√Strategi: Pengertian, Macam-Macam Serta Proses Strategi

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Strategi? Mungkin anda pernah mendengar kata Strategi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, macam-macam serta proses. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Strategi: Pengertian, Macam-Macam Serta Proses Strategi

Pengertian Strategi

Strategi ialah proses yang dipakai untuk terlaksananya sebuah tujuan. Pengertian lain dari strategi ialah perbuatan yang berbentuk selamanya berkembang dan berlanjutan, yang dilaksanakan menurut faktor mengenai tujuan yang dimohonkan.

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai strategi, yakni sebagai berikut:

  • Menurut Bussines Dictionary

Menurut pendapat dari Bussines Dictionary, strategi ialah pola atau langkah yang dipilih untuk membawa masa depan yang diperlukan, misalnya perolehan tujuan ataupun jalan keluar untuk masalah.

  • Menurut Craig & Grant

Menurut pendapat dari Craig & Grant, strategi ialah pemilihan objek dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan dan aspek perbuatan serta bagian sumber daya yang diinginkan untuk memperoleh objek dan tujuan.

  • Menurut Siagian

Menurut pendapat dari Siagian, strategi ialah susunan keputusan dan perbuatan berlandas yang dibuat oleh manajemen teratas dan dilaksanakan oleh semua rangkain suatu organisasi dalam rangka perolehan tujuan organisasi tersebut.

  • Menurut Johnson and Scholes

Menurut pendapat dari Johnson and Scholes, strategi ialah aspek dan ruang cakupan sebuah organisasi dalam jangka panjang yang memperoleh laba bagi organisasi melewati bentuk sumber daya dalam lingkungan yang menyanggah untuk melengkapi keinginan pasar dan melengkapi ambisi pelaksana kepentingan.

  • Menurut Effendy

Menurut pendapat dari Effendy, strategi ialah perancangan dan manajemen untuk memperoleh tujuan, tetapi untuk memperoleh tujuan tersebut, strategi tidak berperan menjadi peta jalan yang menyampaikan aspek apa saja kecuali harus bisa membuktikan bagaimana strategi operasionalnya.

Macam-Macam Strategi

Berikut ini terdapat beberapa macam-macam strategi, yakni sebagai berikut:

  • Berdasarkan Ruang Lingkup

Berdasarkan ruang lingkup, jenis macam ini ialah strategi inti. Strategi tersebut dapat diformulakan lebih ketet seperti strategi program dan bisa disiapkan menjadi sub strategi.

  • Berdasarkan Fase Organisasi

Berdasarkan fase organisasi, jenis macam ini ialah seperti dalam perusahaan yang terdiri atas beberapa bagian yang sedikit-sedikitnya 2 fase, yakni strategi kantor inti dan strategi bagian.

  • Berdasarkan Sumber Material dan Bukan Material

Berdasarkan sumber material dan bukan material, strategi tersebut dapat juga berhubungan dengan gaya manajemen, gaya berperilaku ataupun gagasan mengenai kondisi yang menjadi perilakau sebuah badan pada kewajiban sosial.

  • Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuan, seperti perkembangan yakni fasilitas pokok dari umumnya perusahaan dan terdapat banyak strategi yang dapat dipilih untuk tanggung perkembangan tersebut.

  • Berdasarkan Strategi Pribadi Pimpinan

Berdasarkan strategi pribadi pimpinan, strategi tersebut berbentuk utama, umumnya tidak tertulis dan ini sebagai bentuk untuk meningkatkan strategi badan.

Proses Strategi

Berikut ini terdapat beberapa proses strategi, yakni sebagai berikut:

  • Formula Strategi

Proses tersebut berbentuk tahap untuk meningkatkan visi dan misi, mengenali harapan dan intimidasi eksternal, memilih kekurangan dan kelemahan internal, memilih tujuan jangka panjang, membentuk beberapa strategi pilihan dan memilih strategi yang spesifik.

  • Pelaksanaan Strategi

Proses tersebut menetapkan sebuah badan untuk memilih objek tahunan, membentuk peraturan, semangat anggota dan bagian sumber daya sehingga formula strategi bisa dijalankan.

  • Penilaian Strategi

Proses tersebut pimpinan harus sungguh-sungguh mengerti argumen strategi-strategi yang spesifik tidak bisa dijalankan dengan baik dan benar.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Strategi: Pengertian, Macam-Macam Serta Proses Strategi
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  √Marketing Plan: Pengertian, Cara, Tujuan, Masalah Serta Manfaatnya
Baca Lainnya :  Teknologi Informasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaat
Baca Lainnya :  √Riset Pemasaran: Pengertian, Proses, Jenis, Metode Serta Tujuannya