√Seni Grafis: Pengertian, Sejarah, Jenis dan Contoh Seni Grafis

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentan Seni Grafis? Mungkin anda pernah mendengar kata Seni Grafis? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, sejarah, jenis dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Seni Grafis: Pengertian, Sejarah, Jenis dan Contoh Seni Grafis

 

Pengertian Seni Grafis

Seni grafis ialah suatu kerya seni rupa dimana metode pembuatan menggunakan teknologi komputer maupun metode cetak. Alat yang dipakai untuk seni grafis ini biasanya memakai kertas atau kain. Seni grafis bija kita jumpai di berbagai pakaian, iklan, majalah, maupun papan reklame.

Seni grafis bersumber dari bahasa Yunani yakni Graphein yang artinya “menulis”. Seni grafis umumnya dimanfaatkan untuk menyampaikan sebuah gagasan atau sebagai alat ekspresi dan visualisaasi agar memikat ketertarikan.

Sejarah Seni Grafis

Seni grafis mulai diperkenalkan di negara China. Disana, seni grafis dimanfaatkan untuk memperbanyak tulisan berupa keagamaan. Tulisan tersebut dipahat pada bidang kayu dan di cetak diatas kertas. Pada masa pemerintahan Dinasti Yi sekitar tahun 105 SM, Cina menciptakan sebuah kertas secara massal.

Karya seni dengan alat kayu didapat di negara Asoa yang mempunyai adat tua dan kuat serupa dengan China, Korea maupun Jepang. Pada masa bangsa Romawi sudah mengetahui metode cetak ini yang manfaatkan untuk membentuk jubah dengan cetak stempel. Akan tetapi, metode cetak ini kurang meningkat karena bangsa Eropa tidak mengetahui kertas. Metode grafis mulai meningkat di Eropa pada abad ke 13 dengan didapatkan mesin cetak oleh Gutterberg yang juga membangun pabrik kertas pertama di Italia. Sejak saat itu, beraneka metode seni grafis mulai meningkat di Eropa.

Jenis Seni Grafis

Berikut ini merupakan beberapa jenis seni grafis antara lain sebagai berikut:

  • Cetak Datar

Sebuah seni grafis dengan metode cetak datar yang memakai acuan cetak dari lempeng batu kapur. Alat batu kapur dipakai karena dapat diresap oleh tinta cair.

Cetak Datar

  • Cetak Dalam

Cetak Dalam ialah salah satu metode seni grafis dengan memakai acaun cetak dari lempeng logam. Metode pembentukan cetak dalam ialah dengan dikerjakan secara langsung memakai alat bantu benda tumpul.

Cetak Dalam

  • Cetak Foto

Cetak Foto ialah salah satu seni grafis yang dikerjakan dengan proses pengambilan gambar dengan kamera. Metode cetak afdruk pada foto analog memakai bahan kertas foto dengan alat yang dipakai ialah kamera analog.

Cetak Foto

  • Cetak Tinggi

Cetak Tinggi ialah cara memakai acuan cetak dengan kreasi gambar timbul pada permukaan media cetak. Contohnya ialah memakai metode cetak timbul pada cap maupun stempel.

Cetak Tinggi

  • Cetak Sablon

Cetak Sablon ialah salah satu metode cetak yang banyak digunakan orang dengan sebutan sablon. Metode yang dipakai saat mencetak ialah memakai cetakan yang dikerjakan dari kasa (screen) yang bersifat elastis, lentur, dan halus.

Cetak Sablon

Contoh dari Seni Grafis

Berikut ini contoh dari seni grafis antara lain sebagai berikut:

contoh seni grafis

contoh seni grafis

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Seni Grafis: Pengertian, Sejarah, Jenis dan Contoh Seni Grafis
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  Sejarah Film
Baca Lainnya :  √Iman Kepada Allah: Pengertian, Dalil, Hikmah Serta Contohnya
Baca Lainnya :  √Iklan: Pengertian, Ciri, Tujuan, Syarat dan Menuru Para Ahli Iklan