Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Surat Pengunduran Diri? Mungkin anda pernah mendengar kata Surat Pengunduran Diri? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, cara, format, syarat dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.
Pengertian Surat Pengunduran Diri
Surat pengunduran diri ialah jenis surat yang dikerjakan untuk memberitahukan maka mengundurkan diri dari bekerja di tempat di mana ia bekerja, baik itu bekerja di instansi swasta maupun bekerja di kantor pemerintahan. Berhenti dari pekerjaan ialah hak seorang karyawan. Terbanyak banyak latar belakang seorang karyawan untuk berhenti bekerja misalnya dari persoalan gaji yang kecil, menganggap tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan, menganggap jenuh dengan pekerjaan sekarang dan ingin merasai pekerjaan baru di tempat lain, tidak memperoleh kenaikan pangkat dan lain-lainya.
Cara Membuat Surat Pengunduran Diri
Berikut ini terdapat beberapa cara membuat surat pengunduran diri, yakni sebagai berikut:
-
Alasan Mengundurkan Diri
Apabila seorang pegawai atau karyawan mau berhenti dari perusahaan, bahwa dia wajib mempunyai alasan. Dalam pencatatan surat pengunduran diri akan lebih kukuh dan diperoleh apabila di dalam surat tersebut disertai alasan yang masuk logis. Akan tetapi, alasan yang disampaikan mesti melindungi pandangan dari pihak perusahaan.
-
Pencatatan Surat Pengunduran Diri
Karena tercantum surat resmi maka surat pengunduran diri harus dicatat menurut kode etik yang sudah ditentukan, bentuk pencatatannya terdiri dari pembuka, isi dan penutup.
-
Pengajuan Surat Pengunduran Diri Sebelum 30 Hari
Seperti yang tertulis dalam Pasal 162 UU 13 Tahun 2003 Perihal Ketenagakerjaan bahwa surat pengunduran diri dicatat secepat-cepatnya 30 hari setelah tanggal pengunduran diri.
-
Memberikan Kesan yang Baik
Apabila hendak mengundurkan diri lebih baik berjumpa langsung dengan pimpinan dan menyampaikan alasan kenapa anda ingin mengundurkan diri dari pekerjaan. Akan tetapi, latar belakang tersebut sebaiknya kesan sopan dan tidak terdapat bagian mengusik pihak perusahaan.
Format Penulisan Surat Pengunduran Diri
Berikut ini terdapat beberapa format penulisan surat pengunduran diri, yakni sebagai berikut:
1. Nama Kota dan Tanggal
Umumnya pencatatan nama kota dan tanggal diposisi pada sebelah pojok kanan atas. Dalam pencatatan nama kota perlu dimulai dengan huruf besar, pembatas nama kota dan tanggal ialah tanda koma dan ditutup tanpa mengenakan tanda titik.
2. Nama Dan Alamat Yang Dituju
Surat pengunduran diri umumnya diarahakn kepada bagian HRD Personalia ataupun secara langsung kepada Direktur. Apabila diarahkan pada Direktur, lalu perlu dicatatkan dengan benar dan melampirkan gelarnya. Jauhi pencatatan kata “di tempat” tentu makin baik apabila dicatatkan beserta nama kota.
3. Salam Pembuka
Serupa surat jenis lainnya, misalnya pada pencatatan surat pengunduran diri hendaknya diikuti salam pembuka.
4. Alasan Pengunduran Diri
Dalam bentuk ini sedikit sulit untuk dicatatkan, namun apabila hendak mengundurkan diri maka yang harus diikuti, apabila tidak diikuti latar belakang tetapi dapat jadi perusahaan tersebut berkeberatan pengunduran diri anda.
5. Menulis Tanggal Mengundurkan Diri
Tuliskan tanggal saat mengundurkan diri anda, biar begitu sungguh-sungguh keluar dari perusahaan tersebut dan pihak perusahaan telah mempunyai penggantinya.
6. Ucapan Terima Kasih
Kamu bisa mengucapkan terima kasih yang bertujuan untuk menghormati Direktur. Bisa juga untuk mengucapkan terima kasih atas perlakuan baik yang dikasihkan semasa bekerja disana atau juga bisa mengucapkan terima kasih karena surat yang anda buat diterima dengan baik oleh personalia maupun Direktur.
