologi kepada masyarakat dan bermakna untuk membujuk masyarakat terpikat dengan kabar angin yang sedang dibicarakan

Struktur Tajuk Rencana

Berikut ini terdapat beberapa struktur dari tajuk rencana, yakni sebagai berikut:

  • Pertanyaan Pendapat

Ialah pertanyaan pendapat yang mengandung tema mengenai peristiwa yang akan dibahas. Atau dapat diistilahkan berupa perspektif penulis mengenai kejadian yang sedang meningkat di masyarakat.

  • Alasan

Ialah alasan yang menjadi mengukuhkan pandangan atau anggapan yang akan disampaikan, alasan tersebut dapat dalam bentuk informasi, pertanyaan umum, menurut para ahi, pandangan hasil observasi dan lain-lainnya. Pada bagian tersebut penulis berusaha untuk memercayakan masyarakat bahwa apa yang ditulisnya sungguh adanya.

  • Pernyataan Ulang Pendapat

Ialah bagian tersebut menyimpan pemberitahuan atau laporan kembali mengenai pendapat yang sudah ditulis supaya pembaca maupun pendengar lebih percaya tentang isi teks tersebut, acap kali juga dilebihkan kritik dan saran mengenai pembaca.

Fungsi Tajuk Rencana

Secara umum fungsi tajuk rencana ialah untuk mendeskripsikan berita, mendeskripsikan makna dan dampak dari sebuah gejala kepada masyarakat luas. Tajuk rencana juga sebagai isi dari alasan dari interaksi dengan informasi sosial dan juga aspek yang bisa menjadi konsekuensi secara sepenuhnya.

Tujuan Tajuk Rencana

Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari tajuk rencana, yakni sebagai berikut:

  1. Membujuk masyarakat atau pembaca untuk beserta berpendapat dalam pandangan yang sedang bertumbuh di lingkungan sekitar.
  2. Menyampaikan anggapan kepada masyarakat mengenai kabar angin yang sedang bertumbuh.

Contoh Tajuk Rencana

Dibawah ini contoh tajuk rencana, sebagai berikut:

Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610
Pesawat Lion Air dengan nomor JT 610, rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di dekat Tanjung Karawang. Pesawat itu dilaporkan hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 06.00 WIB, Senin (29/10).

“Pesawat type B737-8 Max dengan Nomor Penerbangan JT 610 milik operator Lion Air yang terbang dari Bandar Udara Soekarno Hatta, Banten menuju Bandar Udara Depati Amir di Pangkal Pinang, dilaporkan telah hilang kontak pada 29 Oktober 2018 pada sekitar pukul 06.33 WIB,” jelas Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Sindu Rahayu, dalam keterangan.

Pesawat dengan nomor registrasi PK-LQP dilaporkan terakhir tertangkap radar pada koordinat 05 46.15 S – 107 07.16 E.

Pesawat ini tadinya dijadwalkan akan tiba di Pangkal Pinang pada Pukul 07.10 WIB. Pesawat sempat meminta return to base –mendarat darurat di bandara terdekat– sebelum akhirnya hilang dari radar.

Pesawat Lion Air yang membawa 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak dan 2 bayi, juga 2 pilot dan 5 pramugari, telah hilang kontak selama kurang lebih tiga jam.

Kabar mengenai insiden ini seketika menyebar di berbagai pemberitaan global. Situs berita terkemuka di Singapura, The Straits Times, menuliskan berita terkait dengan judul “Pesawat Lion Air yang Membawa 178 Penumpang, Jatuh ke Laut Sesaat Setelah Lepas Landas dari Jakarta”. Berita itu menyoroti jumlah penumpang yang disebutkan oleh juru bicara Basarnas, Yusuf Latif.

Kantor berita BBC juga melaporkan hal serupa, di mana fokus beritanya mengatakan pesawat Lion Air jatuh di perairan di timur laut Jakarta.

Ditambahkan oleh The Guardian, bahwa pesawat nahas tersebut merupakan kasus yang pertama kali terjadi pada armada Boeing 737-8 Max, di mana notabene termasuk baru di kelasnya.

Sementara kabar yang menekankan pada momen hilangnya kontak pesawat Lion Air diturunkan oleh sebagian besar situs berita terkemuka dunia, seperti CNBC, ABC News, News Australia, Seattle Times, Telegraph, dan Fox News.

Situs berita The Guardian dan CNN bahkan memasang update linimasa, yang terus mengabarkan perkembangan terbaru tentang jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Pesawat ini jatuh hanya berselang 13 menit usai terbang. Pesawat ini terbilang baru. Bahkan, baru dioperasikan pada 15 Agustus 2018.

“Pesawat dengan regitrasi PK-LQP jenis Boieng 737 MAX 8. Pesawat ini buatan 2018 dan baru dioperasikan oleh Lion Air sejak 15 Agustus 2018. Pesawat dinyatakan laik operasi,” jelas Danang lagi.

Pesawat dikomandoi oleh Kapten Bhavye Suneja dengan kopilot Harvino. Bersama enam awak kabin atas nama Shintia Melina, Citra Noivita Anggelia, Alviani Hidayatul Solikha, Damayanti Simarmata, Mery Yulianda, dan Deny Maula.

“Lion air sangat prihatin dengan kejadian ini dan akan berkerjasama dengan instansi terkait dan semua pihak sehubungan dengan kejadian ini,” tegas dia lagi.

Sumber : Dikutip dari merdeka.com

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Tajuk Rencana: Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Tujuan Serta Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

 

Baca Lainnya :  √Gaya Berat: Pengertian, Rumus Beserta Contohnya Lengkap
Baca Lainnya :  √Surat Pesanan: Pengertian dan Contoh-Contoh Surat Pesanan
Baca Lainnya :  √Elegi: Pengertian, Ciri-Ciri Serta Contoh Puisi Elegi