√Riset Pasar: Pengertian, Macam, Metode Serta Contohnya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Riset Pasar? Mungkin anda pernah mendengar kata Riset Pasar? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, macam, metode serta contohnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Riset Pasar: Pengertian, Macam, Metode Serta Contohnya

Pengertian Riset Pasar

Riset Pasar ialah kegiatan pengkajian yang dijalankan di dalam bidang penjualan. Aktivitas dalam riset pasar melingkupi penghimpunan informasi pasar yang sesuai dengan bisnis yang dilakukan seperti objek pasar, rivalitas, lingkungan bisnis dan lain-lainnya.

Macam-Macam Riset Pasar

Berikut ini terdapat 2 macam-macam riset pasar, yakni sebagai berikut:

Riset Primer

Sumber dari riset primer ialah objek pasar atau objek riset secara langsung. Tujuan riset pasar primer tersebut yakni menjalankan penghimpunan informasi untuk memahami situasi pasar baru. Cara yang dijalankan dalam menghasilkan data melewati riset primer, yakni:

  1. Tanya jawab secara langsung maupun tidak langsung
  2. Daftar pertanyaan
  3. Menjalankan dialog secara berkelompok dengan anggota terdiri dari sampel pelanggan potensial untuk menghasilkan umpan balik dari hasil dialog tersebut.

Riset Sekunder

Pada riset sekunder, data dihasilkan pada laporan, edisi dan keadaan yang berhubungan yang sudah diedisikan secara umum. Riset sekunder mempunyai tujuan untuk menguraikan data yang sudah ada yang lalu berupa pandangan suatu rancangan pemasaran yang akurat.

Metode Riset Pasar

Berikut ini terdapat beberapa metode dalam riset pasar, yakni sebagai berikut:

  • Wawancara

Untuk memahami informasi pasar dapat dijalankan dengan melaksanakan wawancara secara langsung kepada objek dari riset pasar baik objek pasar yang berbentuk konsumen maupun calon konsumen. Wawancara dapat dijalankan secara langsung dengan tatap muka yang umumnya dijalankan pada titik-titik kawasan yang sudah ditetapkan seperti toko lokasi konsumen membeli produk.

  • Kuisioner (Daftar Pertanyaan)

Wawancara langsung maupun tidak langsung acap kali mempunyai segi yang menghalangi konsumen dan tertarik intimidatif karena dijalankan secara terbuka. Untuk itu, diperoleh langkah lain yakni dengan membagikan kuisioner (daftar pertanyaan).

  • Survey

Metode tersebut pada umumnya mempunyai minim kecocokan dengan metode kuisioner (daftar pertanyaan) yakni dengan membagikan beberapa pertanyaan kepada konsumen.

  • Focus Group Discussion

Metode focus group discussion pada riset pasar yakni menciptakan grup diskusi yang terdiri dari contoh informan konsumen pokok.

  • Observasi

Metode tersebut dijalankan guna akumulasi data dengan menjalankan observasi secara langsung keadaan yang terdapat di pasar.

Contoh Riset Pasar

Pada saat akan membuat shampoo berukuran besar, perusahaan akan menjalankan riset untuk memahami keperluan konsumen. Riset yang dijalankan untuk memahami apakah takaran shampoo yang terdapat di pasaran telah sesuai atau diperoleh objek pasar yang mengklaim ukuran yang lebih besar. Dari hasil riset tersebut disimpulkan terdapat objek pasar yang menginginkan terdapat produk shampoo dengan ukuran lebih besar dari umumnya. Untuk itu, pada saat tersebut terdapat shampoo ukuran besar.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Riset Pasar: Pengertian, Macam, Metode Serta Contohnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  √Sosialisasi Politik: Pengertian Menurut Para Ahli, Metode, Fungsi & Agen
Baca Lainnya :  Reformasi: Pengertian, Latar Belakang, Syarat, Tujuan dan Faktornya
Baca Lainnya :  √Semantik: Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis Serta Unsurnya