7. Permohonan Maaf
Biarpun anda menganggap bahwa anda tidak mempunyai salah pada perusahaan, anda konsisten harus meminta maaf. Karena bisa jadi anda mempunyai kesalahan yang tidak kedapatan.
8. Salam Penutup
Salam penutup yang digunakan hendaknya serupa dengan salam pembuka. Seperti apabila anda mengenakan assalamualaikum bahwa hendaknya memakai sebutan juga demikian.
9. Nama dan Tanda Tangan
Nama dan tanda tangan penyusun surat pengunduran diri demi dibutuhkan karena surat ini terbilang dalam surat resmi, apalagi ada perusahaan yang berharap penyusun surat tersebut memasukkan materai untuk kebutuhan administrasi. Umumnya tanda tangan ini terdapat di bagian kanan bawah ataupun sebanding tanggal pembuatan surat.
Syarat Sebelum Menyusun Surat Pengunduran Diri
Ada beberapa syarat yang sebaiknya anda lakukan sebelum menyususn surat pengunduran diri atau reesign tersebut, berikut beberapa syarat dan aturan yang baik dalam menyusun surat pengunduran diri:
- Isi surat harus singkat, jelas dan tidak berpanjang lebar (sesuaikan dan fokus kepada tujuan dan isi resign tersebut).
- Berikan alasan yang tepat pengunduran diri anda dari perusahaan tersebut
- Terdapat ucapan terimakasih kepada perusahaan, pimpinan dan karyawan lain yang akan anda tinggalkan. Karena bagaimanapun juga anda pernah bekerja bersama diperusahaan yang akan anda tinggalkan.
- Sampaikan permohonan maaf anda ke perusahaan, atasan dan karyawan lainnya. Selama anda bekerja tentunya anda pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak.
Contoh Surat Pengunduran Diri
Dibawah ini terdapat contoh dari surat pengunduran diri dari sebuah perusahaan, yakni sebagai berikut:
1. Contoh Surat Pengunduran Diri 1
Contoh Surat Pengunduran Diri |
SURAT PENGUNDURAN DIRI Kepada Perihal: Pengunduran Diri Dengan hormat, Dengan ini sayang mengucapkan banyak terima kasih atas peluang yang sudah diberikan kepada saya untuk belajar dan bekerja di PT. Google, sebagai suatu perusahaan besar selama peletakan di unit IT. Tidak lupa saya memohon maaf kepada semua pegawai maupun karyawan serta jajaran IT PT. Google, jika selama ini sayan kedapatan hal-hal yang tidak baik yang sudah saya lakukan selama bekerja diperusahaan ini. Saya berharap dan berdo’a agar PT. Google menjadi perusahaan yang terus maju dan berkembang. Maluku, 20 September 2018 Pak Dosen |
2. Contoh surat pengunduran diri 2
Kepada Yth,
HRD Manager
Nama perusahaan anda
Alamat perusahaan anda
Nama kota/ provinsi perusahaan
Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya (Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama perusahaan anda) sebagai (jabatan terakhir), terhitung sejak tanggal (tanggal/bulan/tahun). Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (nama perusahaan). Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman di perusahaan lain.
Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen (nama perusahaan anda) apabila selama bekerja mempunyai kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak.
Saya berharap selalu (nama perusahaan anda) semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.
3. Contoh Surat Pengunduran Diri 3
Kepada Yth,
Kepala Personalia (Nama perusahaan anda)
Di Tempat
Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Sukamaju berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Nama anda
Departemen : Nama bagian perusahaan anda
Jabatan : Jabatan terakhir
No. Karyawan : No ID karyawan
Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari (nama perusahaan) dengan alasan kondisi kesahatan yang mulai menurun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan. Atas bantuan dan dukungan perusahaan terhadap saya selam ini, saya ucapkan banyak terima kasih.
Demikian Penjelasan Materi Tentang Surat Pengunduran Diri: Pengertian, Cara, Format, Syarat dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.