Sistem Pakar

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Sistem Pakar?Mungkin anda pernah mendengar kata Sistem Pakar ? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, tujuan, ciri, struktur, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Sistem Pakar

Pengertian Sistem Pakar

Sistem Pakar merupakan sebuah sistem informasi yang berisi pengetahuan seorang pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi. Pengetahuan seorang pakar yang dimiliki oleh Sistem Pakar ini digunakan sebagi dasar untuk menjawab pertanyaan (konsultasi). Sistem pakar dapat mengumpulkan dan menyimpan pengetahuan seorang pakar atau beberapa orang pakar ke dalam komputer. Pengetahuan tersebut kemudian digunakan oleh siapa saja yang memerlukannya. dalam sistem yang berbasis pengetahuan digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam dunia nyata. yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran interferensi menyerupai seorang pakar atau sebagai penasihat untuk memecahkan suatu masalah


Tujuan Sistem Pakar

Sistem pakar memiliki tujuan sebagai pemberi nasihat dan sarana membantu dalam memecahkan masalah pada bidang-bidang spesialisasi tertentu misalnya pada sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, pendidikan dan lain sebagainaya. Sistem pakar dapat mengumpulkan dan menyimpan pengetahuan seorang pakar atau beberapa orang pakar ke dalam komputer, pengetahuan tersebut kemudian digunakan oleh siapa saja yang memerlukan.untuk mentransfer keahlian dari seorang pakar dalam komputer kemudian diterapkan di masyarakat


Ciri-ciri Sistem Pakar

Adapun ciri-ciri sistem pakar anatara laian sebagai berikut:

  • Terbatas pada domain keahlian tertentu
  • Dapat memberikan penalaran untuk data yang tidak pasti
  • Dapat mengemukakan rangkaian alasan-alasan yang diberikannya dengan cara yang dapat dipahami.
  • Berdasarkan pada kaidah/ketentuan/rule tertentu.
  • Dirancang untuk dapat dikembangkan secara bertahap.
  • Pengetahuan dan mekanisme penalaran (inference) jelas terpisah.
  • Keluarannya bersifat anjuran.
  • Sistem dapat mengaktifkan kaidah secara searah yang sesuai dituntun oleh dialog dengan user.
  • Memiliki informasi yang handal.
  • Mudah dimodifikasi.
  • Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer.
  • Memiliki kemampuan untuk belajar beradaptasi.
Baca Lainnya :  √Riset Pemasaran: Pengertian, Proses, Jenis, Metode Serta Tujuannya

Struktur Sistem Pakar

Berikut adalah struktur sistem pakar antara lain yakni:

1. Antarmuka Pengguna (User Interface)

Antarmuka merupakan sarana yang dipakai oleh pengguna dan sistem pakar dalam melakukan komunikasi. Antarmuka menerima informasi dari pengguna dan merubahnya ke bentuk yang bisa diterima serta menghasilkan pengetahuan yang dimengerti oleh pemakai


2. Basis Pengetahuan

Basis pengetahuan berisikan pengetahuan untuk pemahaman, formulasi dan penyelesaian masalah. Pada bagian ini disusun atas elemen dasar, yaitu fakta


3. Akuisis Pengetahuan (Knowledge Acquisition)

Akusis pengetahuan merupakan akumulasi, transfer dan transformasi keahlian dalam mengatasi masalah dari sumber pengetahuan pada program komputer. Dalam proses ini knowlede engineer berupaya melakukan penyerapan pengetahuan untuk kemudian ditransfer ke dalam basis pengetahuan. Pengetahuan didapatkan dari pakar, dilengkapi dengan buku, basis data laporan penelitian dan pengalaman pemakai.


4. Mesin Inferensi (Inference Engine)

Komponen ini berisi mekanisme ini akan menganalisa suatu masalah tertentu dan selanjutnya akan mencari jawaban atau kesimpulan yang terbaik. Mesin Inferensi disebut juga otak dari sistem pakar. pola pikir dan nalar yang dipakai oleh pakar ketika mengatasi suatu masalah. Mesin inferensi yaitu program komputer yang menyajikan metodologi dalam menalar mengenai informasi yang terdapat pada basis pengetahuan dan dalam workspace dan untuk memformulasikan kesimpulan.


5. Workplace/Blackboard

Workspace adalah area dari kesatuan memori kerja (working memory) dipakai sebagai perekam kejadian yang tengah berlangsung didalamnya termasuk keputusan sementara. Merupakan bagian dari sistem pakar yang menyimpan fakta – fakta yang diperoleh saat dilakukan proses konsultasi. Fakta – fakta inilah yang nantinya akan diolah oleh mesin inferensi berdasarkan pengetahuan yang disimpan dalam basis pengetahuan untuk menentukan suatu keputusan pemecahan masalah.

Baca Lainnya :  Gotong Royong

6. Fasilitas Penjelasan

Fasilitas penjelasan merupakan hal penting untuk memberikan gambaran mengenai bagaimana jalannya penalaran sehingga dihasilkan suatu keputusan. komponen tambahan yang akan menambah tingkat kemampuan sistem pakar, dipakai untuk melakukan pelacakan respon dan pemberian penjelasan mengenai kelakuan sistem pakar secara interaktif dengan cara pertanyaan.


7. Perbaikan Pengetahuan

Pakar mempunyai kemampuan untuk melakukan analisis dan peningkatan kinerja dan juga kemampuan untuk belajar dari kinerja tersebut. Kemampuan tersebut yaitu penting dalam pembelajaran terkomputerisasi, menjadikan program akan bisa melakukan analisa sebab kesuksesan dan kegagalan yang dialaminya dan juga melakukan evaluasi apakah pengetahuan-pengetahuan yang sudah ada masih cocok untuk dipakai di masa mendatang.


Contoh Sistem Pakar

1. Sistem Pakar Dalam Industri

Sistem pakar industri adalah sistem pakar perancangan PRIDE atau Pinch Roll Interactive Design Expert yang digunakan untuk mengatur kertas dalam mesin fotokopi. Selain itu ada Alumunium Foil Rolling Flatness Control Application yang digunakan untuk mengukur tingkat karat dalam satu alumunium Oil secara otomatis. Sistem ini membuat rancangan dengan representasi pengetahuan tentang rancangan berdasarkan kumpulan goal, metoda perancangan, generator dan aturan-aturan yang terstruktur.


2. Sistem Pakar Dalam Manajerial

Sistem pakar manajerial meriliki beberapa fungsi sistem pakar dalam bidang manajerial adalah sebagai alat analisis. Sistem pakar mampu menganalisa komoditi tertentu dalam satu pasar secara otomatis. Selain itu, ada fungsi diagnostik yang meliputi Penarikan tenaga kerja, Strategi penentuan harga, Strategi pengembangan produk, Integrasi, Prediksi perkembangan nilai pada bursa saham efek membuat sistem pakar mampu mendeteksi adanya penurunan kinerja perusahaan sekaligus menyediakan solusi bagi perusahaan tersebut.


3. Sistem Pakar Dalam Bidang Kedokteran

Sistem pakar bidang kedokteraan merupakan sebuah sistem, pendeteksian penyakit menjadi lebih mudah karena sistem pakar mampu mengenali penyakit sejak dini dan penderita bisa mendapatkan perawatan secara langsung. Penyakit yang bisa dengan mudah dideteksi biasanya setiap penyakit yang berhubungan dengan mata karena sistem pakar bisa berinteraksi langsung dengan penderita. Pada aplikasi sistem pakar umumnya user akan diminta untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan gejala yang dirasakan. Dalam aplikasi ini, user menjawab dengan ya atau tidak. Setelah menjawab beberapa pertanyaan, maka aplikasi akan menghasilkan kesimpulan mengenai jenis penyakit mata yang diderita user. Pada aplikasi sistem pakar lainnya, tidak jarang juga sudah memberikan solusi atau cara penanganan terhadap jenis penyakit yang diderita tersebut.

Baca Lainnya :  Aqiqah: Pengertian, Hukum, Syarat, Waktu, Tata Cara dan Hikmah

4. Sistem Pakar Dalam Bidang Psikologi

Sistem Pakar bidang psikologi merupakan salah satu implementasi yang diterapkan sistem pakar dalam bidang psikologi, yaitu untuk sistem pakar menentukan jenis gangguan perkembangan pada anak. Anak-anak merupakan fase yang paling rentan dan sangat perlu diperhatikan satu demi satu tahapan perkembangannya. Contoh satu bentuk gangguan perkembangan adalah conduct disorder. Conduct disorder adalah satu kelainan perilaku dimana anak sulit membedakan benar salah atau baik dan buruk, sehingga anak merasa tidak bersalah walaupun sudah berbuat kesalahan. Dampaknya akan sangat buruk bagi perkembangan sosial anak tersebut. Oleh karena itu dibangun suatu sistem pakar yang dapat membantu para pakar/psikolog anak untuk menentukan jenis gangguan perkembangan pada anak dengan menggunakan metode Certainty Factor (CF).


5. Implementasi Sistem Pakar di Bidang Ekonomi

Implementasi sistem pakar di bidang ekonomi merupakan sebuah system pakar sangat berguna di bidang ekonomi, terutama dalam hal pengambilan keputusan untuk memulai suatu investasi usaha. Apalagi pada saat sekarang orang awam banyak kurang memahami pasar modal sehingga mereka cenderung menggunakan intuisi dari pada analisa dalam berinvestasi. Kondisi ini mengakibatkan mereka harus menghadapi resiko yang tinggi dalam berinvestasi. Untuk meminimumkan resiko tersebut diperlukan suatu alat seperti sistem pakar yang mampu menganalisa sesuai dengan keadaan yang terjadi di pasar modal, sehingga investor menjadi lebih yakin dalam berinvestasi.


Demikian Penjelasan Materi Tentang  Sistem Pakar: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya