√Surat Pengunduran Diri: Pengertian, Cara, Format Serta Contohnya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Surat Pengunduran Diri? Mungkin anda pernah mendengar kata Surat Pengunduran Diri? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, cara, format serta contohnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Surat Pengunduran Diri: Pengertian, Cara, Format Serta Contohnya

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri ialah jenis surat yang dikerjakan untuk memberitahukan maka mengundurkan diri dari bekerja di tempat di mana ia bekerja, baik itu bekerja di instansi swasta maupun bekerja di kantor pemerintahan. Berhenti dari pekerjaan ialah hak seorang karyawan.

Terbanyak banyak latar belakang seorang karyawan untuk berhenti bekerja misalnya dari persoalan gaji yang kecil, menganggap tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan, menganggap jenuh dengan pekerjaan sekarang dan ingin merasai pekerjaan baru di tempat lain, tidak memperoleh kenaikan pangkat dan lain-lainya.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Berikut ini terdapat beberapa cara membuat surat pengunduran diri, yakni sebagai berikut:

  • Alasan Mengundurkan Diri

Apabila seorang pegawai atau karyawan mau berhenti dari perusahaan, bahwa dia wajib mempunyai alasan. Dalam pencatatan surat pengunduran diri akan lebih kukuh dan diperoleh apabila di dalam surat tersebut disertai alasan yang masuk logis. Akan tetapi, alasan yang disampaikan mesti melindungi pandangan dari pihak perusahaan.

  • Pencatatan Surat Pengunduran Diri

Karena tercantum surat resmi maka surat pengunduran diri harus dicatat menurut kode etik yang sudah ditentukan, bentuk pencatatannya terdiri dari pembuka, isi dan penutup.

  • Pengajuan Surat Pengunduran Diri Sebelum 30 Hari

Seperti yang tertulis dalam Pasal 162 UU 13 Tahun 2003 Perihal Ketenagakerjaan bahwa surat pengunduran diri dicatat secepat-cepatnya 30 hari setelah tanggal pengunduran diri.

  • Memberikan Kesan yang Baik

Apabila hendak mengundurkan diri lebih baik berjumpa langsung dengan pimpinan dan menyampaikan alasan kenapa anda ingin mengundurkan diri dari pekerjaan. Akan tetapi, latar belakang tersebut sebaiknya kesan sopan dan tidak terdapat bagian mengusik pihak perusahaan.

Baca Lainnya :  Verba Transitif Dan Intransitif

Format Penulisan Surat Pengunduran Diri

Berikut ini terdapat beberapa format penulisan surat pengunduran diri, yakni sebagai berikut:

  • Nama Kota dan Tanggal

Umumnya pencatatan nama kota dan tanggal diposisi pada sebelah pojok kanan atas. Dalam pencatatan nama kota perlu dimulai dengan huruf besar, pembatas nama kota dan tanggal ialah tanda koma dan ditutup tanpa mengenakan tanda titik.

  • Nama Dan Alamat Yang Dituju

Surat pengunduran diri umumnya diarahakn kepada bagian HRD Personalia ataupun secara langsung kepada Direktur. Apabila diarahkan pada Direktur, lalu perlu dicatatkan dengan benar dan melampirkan gelarnya. Jauhi pencatatan kata “di tempat” tentu makin baik apabila dicatatkan beserta nama kota.

  • Salam Pembuka

Serupa surat jenis lainnya, misalnya pada pencatatan surat pengunduran diri hendaknya diikuti salam pembuka.

  • Alasan Pengunduran Diri

Dalam bentuk ini sedikit sulit untuk dicatatkan, namun apabila hendak mengundurkan diri maka yang harus diikuti, apabila tidak diikuti latar belakang tetapi dapat jadi perusahaan tersebut berkeberatan pengunduran diri anda.

  • Menulis Tanggal Mengundurkan Diri

Tuliskan tanggal saat mengundurkan diri anda, biar begitu sungguh-sungguh keluar dari perusahaan tersebut dan pihak perusahaan telah mempunyai penggantinya.

  • Ucapan Terima Kasih

Kamu bisa mengucapkan terima kasih yang bertujuan untuk menghormati Direktur. Bisa juga untuk mengucapkan terima kasih atas perlakuan baik yang dikasihkan semasa bekerja disana atau juga bisa mengucapkan terima kasih karena surat yang anda buat diterima dengan baik oleh personalia maupun Direktur.

  • Permohonan Maaf

Biarpun anda menganggap bahwa anda tidak mempunyai salah pada perusahaan, anda konsisten harus meminta maaf. Karena bisa jadi anda mempunyai kesalahan yang tidak kedapatan.

  • Salam Penutup

Salam penutup yang digunakan hendaknya serupa dengan salam pembuka. Seperti apabila anda mengenakan assalamualaikum bahwa hendaknya memakai sebutan juga demikian.

  • Nama dan Tanda Tangan

Nama dan tanda tangan penyusun surat pengunduran diri demi dibutuhkan karena surat ini terbilang dalam surat resmi, apalagi ada perusahaan yang berharap penyusun surat tersebut memasukkan materai untuk kebutuhan administrasi. Umumnya tanda tangan ini terdapat di bagian kanan bawah ataupun sebanding tanggal pembuatan surat.

Baca Lainnya :  Kegiatan Konsumsi

Contoh Surat Pengunduran Diri

Dibawah ini terdapat contoh dari surat pengunduran diri dari sebuah perusahaan, yakni sebagai berikut:

Contoh Surat Pengunduran Diri

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada
Yth. HDR. PT. Google
di
Jalan WordPress No. 2018
Papua

Perihal: Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Bersama surat ini saya menyodorkan permohonan mengunduran diri sebagai karyawan PT. Google atas:
Nama : Pak Dosen
Tempat / Tangga Lahir : Maluku, 7 September 1992
No. Pegawai : 1311 050 166
Alamat : Jalan Adsense No. 2015, Desa Admob Kec. Devl

Dengan ini sayang mengucapkan banyak terima kasih atas peluang yang sudah diberikan kepada saya untuk belajar dan bekerja di PT. Google, sebagai suatu perusahaan besar selama peletakan di unit IT.

Tidak lupa saya memohon maaf kepada semua pegawai maupun karyawan serta jajaran IT PT. Google, jika selama ini sayan kedapatan hal-hal yang tidak baik yang sudah saya lakukan selama bekerja diperusahaan ini.

Saya berharap dan berdo’a agar PT. Google menjadi perusahaan yang terus maju dan berkembang.

Maluku, 20 September 2018
Hormat saya,

Pak Dosen

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Surat Pengunduran Diri: Pengertian, Cara, Format Serta Contohnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Semuanya