√Sosialisasi Politik: Pengertian Menurut Para Ahli, Metode, Fungsi & Agen

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Sosialisasi Politik? Mungkin anda pernah mendengar kata Sosialisasi Politik? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli, metode, fungsi & agen. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Sosialisasi Politik: Pengertian Menurut Para Ahli, Metode, Fungsi & Agen

Pengertian Sosialisasi Politik

Sosialisasi politik ialah bagian penting dari suatu metode politik karena dengan terdapatnya sosialisasi politik maka seseorang dapat mendalami politik baik secara dimengerti ataupun tidak dimengerti oleh tiap-tiap seseorang tersebut. Pengertian lain dari sosialisasi politik ialah metode dimana orang menuntu ilmu tentang politik dan meningkatkan adaptasi pada politik.

Pengertian Menurut Para Ahli Sosialisasi Politik

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian sosialisasi politik, yakni sebagai berikut:

  • Menurut Ramlan Surbakti

Menurut pendapat dari Ramlan Surbakti, Sosialisasi politik ialah metode pendirian perilaku dan adaptasi politik bagian masyarakat.

  • Menurut Kenneth P. Langton

Menurut pendapat dari Kenneth P. Langton, Sosialisasi politik adalah suatu cara masyarakat melanjutkan kultur politik yang sudah melekat dan menyatu  di negaranya.

  • Menurut Kweit

Menurut pendapat dari Kweit, Sosialisasi politik ialah suatu metode melewati mana seseorang menuntut ilmu tentang politik.

  • Menurut David Easton dan Jack Dennis

Menurut pendapat dari David Easton dan Jack Dennis, Sosialisasi politik adalah suatu metode peningkatan individu untuk memperoleh adaptasi politik dan bentuk perilakunya.

  • Menurut Richard E. Dawson

Menurut pendapat dari Richard E. Dawson, Sosialisasi politik ialah pemeliharan pengetahuan, nilai dan filsafat politik dari orang tua, guru, dan perlengkapan sosialisasi lainnya kepada warga negara baru dan mereka yang beranjak dewasa.

Baca Lainnya :  √Masalah: Pengertian Menurut Para Ahli Serta Jenis-Jenis Masalah

Metode Sosialisasi Politik

Berikut ini terdapat 2 metode dalam sosialisasi politik, yakni sebagai berikut:

  • Pendidikan Politik

Pendidikan Politik ialah metode percakapan yang bermaksud supaya anggota masyarakat mengetahui dan menekuni nilai, norma dan ikon politik negaranya. Hal tersebut umumnya dilakukan melewati aktivitas bimbingan, tuntunan kepemimpinan, dialog dan kontribusi dalam beragam konferesi resmi maupun non-resmi

  • Indoktrinasi Politik

Indoktrinasi Politik ialah metode sosialisasi yang dilakukan untuk menggerakkan dan mengoperasikan warga masyarakat supaya menanggapi nilai, norma, dan ikon politik. Hal tersebut umumnya dilakukan secara satu haluan dengan memakai cara desakan psikis.

Fungsi Sosialisasi Politik

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari sosialisasi politik, yakni sebagai berikut:

  • Membuat kultur politik suatu bangsa
  • Menjaga kultur politik suatu bangsa
  • Mengganti kultur politik suatu bangsa

Agen Sosialiasi Politik

Berikut ini terdapat 5 agen dalam sosialisasi politik, yakni sebagai berikut:

  • Keluarga

Keluarga ialah untuk menciptakan sila-sila politik bagi tiap seseorang.

  • Sekolah

Sekolah membagikan pengetahuan pada anak-anak muda masa depan suatu bangsa tentang dunia politik dan kewajiban mereka di dalamnya serta membagikan ajaran yang lebih detail tentang organisasi dan jalinan politik.

  • Kelompok Pergaulan

Kelompok pergaulan dapat bersifat kelompok bermain, kelompok persahabatan dan kelompok kerja. Melewati kelompok pergaulan seseorang dapat menuntut ilmu tentang menyelaraskan diri atas perilaku yang diyakini oleh kelompok.

  • Lingkungan Kerja

Terpenting dalam lembaga resmi maupun non-resmi yang dibentuk atas dasar pekerjaan, misalnya serikat kerja, serikat buruh dan lain-lainnya. Lembaga sejenis tersebut acap kali menjadi cerminan seseorang dalam kehidupan politik.

  • Media Massa

Melewati media massa masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan dan informasi politik. Selain itu, media massa ialah metode efektif untuk menciptakan perilaku dan akidah politik warga masyarakat.

Baca Lainnya :  √Firewall: Pengertian, Macam, Fungsi, Manfaat Serta Cara Kerjanya

Demikian Penjelasan Materi Tentang Sosialisasi Politik: Pengertian Menurut Para Ahli, Metode, Fungsi & Agen
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya