√ROM: Pengertian, Macam-Macam, Fungsi, Cara kerja Serta Bentuknya Lengkap

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang ROM? Mungkin anda pernah mendengar kata ROM? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, macam-macama, fungsi, cara kerja serta bentuknya lengkap. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

ROM: Pengertian, Macam-Macam, Fungsi, Cara kerja Serta Bentuknya Lengkap

Pengertian ROM

ROM ialah salah satu memori yang terdapat dalam komputer. ROM tersebut berbentuk permanen, maksudnya program ataupun data yang tersisip dalam ROM tidak mudah hilang ataupun berganti-ganti meskipun arus listrik mati.

Macam-Macam ROM

Berikut ini terdapat 4 macam-macam ROM, yakni sebagai berikut:

  • Mask ROM

Mask ROM ialah ROM yang tidak dapat ditulis kembali sehingga tidak bisa diupdate.

  • PROM

PROM ialah sebuah chip memory yang hanya bisa diisi dengan data hanya 1 kali saja. Sekali saja program dimasukkan ke dalam sebuah PROM, kemudian program itu akan berada pada PROM selanjutnya.

  • EPROM

EPROM ialah sebuah ROM yang bisa diprogram kembali dan di delete.

  • EEPROM

EEPROM ialah bentuk khusus dari PROM yang dapat di delete dengan menggunakan perintah elektrik.

Fungsi ROM

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari ROM, yakni sebagai berikut:

ROM berfungsi sebagai sarana penyimpan firmware yaitu perangkat lunak yang berinteraksi dengan perangkat keras, misalnya ROM BIOS, dimana BIOS dapat langsung di eksekusi dengan segera tanpa harus menani untuk mengoperasikan perangkat sarana penyimpanan lain terlebih dahulu misalnya pada media dokumentasi lain pada biasanya. Walaupun memeori ROM hanya dapat dibaca saja, tetapi data pada memori tersebut dapat ditulis kembali.

Cara Kerja ROM

Berikut ini merupakan cara kerja ROM, yakni sebagai berikut:

Cara Kerja ROM

Bentuk ROM

Bentuk awal ROM terdiri atas orbit-orbit teratur. ROM memakai switch transistor, data secara wujud disandikan ke dalam struktur. Ini berarti hanya bisa diprogram selama fabrikasi aslinya. Ini sungguh-sungguh hanya baca dan juga tidak berlangsung transformasi yang mungkin sama sekali. Kondisi tersebut juga disebut dengan ROM masker, tetapi sekitar tahun 1990-an, memori flash sudah dibentuk dan disiapkan secara alternatif yang jauh lebih baik lagi. Flash memori juga tidak mudah menguap, sehingga membuat data teratur terdapat saat daya dimatikan, tetapi data bisa diserang. Maksudnya firmware dapat diakibatkan jika diperlukan.

Sekarang ini Flash ROM normal terdapat pada kebanyakan komputer. Secara teknis flash ROM tidak lagi hanya dibaca, tetapi sangat minim pemakaianya komputer umumnya dialih bentuk firmware dari komputer mereka sendiri. Apabila disamakan dengan penyimpanan jenis lain, biasanya ROM cukup minim. Firmware tidak memakan banyak size penyimpanan dan mempunyai size penyimpanan yang lebih besar, ROM juga tidak menciptakan komputer boot up lebih cepat.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang ROM: Pengertian, Macam-Macam, Fungsi, Cara kerja Serta Bentuknya Lengkap
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  √Denudasi: Pengertian, Faktor, Proses Serta Dampak Denudasi
Baca Lainnya :  √Wayang: Pengertian, Jenis Wayang dan Isi Kandungan dalam Wayang
Baca Lainnya :  √Analisis Beban Kerja: Pengertian, Metode, Sistem Serta Tujuannya