Flowchart : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Simbol Flowchart

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Flowchart? Mungkin anda pernah mendengar kata Flowchart? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, fungsi, jenis dan simbol. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Simbol Flowchart

Pengertian Flowchart

Flowchart adalah suatu diagram dengan tanda-tanda tertentu yang memvisualkan barisan metode secara terperinci dan hubungan antara suatu metode dengan metode lainnya dalam suatu rancangan. Dengan memerlukan flowchart, anda dapat menerangkan setiap kegiatan yang terjalin dalam struktur tersebut. Untuk mendesain flowchart, anda harus memahami tanda-tanda yang dapat digunakan untuk merumuskan hal yang berupa masukan, proses atau keluaran dari suatu rancangan. Tidak ada kulifikasi spesifik untuk mendesain suatu flowchart. Anda hanya harus memahami kapan dan dimana tanda tersebut dapat digunakan. Hal itu bermaksud agar orang lain dapat mengartikan dan mengartikan flowchart tersebut secara jelas.


Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pendapat mengenai definisi flowchart menurut para ahli, yakni sebagai berikut:

  • Jogiyanto

Menurut pendapat Jogiyanto, flowchart ialah suatu diagram yang menampilkan flow di dalam rancangan atau metode sistem secara logika.

  • Krismiaji

Menurut pendapat Krismiaji, flowchart ialah suatu cara logis yang digunakan untuk mendeskripsikan bagian sistem informasi secara jelas, tepat dan logis.

  • Sariadin Siallagan

Menurut pendapat Sariadin Siallagan, flowchart ialah suatu diagram alir yang menerapkan tanda untuk menyempurnakan suatu persoalan.


Fungsi Flowchart

Berikut ini ada beberapa fungsi dari flowchart, antara lain:

  • Merancang Proyek Baru

Apabila anda akan mendesain suatu pekerjaan, maka hal berikutnya yang dapat anda buat ialah menggambarkan pekerjaan tersebut ke sistem flowchart. Itu dapat memberi anda untuk mendesain serangkaian metode yang menyertakan kepastian bersama.

  • Mengelola Alur Kerja

Untuk mengelola alur kerja, flowchart ialah cara yang paling strategi dilakukan. Karena, flowchart berfungsi dalam penetapan karakter dari metode tersebut, yakni dapat membentuk hasil yang bermutu berdasarkan strategi.

  • Memodelkan Proses Bisnis

Metode bisnis yang dimaksud ialah bukan saja berhubungan dengan keuntungan, tetapi serangkaian peram baik itu yang biasa sampai yang sulit juga tercantum ke dalam metode bisnis. Tujuan pembentukan flowchart dapat dibuat untuk menyampaikan hasil yang sesuai dan dapat juga perkiraan.

  • Mengaudit Proses

Secara umum, flowchart dapat diperankan untuk menemukan kecacatan yang terjadi dalam setiap metode. Flowchart dapat memberi anda mengatasi persoalan dengan cara memisahkan setiap tahap dari metode tersebut ke dalam bagian yang lebih kecil, selanjutnya menyelidiki bagian mana yang tidak bekerja atau perlu diadakan pembaruan.


Jenis-Jenis Flowchart

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis dalam flowchar, antara lain sebagai berikut:

  • Flowchart Sistem

Flowchart Sistem ialah rancangan yang memperlihatkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam metode secara keutuhan dan mendeskripsikan rangkaian dari langkah yang ada dalam metode.

  • Flowchart Dokumen

Flowchart Dokumen ialah rancangan alir yang memperlihatkan arus dari keterangan dan informasi termasuk salinannya. Rancangan alir arsip ini mengenakan tanda yang sama dengan yang dibuat di dalam rancangan alir sistem.

  • Flowchart Skematik

Flowchart skematik ialah rancangan alir yang menyerupai dengan rancangan alir sistem, yakni untuk memvisualkan langkah di dalam sistem. Perbandingannya ialah rancangan alir skematik selain memakai simbol rancangan alir sistem, juga memakai gambar komputer dan peralatan lainnya yang dipakai. Maksud pemakaian gambar tersebut ialah untuk mempermudah komunikasi pada orang yang kurang mengerti dengan simbol rancangan alir. Pemakaian gambar tersebut memudahkan untuk dimengerti, namun sulit dan lama menggambarnya.

  • Flowchart Program

Flowchart program ialah rancangan alir yang mengartikan secara jelas tentang langkah dari metode program. Rancangan alir program dikerjakan dari bentukan rancangan alir sistem.

  • Flowchart Proses

Flowchart Proses ialah metode yang visualisasi rekayasa industrial yang membagi dan menguraikan tahap-tahap selanjutnya dalam suatu metode atau sistem.


Simbol-Simbol Flowchart

Berikut ini penjelasan tentang simbol-simbol pada flowchart, yakni sebagai berikut:

  • Flow Direction Symbols (Simbol Arus)

Flow Direction Symbols (Simbol Arus)

  • Processing Symbols (Simbol Proses)

Processing Symbols (Simbol Proses)

  • Input atau Output Symbols (Simbol Input atau Output)

Input atau Output Symbols (Simbol Input atau Output)

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Flowchart: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Simbol Flowchart
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  Kebijakan Fiskal
Baca Lainnya :  √Wirausaha: Pengertian, Ciri, Karakteristik, Manfaat Serta Tujuannya
Baca Lainnya :  Hutan - Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis dan Manfaatnya