√Sublimasi: Pengertian, Tujuan dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Sublimasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Sublimasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, tujuan, dan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Sublimasi: Pengertian, Tujuan dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-Hari

Table of Contents

Pengertian Sublimasi

Sublimasi ialah kata dalam kimia yang berkaitan dengan pergantian bentuk dari suatu unsur. Tetapi, kata sublimasi juga dipakai untuk mengatakan salah satu langkah pemisahan campuran pada kimia.

Dalam pelepasann campuran, Sublimasi ialah dengan cara membembam unsur atau elemen beku yang tercampur pada unsur atau elemen beku sehingga unsur atau elemen beku yang akan diambil akan berganti menjadi gas. Gas yang diperoleh lalu di muat lalu di dinginkan. Syarat pelepasann campuran dengan cara Sublimasi ialah unsur atau elemen yang beraduk harus mempunyai perbedaan titik meluap yang besar sehingga bisa memperoleh uap dengan fase orisinalitas yang tinggi.

Tujuan Sublimasi

Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari sublimasi, yakni sebagai berikut:

  1. Untuk memperoleh suatu unsur atau elemen yang murni ataupun beberapa unsur ataupun elemen yang murni dari suatu larutan yang disebut dengan purifikasi.
  2. Untuk mengenal kehadiran suatu unsur ataupun elemen dalam suatu contoh kajian dalam laboratorium.

Contoh Sublimasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Salah satu contoh sublimasi dalam kehidupan sehari-hari ialah pada proses produksi kapur barus. Larutan kapur barus dan arang dipanaskan, sehingga kapur barus yang bisa menyublin akan meruap, sesudahnya didinginkan unsur atau elemen tersebut berganti kembali menjadi beku kembali.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Sublimasi: Pengertian, Tujuan dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-Hari
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  Fakta dan Opini
Baca Lainnya :  Sedimentasi adalah
Baca Lainnya :  Audit Sistem Informasi