Pengertian Artikel

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Artikel? Mungkin anda pernah mendengar kata Artikel? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, tujuan, manfaat, jenis, struktur dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pengertian-Artikel

Pengertian Artikel

Artikel adalah esai faktual lengkap dengan panjang tertentu yang telah disiapkan untuk publikasi (oleh surat kabar, majalah, buletin, dll) untuk menyampaikan ide dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.


Ciri-Ciri Artikel

Adapun ciri-ciri yang perlu diketahui meliputi:

  1. Isi surat itu didasarkan pada fakta, bukan hanya mitos, yang kebenarannya belum dijamin.
  2. Bersifat faktual dan informatif, ungkapkan informasi yang didasarkan pada hasil penelitian dan dapat dibenarkan.
  3. Artikel ilmiah juga mencakup opini atau analisis pemikiran penulis. Namun, ide ini diperkuat / didasarkan pada data yang valid dalam bentuk hasil penelitian sebelumnya, teori dan fakta yang ditulis dalam artikel.
  4. Dengan metode penulisan yang sistematis, dengan tujuan agar semua informasi dalam artikel dapat diterima oleh masyarakat luas.
  5. Penggunaan berbagai bahasa resmi dan standar adalah karena bahasa artikel ilmiah terasa padat dan dicadangkan karena penggunaan bahasa resmi, yang ditandai dengan bahasa yang sederhana, logis, denotatif dan efektif.

Tujuan Artikel

Tujuan penulisan artikel ilmiah bukan untuk melayani tujuan yang diberikan oleh seseorang, tetapi apa yang ingin ia capai dengan menulis artikel yang setia ini adalah tujuan penulisan artikel ilmiah.

  • Jelaskan cara menggambarkan atau mendiskusikan masalah utama yang telah diidentifikasi dan diselidiki.
  • Jelaskan keterbatasan ruang lingkup artikel ilmiah.
Baca Lainnya :  Struktur Modal

Manfaat Artikel

Menulis artikel ilmiah memiliki keuntungan sebagai berikut:

  1. Berarti menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan imajinasi dan kekuatan kreatif.
  2. Berpikir secara sistematis dan berbicara dengan baik dan rapi.
  3. Memahami tujuan penulisan yang mampu menguasai keterampilan menulis yang ingin dicapai.
  4. Sebagai sarana penerbitan pemikiran ilmiah dalam jurnal ilmiah.
  5. Memberi dampak akademis bagi pembaca.

Jenis-Jenis Artikel

Jenis-jenis arrtikel termasuk:


  • Nasari

Dalam narasi sederhana, itu disebut cerita, dalam narasi ada peristiwa atau peristiwa dalam urutan kronologis, dalam kejadian ini ada juga karakter yang terkena konflik. Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.


  • Deskripsi

Esai ini berisi uraian tentang suatu hal / situasi sehingga pembaca seolah melihat, mendengar atau merasakannya.


  • Argumentasi

Esai ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran pendapat / kesimpulan dengan data / fakta sebagai alasan / bukti. Dalam argumen tersebut, penulis mengharapkan pembaca untuk membenarkan pendapatnya, keberadaan unsur-unsur pendapat dan data, dan fakta atau alasan sebagai pendukung pendapat tersebut.


  • Persuasi

Esai ini bertujuan untuk membuat pembaca melakukan sesuatu. Dalam keyakinan penulis, diharapkan bahwa sikap motorik ada dalam bentuk aksi motorik, yang dilakukan pembaca sesuai dengan rekomendasi penulis dalam esainya.


Struktur Artikel

Berikut ini adalah beberapa struktur artikel yang terdiri dari:


1. Pembuka (lead)

Pembukaan adalah paragraf pertama di awal artikel. Terdiri dari prolog, lead, intro atau teras, yang biasa disebut sebagai pembukaan. Bagian ini berisi uraian terkini yang penting untuk digunakan sebagai dasar pembahasan artikel selanjutnya.

Bagian pembuka ini berisi uraian tentang peristiwa, pernyataan, serangkaian peristiwa, kutipan, dan kata-kata lain. Jika kita dengan hati-hati menguraikan peristiwa atau pernyataan yang kita masukkan ke dalam artikel, akan ada daya tarik khusus.

Baca Lainnya :  Trikoma adalah

2. Leher

Di bagian ini, inti terhubung ke konten materi yang disajikan dalam artikel. Bagian ini sering disebut sebagai jembatan atau pengait. Isi leher artikel ini berisi pernyataan atau deskripsi yang mengungkapkan masalah. Bagian ini dengan jelas menghubungkan kepala ke perut item yang kita rencanakan.


3. Isi / tubuh

Konten artikel adalah bagian terpenting ketika menulis artikel, karena bagian ini menjelaskan semua masalah. Bagian ini berisi deskripsi penjelasan. Anda melakukan ini dengan mengungkapkan masalah yang ingin Anda kupas. Usahakan untuk tetap fokus dan tidak lepas dari fokus masalah.


4. Alenia penutup

Bagian terakhir dari artikel ini biasanya disebut sebagai klimaks, kaki atau akhir artikel. Bagian ini berisi frasa kunci yang merangkum diskusi dalam bentuk singkat dan jelas.

Untuk mencapai tujuan yang baik, kita perlu menghubungkan inti, prolog, konten, dan materi artikel dalam urutan yang koheren untuk mencapai keseluruhan yang utuh. Jangan berakhir menulis artikel dengan kesimpulan yang normatif, umum, atau menggurui.


Contoh Artikel

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa sebuah blog tidak memiliki pengunjung ketika blog sudah kaya akan konten?

Anda sudah sibuk memposting konten secara teratur, tetapi tidak peduli seberapa keras Anda melakukannya, traffic blog tidak menunjukkan peningkatan.

Blogger yang berpengalaman bisa tenang tentang lalu lintas yang stagnan dan tahu apa yang harus dilakukan. Tetapi bagi mereka yang belum tahu cara menggunakan cabai, situasinya terkadang membuat frustasi untuk sementara waktu.

Oleh karena itu, pembahasan artikel adalah: definisi, karakteristik, tujuan, manfaat, jenis, struktur dan contoh. Dengan ulasan ini, semoga Anda bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang Anda semua. Terima kasih atas kunjungan anda

Baca Lainnya :  Simbiosis adalah

Demikian Penjelasan Materi Tentang Ciri-Ciri Artikel: Pengertian, Tujuan, Manfaat Jenis, Struktur dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi