√Sistem Politik: Pengertian Menurut Para Ahli, Macam, Fungsi dan Tujuan

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Sistem Politik? Mungkin anda pernah mendengar kata Sistem Politik? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli, macam, fungsi dan tujuan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Sistem Politik: Pengertian Menurut Para Ahli, Macam, Fungsi dan Tujuan

Pengertian Sistem Politik

Sistem politik ialah sebuah susunan aktivitas ataupun prosedur di dalam sebentuk masyarakat politik dalam otoritas dan memastikan siapa, memperoleh apa, kapan dan bagaimana. Di antara berbagai jenis prosedur bisa ditampak fenomena politik menjadi suatu gabungan prosedur tersendiri, yang berlainan dengan prosedur lainnya.

Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 7 pendapat dari para ahli mengenai pengertian sistem politik, yakni sebagai berikut:

  • Menurut Drs. Abdul Kadir

Menurut pendapat dari Drs. Abdul Kadir, Sistem politik ialah suatu sistem yang sah, sistem yang menjaga disiplin ataupun sistem yang mengubah dalam suatu masyarakat.

  • Menurut Dr. Wiku Adisasmito

Menurut pendapat dari Dr. Wiku Adisasmito, Sistem politik ialah suatu perkiraan visioner dari kekuasaan yang bertikai antara negara dan pemerintah.

  • Menurut Sukarna

Menurut pendapat dari Sukarna, Sistem politik ialah suatu prosedur untuk mengoperasikan bagaimana mendapatkan suatu otoritas di dalam negara, mengoperasikan interkasi pemerintah dan rakyat ataupun sebaliknya, mengoperasikan interkasi negara dengan rakyatnya.

  • Menurut Rober A. Dahl

Menurut pendapat dari Rober A. Dahl, Sistem politik ialah sistem yang konsisten dari interaksi antara masyarakat yang mengaitkansampai dengan fase spesifik, pengawasan, otoritas, yuridiksi maupun dominasi.

  • Menurut David Easton

Menurut pendapat dari David Easton, Sistem politik ialah hubungan yang digeneralisasikan dari semua perbuatan sosial sehingga makna-makna bagian secara berkuasa kepada masyarakat.

  • Menurut M. Bahrudin Podomi

Menurut pendapat dari M. Bahrudin Podomi, Sistem politik ialah susunan sistem yang berbentuk bersistem, terorganisasi dan variabel mengenai aspek-aspek internal ataupun eksternal.

  • Menurut Rusadi Kantaprawira

Menurut pendapat dari Rusadi Kantaprawira, Sistem politik ialah prosedur ataupun cara kerja selengkap fungsi ataupun kontribusi dalam susunan politik dengan berinteraksi satu sama lain dan membuktikan suatu prosedur yang tetap.

Macam Macam Sistem Politik

Berikut ini terdapat 2 macam macam pada sistem politik, yakni sebagai berikut:

  • Demokrasi

Demokrasi ialah terdapat kewajiba rakyat untuk mengikuti perintah. namun, dalam peningkatannya, pengertian tersebut sudah mendapati banyak transformasi, terutama karena aspek politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

  • Kediktatoran

Kediktatoran ialah suatu bagian pemerintahan di mana otoritas mulia untuk berkuasa akan diduduki dan dilandaskan oleh satu orang maupun organisasi golongan kecil.

Fungsi Sistem Politik

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari sistem politk, yakni sebagai berikut:

  1. Fungsi mendefinisikan keperluan, ialah fungsi yang merangkai dan mengutarakan ketentuan politik dalam suatu negara.
  2. Fungsi penggabungan keperluan, ialah fungsi yang menceraiberaikan ketentuan politik dari beragam pihak dalam suatu negara dalam beragam bergantian peraturan.
  3. Fungsi pembuatan peraturanumum, ialah fungsi untuk memikirkan beragam bergantian peraturan yang digagaskan oleh partai-partai politik dan pihak-pihak lain, untuk memilih salah satu di antaranya sebagai satu peraturan pemerintahan.
  4. Fungsi penerapan peraturan, ialah fungsi yang melakukan beragam peraturan yang sudah ditentukan oleh pihak yang
  5. Fungsi komunikasi politik ialah prosedur penyajikan informasi tentang politik dari masyarakat kepada pemerintah dan dari pemerintah kepada masyarakat.
  6. Sosialisasi politik ialah prosedur pembuatan sikap dan penyesuaian politik peserta masyarakat.

Tujuan Sistem Politik

Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari sistem politik, yakni sebagai berikut:

  • Menciptakan masyarakat yang damai dan makmur
  • Meningkatkan dan memantapkan perilaku politik digolongan masyarakat secara lengkap
  • Terseleksinya pengelola politik dari tingkat pusat samapi kawasan yang sebanding dengan perjanjian pada Undang-Undangan yang berjalan
  • Menciptakan keinginan suatu bangsa
  • Untuk menciptakan suatu sistem pemerintahan yang kuat dan sigap diatas latar belakang untuk melaksanakan hukum yang berjalan

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Sistem Politik: Pengertian Menurut Para Ahli, Macam, Fungsi dan Tujuan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

 

Baca Lainnya :  √Tenaga Kerja: Pengertian Menurut Para Ahli, Macam Serta Masalahnya
Baca Lainnya :  √Legenda: Pengertian, Ciri, Jenis Serta Contoh Cerita Legenda
Baca Lainnya :  √20 Pengertian Pajak Menurut Para Ahli dalam Bukunya