√Ringkasan: Pengertian, Ciri, Tujuan Serta Teknik Membuat Ringkasan

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Ringkasan? Mungkin anda pernah mendengar kata Ringkasan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, tujuan serta teknik membuat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Ringkasan: Pengertian, Ciri, Tujuan Serta Teknik Membuat Ringkasan

Table of Contents

Pengertian Ringkasan

Ringkasan ialah bentuk pendek dari naskah asli suatu tulisan, tetapi konsisten melindungi rangkain dari isi dan perspektif penulis asli.

Ciri Ciri Ringkasan

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri dari ringkasan, yakni sebagai berikut:

  1. Ringkasan mengandung perbahasaan kembali sebuah buah pikiran atau skenario bacaan dalam bentuk yang lebih berbobot.
  2. Dalam membuat ringkasan dengan memetik pokok dari skenario bacaan asli yang lalu dicatat ulang dengan bahasa yang lebih kongkret yang di pahami oleh penulis.
  3. Dalam membuat ringkasan konsistem melindungi mengenali gagasan-gagasan utama sehingga ringkasan yang dibuat konsistem menyubstitusi skenario aslinya.
  4. Dalam membuat ringkasan konsistem memakai struktur, perspektik dan berperan serta isi asli dari skenario.
  5. Ringkasan dibuat memakai kalimat-kalimat pendek yang menyubstitusi tulisan penulis tanpa membuang faktor-faktor berseni dari skenario aslinya.

Tujuan Ringkasan

Tujuan dari dibuatnya ringkasan ialah untuk memahami dan memandang kembali isi dari suatu tulisan. Untuk menggapai tujuan tersebut terlebih dahulu dengan mengenali gagasan-gagasan utama dan tema dari tulisan yang akan diringkas. Selain itu tujuan dari dibuatnya ringkasan ialah untuk mendukung apabila membaca sebuah objek dan mencermatkan periode belajar.

Teknik Membuat Ringkasan

Berikut ini terdapat beberapa teknik membuat ringkasan, yakni sebagai berikut:

  • Baca skenario atau asal usul bacaan yang akan diringkas. Sebelum membuat ringkasan baca dan dimengerti terlebih dahulu isi dari naskah yang akan dibuat ringkasan, karena apabila telah mengerti isi dari bacaan akan lebih paham membuat ringkasan dengan memakai bahasa sendiri sehingga lebih dipahami.
  • Catatlah pokok, ide pokok penting dari skenario yang dibaca dengan menyetrio bawahi atau di beri tanda dengan menggunakan stabilo.
  • Membuat salinan ialah membenahi kembali buah pikiran dalam bentuk ringkas menurut ide pokok yang sudah ditulis atau menyetrio bawahi.
  • Pendapat tambahan.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Ringkasan: Pengertian, Ciri, Tujuan Serta Teknik Membuat Ringkasan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

 

Baca Lainnya :  √Saraf Kranial: Pengetian, 12 Jenis Beserta Fungsinya
Baca Lainnya :  √Sel Lemak: Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur Serta Letaknya
Baca Lainnya :  √32 Pengertian HAM Menurut Para Ahli dalam Bukunya